Cara Berjualan Online Agar Tetap Laris di Tengah Pandemi, Simak Tipsnya!

Cara Berjualan Online Agar Tetap Laris di Tengah Pandemi, Simak Tipsnya!

Cara Berjualan Online Agar Tetap Laris di Tengah Pandemi, Simak Tipsnya!

Baru-baru ini, tidak hanya di Indonesia, wabah Corona yang berasal dari China semakin menyebar ke berbagai belahan dunia. Wabah Corona juga sudah tergolong pandemi yang mengancam berbagai sektor usaha, salah satunya penjual online.

Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan penjual online di tengah pandemi ini. Cara untuk berjualan online di saat pandemi adalah seperti berikut.

1. Berikan diskon

Memberikan diskon kepada pembeli merupakan salah satu cara paling efektif untuk berjualan online di tengah pandemi. Pemberian diskon sendiri tidak hanya dimaksudkan untuk menarik pembeli yang tertarik dengan barang yang dijual dan tentunya untuk mengurangi kerugian karena barang sudah dalam jumlah yang cukup.

Dengan menawarkan diskon, diharapkan penjualan online tetap berjalan meski di tengah pandemi penyerang.

2. Pelayanan cepat dan ramah

Cara Berjualan Online Agar Tetap Laris di Tengah Pandemi, Simak Tipsnya!

Meski di tengah pandemi tak jarang menimbulkan pikiran panik, para penjual online harus bisa mengatasi hal tersebut. Karena penjual online harus tetap memberikan pelayanan yang cepat dan ramah. Dengan menawarkan layanan yang cepat dan ramah, diharapkan bisnis online tetap berjalan lancar seperti biasa.

3. Lebih banyak promosi 

Semakin rajin berpromosi adalah salah satu cara berjualan online yang paling efektif di tengah pandemi. Karena di tengah pandemi, masyarakat lebih memilih berbelanja online daripada harus datang langsung ke toko. Oleh karena itu, pastikan untuk mempromosikan barang yang dijual di media sosial dan di marketplace.

Dengan cara ini, barang yang dijual akan terjual dengan baik. Produk juga bisa dipromosikan dalam tiga waktu, pagi, siang dan malam. Karena saat ini orang lebih banyak membuka media sosial atau pasar. Dengan begitu, ketika promosi dilakukan, masyarakat bisa melihat produk yang dijual.

4. Lakukan strategi giveaway

Pemberian giveaway di tengah pandemi diyakini menjadi salah satu cara untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang bisnis online di Instagram atau pasar yang dijalankannya.

Selain mengetahui bisnis online di Instagram atau pasar yang dijalankannya, diharapkan melalui giveaway ini masyarakat dapat membeli barang yang dijual di Instagram atau pasar yang dijalankannya.

5. Harga murah

Menurunkan harga juga merupakan cara jitu untuk menjaga penjualan online tetap baik dan orang memesan di tengah pandemi.

Karena tidak sedikit di tengah pandemi Corona itu sendiri, banyak pekerja yang di-PHK. Dengan menurunkan harga barang dagangan yang dijual, selain menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli juga dapat membantu masyarakat yang membutuhkan.

6. Berikan hadiah pada setiap pembelian

Cara Berjualan Online Agar Tetap Laris di Tengah Pandemi, Simak Tipsnya!

Selain menawarkan diskon dan hadiah, pemberian reward di setiap pembelian menjadi salah satu cara berjualan online di tengah pandemi. Dengan memberikan bonus setiap pembelian, masyarakat akan senang dan tidak mengecualikan pembelian barang dari toko online yang dioperasikan.

7. Tetap memperhatikan kualitas produk

Kontrol kualitas produk merupakan metode penjualan online yang patut mendapat perhatian. Karena meski di tengah wabah, kualitas produk harus tetap terjamin agar pembeli tidak kecewa dan merasa puas berbelanja.

Lebih bagusnya lagi, di tengah pandemi seperti ini, kualitas produk harus diperhatikan, baik dari segi merchandise maupun dari segi kebersihannya.

8. Posting hal-hal yang bermanfaat

Selain memposting barang-barang penjualan, memposting hal-hal bermanfaat terkait pandemi juga merupakan cara yang sangat efektif untuk berjualan online di tengah pandemi.

Karena dengan memposting hal-hal yang bermanfaat di masa pandemi, orang juga akan dengan senang hati mengunjungi akun sales di Instagram dan tidak menutup kemungkinan untuk membeli barang yang di jual.

9. Menggunakan media sosial sebagai alat promosi

Menggunakan media sosial seperti Facebook, WhatsApp dan Instagram sebagai media promosi merupakan cara jualan online yang bisa dilakukan di tengah pandemi. Pasalnya di tengah pandemi seperti sekarang ini, masyarakat lebih memilih berdiam diri di rumah dan browsing media sosial untuk hiburan.

Oleh karena itu, menggunakan media sosial sebagai media promosi sendiri merupakan cara yang jitu agar barang yang dijual secara online dapat dikenal banyak dan banyak peminat. Semakin sering media sosial digunakan sebagai promosi barang yang dijual, maka akan semakin banyak orang yang mengetahui tentang produk yang dijual dan permintaan akan semakin meningkat.

10. Prioritaskan penjualan barang yang diinginkan masyarakat

Di tengah pandemi seperti ini, tidak ada salahnya untuk memprioritaskan menjual barang yang masyarakat butuhkan. Karena dengan menyediakan barang-barang yang dibutuhkan masyarakat, selain dapat membantu banyak orang dalam penghidupan, mereka juga dapat memperoleh manfaat.

Namun tetap usahakan untuk tidak memberikan harga yang terlalu tinggi dan mendapatkan keuntungan yang banyak. Karena bisa memberatkan pembeli. Tidak hanya itu, jika Anda menjual barang kebutuhan, usahakan untuk tidak menjadi penjual yang curang dengan menimbun.

Dengan cara ini, meski mendapat untung kecil, Anda tetap bisa membantu kehidupan banyak orang di tengah pandemi ini.

Berikut beberapa tips cara berjualan online di tengah pandemi seperti ini, di saat seperti ini kebanyakan orang tertarik untuk belanja online, karena lebih mudah tanpa harus keluar rumah. Oleh karena itu, salah satu tips untuk menjual produk Anda banyak adalah dengan menawarkan diskon kepada pelanggan.

Dengan melakukan cara-cara di atas, jualan online akan tetap bisa berjalan meski di tengah pandemi yang mengancam seperti sekarang ini. Kalaupun cara-cara di atas diterapkan dengan benar, sudah bisa dipastikan bisnis online yang sedang berjalan tidak akan berhenti bekerja. Tapi itu akan mendapatkan lebih banyak manfaat.