Cara Membuat Link Whatsapp Untuk Langsung Ke Chat! Cocok untuk Marketing Toko Online

Cara Membuat Link Whatsapp Untuk Langsung Ke Chat! Cocok untuk Marketing Toko Online

Cara Membuat Link Whatsapp Untuk Langsung Ke Chat! Cocok untuk Marketing Toko Online

 

Banyaknya fitur di dalamnya membuat aplikasi ini banyak digunakan oleh para pebisnis online maupun offline. Oleh karena itu, kami akan membagikan tips cara membuat link Whatsapp agar bisa langsung masuk ke percakapan pribadi tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu.

 

Whatsapp saat ini menjadi pilihan utama bagi hampir di seluruh dunia sebagai alat komunikasi, baik itu pesan teks maupun video call. Bahkan di India, Whatsapp sudah memiliki fitur sebagai alat pembayaran online. Tapi kami tidak akan membahasnya, karena kami sedang menjajaki beberapa tips cara membuat link Whatsapp yang sangat cocok untuk toko online.

 

Bisa dibayangkan ketika mempromosikan produk melalui media sosial Facebook atau Instagram, dan untuk proses pemesanan menggunakan Whatsapp dengan mencantumkan nomor WA. Hal ini akan memungkinkan calon pembeli untuk menunda pesanannya karena merasa “rumit” ketika harus menghafal atau menyimpan nomor wa nya terlebih dahulu.

Langkah-langkah cara membuat link WA

Bayangkan jika ada link WA di deskripsi produk yang bisa diklik dan otomatis masuk ke situs chat order? Tentu ini akan sangat memudahkan calon pembeli. Nah artikel kali ini akan menjelaskan langkah-langkah cara membuat link WA dengan mudah dan cepat.

 

3 Cara Membuat Link Whatsapp untuk Online Shop

 

Perwakilan bisnis dengan sistem online kini mulai memanjakan diri dengan fitur media sosial yang mendukung UMKM, misalnya Instagram yang baru saja merilis fitur yang bisa langsung chat ke Whatsapp dari profil Instagram. 

 

Berbeda dengan cara membuat link WA yang akan dijelaskan kami kali ini, karena dengan begitu Anda bisa menggunakannya di berbagai platform saat Anda sedang melakukan blasting promosi. Dengan menambahkan link Whatsapp di akhir setiap deskripsi produk, calon pembeli dapat menghubungi Anda dengan cepat dan mudah untuk melakukan pemesanan.

 

1. Tautan asli atau Link Standar Whatsapp

 

Hal pertama yang akan kita bahas adalah membuat link dari “wa.me” dan juga dari api.whatsapp.com. Caranya sangat mudah karena kedua tautan tersebut merupakan tautan singkat resmi dari Whatsapp itu sendiri. Dengan rincian sebagai berikut:

Berikut adalah contoh penambahan nomor WA ke link resmi yang disingkat. Jika nomor Whatsapp Anda adalah “0813 22222222“, tulisan pada link tersebut adalah sebagai berikut:

 

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281322222222

 

https://wa.me/6281322222222

 

Hal yang perlu diingat adalah angka “0” tidak digunakan lagi karena telah diganti dengan kode negara Indonesia yaitu “62” dan tidak menggunakan “spasi” dalam penulisannya.

 

2. Tautan atau Link Whatsapp dengan pesan chat tambahan

Cara Membuat Link Whatsapp Untuk Langsung Ke Chat! Cocok untuk Marketing Toko Online

Cara kedua adalah dengan menambahkan pesan singkat, dengan cara ini ketika seseorang mengklik link Whatsapp, maka secara otomatis akan muncul di kolom tulisan pesan pesan singkat yang telah kita tetapkan.

 

Contoh link Whatsapp dengan SMS:

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281322222222&text=Saya%20Mau%20Order.

 

Toko online sering menggunakan cara ini untuk membedakan pesan masuk sesuai kategori produk.

 

3. Buat tautan Link Whatsapp dengan Bit.ly

 

Cara yang terakhir ini sebenarnya merupakan modifikasi dari Cara 1 dan 2. Dimana cara yang terakhir ini menggunakan link pendek dari pihak ketiga yaitu bit.ly.

 

Fungsi dari penggunaan bit.ly adalah untuk mempersingkat link whatsapp dan mempercantik tampilannya karena kita bisa mengkustomisasi link yang akan di generate. Berikut contoh yang bisa dibuat:

http://bit.ly/whatsapp-pikiranwarga

http://bit.ly/ (Sesuaikan dengan selera Anda)

 

Dengan begitu, link WA yang Anda tambahkan di deskripsi produk yang dipromosikan juga akan terlihat lebih elegan dan profesional. Cara untuk mencapainya adalah Anda harus mendaftar terlebih dahulu di app.bitly.com, kemudian Anda dapat memaksimalkan fitur gratis pembuatan tautan pendek WA.

 

Demikianlah tutorial dan langkah-langkah membuat link Whatsapp dengan mudah dan bisa membuat short link sesuai keinginan anda. Tentunya dengan menggunakan link WA ini memudahkan untuk mempromosikan produk yang dijual.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *