Berikut ini Permasalah Utama Aki Mobil Anda Sering Tekor 

Berikut ini Permasalah Utama Aki Mobil Anda Sering Tekor 

 

hal yang paling utama yang mobil butuhkan adalah aki mobil. Hal tersebut bertujuan supaya mobil bisa menyala dan juga berjalan. Begitu juga dengan Lampu dan komponen listrik lainnya semua itu membutuhkan aki sebagai suplai utama agar dapat menyala. Tetapi jika aki mobil anda rusak, semua itu akan sangat berpengaruhi kenyamanan saat anda hendak berkendara. Maka dari itu aki yang sudah lemah dapat menyebabkan aki mobil menjadi sering tekor semua itu dapat mengakibatkan mobil tersebut tidak bisa distarter atau juga di nyalakan dan  juga untuk bagian lainnya tidak akan berfungsi sebagaimana seharusnya.

 

Baca Juga :  Terlambat Membayar Pajak Mobil atau Motor? Begini Cara Menghitung Denda Tersebut!

Penyebab aki tekor

 

Anda pun pasti tidak ingin ketika anda hendak berangkat kerja atau melakukan aktivitas di pagi hari tiba-tiba muncul mobil mogok dan susah distarter. Pada awalnya mungkin anda pun akan berpikir bahwa aki mobil anda saat itu sedang tekor. Sebelum kita masuk dalam bahasan aki mobil Yang tekor pentingnya untuk kamu kenal dulu jenis aki ,fungsi aki ,dan juga komponen penyusun aki mobil agar anda juga lebih bisa memahami semua hal tentang  aki. Di bawah ini adalah penyebab aki tekor pada mobil dan juga solusi dan cara pencegahannya.

  • Jika Mobil Anda Jarang Digunakan atau pun Dipanaskan

 

Baca Juga :  Perbedaan Lengkap Toyota Raize Varian 1.2 G dan 1.0 T, Mana yang Kamu Pilih?

Hal ini adalah menjadi Salah satu penyebab aki jika aki mobil sering tekor atau pun soak adalah karena mobil tersebut jarang anda gunakan. Maka dari itu hal ini berakibat jika aki tersebut mendapat suplai kelistrikan yang tidak cukup sehingga membuat sebuah kapasitas aki menjadi kurang optimal. Sebaiknya untuk mencegah hal itu Anda harus wajib membawa berpergian mobil tersebut setidaknya seminggu 1 kali agar pasokan listrik yang akan masuk ke aki akan selalu optimal dan juga akan terjadi masa pakainya tahan lebih lama.

  • Dalam Penggunaan Mobil yang Intense

 

Baca Juga :  Kelebihan Daihatsu Rocky 2021 Yang Sudah Meluncur Di Indonesia

Faktor penyebab aki mobil sering tekor  adalah  itu dikarenakan masa intensitas penggunaan mobil yang terbilang cukup tinggi. pada sebuah mobil yang telah digunakan secara terus-menerus akan membutuhkan daya listrik yang juga cukup besar, oleh karena itu aki bekerja lebih ekstra yang akan menyebabkan berkurangnya  umur dari aki tersebut. Untuk itu Semua komponen mobil juga dapat memiliki masa pakai, Oleh sebab itu maka akan cepat rusak apabila nantinya komponen tersebut dipakai secara terus menerus.

  • Air Aki Habis

 

Baca Juga :  Berikut ini Ciri Dari Freon AC Mobil Habis dan Juga Solusi Mengatasinya

Anda pun perlu tahu Salah satu kelebihan aki mobil tipe basah yaitu aki tersebut dapat  bisa diisi ulang oleh karena itu  masa pakainya akan lebih lama dan juga perawatannya juga akan lebih mudah. Tapi seringkali Kita pernah jumpai pemilik aki basah lupa untuk  melakukan pengecekan. Dan ketika air aki habis pengemudi tersebut tidak menyadarinya. maka akibatnya aki tersebut tidak bisa  bekerja dengan optimal. Dan jika hal ini terus dibiarkan saja maka dari itu aki bisa  menjadi soak, untuk itu kami lebih disarankan lagi untuk anda selalu mengecek air aki sebelum Anda hendak memakai mobil .

  • Kapasitas Aki Mobil Kecil

 

Baca Juga :  Minyak Rem Mobil Bekas Harus Diganti Setiap 40.000 Km dan Inilah Alasannya

Dalam hal ini kita tidak boleh sembarangan dalam memilih aki Mobil. Anda dapat membuktikan kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan aki pada mobil anda. Apabila aki yang digunakan dengan kapasitas yang kecil maka dari itu akan mengakibatkan over supply yang mengakibatkan usia pakai aki pun menjadi sebentar.

  • Aksesoris Mobil Yang Juga Berlebihan

 

Baca Juga :  Pemesanan Mobil Toyota Raize Sudah Tembus 6.179 Unit, Inden Terlama Ada di Varian dan Warna Ini

Dalam memodifikasi mobil ada merupakan salah satu hobi yang juga tidak membosankan dan sangat mengasyikkan. Seringkali kita melihat Para pemilik mobil telah melakukan modifikasi dengan sistem audio nonton memperhatikan kapasitas pada aki mobil tersebut. Karena dalam hal ini sistem audio memang juga membutuhkan daya listrik yang lumayan besar sehingga kita pun harus tetap menyesuaikan kapasitas yang ada dalam aki mobil kita. Jika kita memakai kapasitas aki yang lebih kecil daripada kebutuhan dari kapasitas maksudnya semua akan berpotensi aki soak.

  • Jika Menggunakan Tambahan Lampu Projector Atau pun Lampu HID

 

Baca Juga :  Jika Lampu Mobil Anda Mati, Beginilah Cara Pengecekan Yang Benar!

Dalam hal ini banyak juga pengguna mobil memodifikasi mobilnya dengan menggunakan lampu proyektor atau lampu HID. Tersebut pun dapat membuat aki menjadi tekor. Sebaiknya sebelum anda memodifikasi dengan lampu HID tersebut terlebih dahulu Anda mengecek daya yang akan dibutuhkan sehingga Anda pun bisa mengganti aki mobil dengan aki yang lebih besar sesuai dengan kebutuhan daya mobil anda.

  • Usia Aki Sudah Cukup Tua

 

Baca Juga :  Berkendara Irit BBM yang Bisa Anda Lakukan Dengan Mudah

Dalam hal ini yaitu Semakin bertambahnya umur mobil, akan dapat berbanding lurus dengan umur pada aki mobil. Maka demikian kemampuan dalam menyimpan dayanya akan juga semakin berkurang. Oleh karena itu kamu pun harus membeli aki baru juga kondisinya masih normal. Kamu pun harus tahu Setidaknya untuk penggantian aki mobil bisa dilakukan kurang lebih setiap 2-3 tahun sekali, Hal ini bertujuan agar mobil anda bisa terhindar dari mogok dikarenakan tidak bisa distarter karena aki soak.

  • Umur Penggunaan Aki Yang Normal

 

Baca Juga :  Pilihan Mobil Bekas Harga dibawah 100 Juta diatas 50 Juta, Ada Juga Yang Tahun Muda Loh!

Sebagian besar di masa Sekarang ini juga banyak produsen dalam menggunakan aki tipe basah, sebab hal ini membuat aki lebih tahan lama.

Aki jenis model basah ini mudah sekali untuk melakukan perawatannya dan juga untuk usia pemakaian aki standar yaitu rata-rata di dalam mobil selama 2 tahun atau 50000 km per jam.

 

Baca Juga :  Cara Mengatasi Rem Mobil Matic Blong

Maka untuk itu usia panjang pemakaian aki mobil sendiri juga telah ditentukan dari Anda memakai dan juga dalam merawat mobil dengan hal alat kelistrikan mobil tersebut apakah sudah sesuai dengan standar atau juga semua sudah diganti dari yang aslinya habis. 

Maka dari itu untuk itu jika anda hendak memodifikasi lampu mobil dengan HID maka dalam umur panjang usia pemakaian aki mobil itu sendiri juga ditentukan dari cara pakai si pemilik mobil, Apakah alat kelistrikan yang ada di mobil masih standar semua ataukah sudah diganti dengan berbagai komponen dengan aftermarket yang juga terdapat variasi dengan watt yang pastinya harus lebih tinggi dari aki aslinya misalnya jika anda telah mengubah lampu depan standar dengan lampu HID dan sejenisnya. 

Sebaiknya anda cek dahulu apakah ada perangkat tambahan lain seperti sistem audio dan lain sebagainya yang ternyata bisa saja langsung menghisap energi listrik yang jauh lebih banyak dan juga dapat mengakibatkan drop nya aki tersebut.

 

Baca Juga :  Pilihan Mobil Bekas Harga dibawah 100 Juta diatas 50 Juta, Ada Juga Yang Tahun Muda Loh!

Nah, anda saat ini pun jadi bisa lebih mengetahui tentang berapa lama dan juga  apa sebab apa saja  yang dapat  mempengaruhi umur pendek usia aki mobil anda terima dari standar pabrik. Semoga dapat  bermanfaat untuk anda.