6 Cara Mengamankan Akun Twitter Dari Serangan Hacker

6 Cara Mengamankan Akun Twitter Dari Serangan Hacker

6 Cara Mengamankan Akun Twitter Dari Serangan Hacker

 

Pastinya semua akun media sosial bisa diretas oleh orang lain, termasuk akun kemarin yang membuat heboh banyak akun pengusaha dan politisi AS yang diretas oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui 6 cara mengamankan akun Twitter Anda dari serangan hacker.

Biasanya, para peretas tidak menargetkan korbannya secara sembarangan, melainkan akun-akun yang memiliki banyak pengikut seperti selebriti, pengusaha, atlet, dan politisi. Kemudian para peretas akan menyebarkan informasi penipuan dalam waktu singkat sehingga para pengikutnya yang masih orang biasa terkena penipuan.

Dimungkinkan juga untuk meretas akun pribadi kita, baik itu karena masalah pribadi, dan akhirnya pelaku telah memerintahkan jasa peretas untuk meretas akun Twitter kita. Oleh karena itu, kita semua harus tahu cara mengamankan akun Twitter dari serangan hacker, seperti yang diposting di Pusat Bantuan Twitter.

 

6 cara mengamankan akun Twitter

  • Gunakan set kata sandi yang kuat
  • Gunakan mode verifikasi saat masuk / masuk
  • Tetap waspada jika ada link/tautan yang mencurigakan
  • Jangan bagikan nama pengguna twitter serta kata sandi Anda dengan orang lain
  • Selalu update aplikasi twitter di smartphone kamu dan install juga antivirus
  • Selalu cek profil Twitter, jika ada tweet yang mencurigakan

6 Cara Mengamankan Akun Twitter Dari Serangan Hacker

  • Gunakan kombinasi kata sandi yang kuat untuk masuk

Ada beberapa poin penting saat membuat akun media sosial agar aman dari serangan hacker, antara lain:

Saat Anda membuat akun media sosial (bukan hanya untuk Twitter), pastikan kata sandi login Anda terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan simbol.

Semakin lama kata sandi ditetapkan, semakin kuat itu. 

Jangan gunakan password dengan nama + tanggal lahir, ini kombinasi password yang mudah ditebak

Gunakan juga kata sandi yang berbeda untuk setiap akun media sosial Anda.

  • Gunakan mode verifikasi saat masuk

 

Pernahkah Anda mendengar istilah Verifikasi 2 Langkah Google? Nah, ini adalah salah satu bentuk mode verifikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengamankan akun Twitter kamu. Jadi dengan mode ini, jangan hanya mengandalkan password login. Karena setelah login dengan password, akan ada langkah verifikasi selanjutnya yang dikirimkan ke perangkat kamu (biasanya dikirim ke nomor handphone)

  • Tetap waspada jika ada link/tautan yang mencurigakan

 

Selalu periksa dan pastikan Anda mengakses Twitter.com, bukan tautan serupa atau kata tambahan. Domain Twitter akan selalu memiliki https://twitter.com/ sebagai domain utama di situs web mereka dan tautan masuk akan terlihat seperti ini: https://twitter.com/login.

  • Jangan bagikan nama pengguna twitter serta kata sandi Anda dengan orang lain

 

Pastikan untuk tidak memberitahukan nama pengguna dan kata sandi akun Twitter Anda kepada orang yang tidak Anda kenal atau situs web yang memberi Anda godaan untuk mendapatkan banyak pengikut.

Ada juga beberapa website palsu yang sengaja dibuat seperti halaman Twitter untuk mengelabui orang agar login, padahal mereka secara otomatis menyimpan username dan password akun Twitter Anda. Jadi saat mengakses Twitter di PC atau laptop, pastikan link/nama website sudah ada di website resmi Twitter.

  • Selalu update aplikasi twitter di smartphone kamu dan install juga antivirus

 

Pastikan untuk menggunakan aplikasi Twitter yang diperbarui agar akun Anda aman, karena pada saat pembaruan perangkat lunak, biasanya disertai dengan tambalan untuk mengatasi ancaman keamanan tertentu. Juga, pastikan untuk memeriksa perangkat Anda secara teratur dari virus, spyware, dan adware. Selalu perbarui antivirus, browser, dan sistem operasi Twitter terbaru di perangkat Anda.

  • Selalu periksa profil Twitter Anda, jika ada tweet yang mencurigakan

 

Biasanya, peretas hanya menggunakan akun kita untuk menyebarkan berita atau informasi yang berguna bagi mereka. Jadi kita masih bisa mengakses akun Twitter, tapi hacker bisa membuat tweet tentang beberapa link website.

Jadi Anda harus sering memeriksa halaman profil, dan melihat apakah ada tweet yang mencurigakan. Jika ada sesuatu dan Anda merasa tidak pernah memposting, Anda dapat mengatakan bahwa akun Anda juga telah diretas

Itulah beberapa cara mengamankan akun Twitter agar tidak mudah diserang oleh hacker. Dan bagi pengguna akun media sosial agar tidak mudah menyebarkan informasi yang menyesatkan.

 


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *