Cara Mengatasi Jaringan WiFi Tidak Terdeteksi di Smartphone Android

Cara Mengatasi Jaringan WiFi Tidak Terdeteksi di Smartphone Android

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Mengatasi Jaringan WiFi Tidak Terdeteksi di Smartphone Android, Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Cara Mengatasi WiFi Tidak Menyala di HP Android – WIFI saat ini sangat populer apalagi akses WIFI gratis dimana kita dapat mengakses Wifi tanpa harus membayar sepeser pun sehingga kita bisa berselancar di dunia maya sepuasnya tanpa memikirkan kuota internet.

Wifi sendiri ada yang berbayar dan ada juga yang gratis, kita bisa mendapatkan akses Wifi gratis yang tersedia di kafe, restoran, tempat service mobil, kampus, dll. Keberadaannya cukup penting bagi kita untuk selalu terkoneksi dengan internet.

Namun ketika kita ingin melakukan koneksi WIFI, target tidak muncul dan hal ini tentu membuat kita kecewa. Nah ada beberapa kemungkinan penyebab jaringan tidak bisa terdeteksi di smartphone android kita.

Kita harus punya ilmu untuk memperbaikinya karena kalau tidak kita tidak bisa mengatasi masalah yang terjadi dengan cepat dan akan mempengaruhi kualitas hidup kita kan?

Oleh karena itu, saatnya tepat.id untuk menjelaskan kepada Anda langkah-langkah mengatasi jaringan WIFI yang tidak terdeteksi di ponsel Android Anda di bawah ini.

Solusi HP Android Tidak Bisa Deteksi WiFi

1. Hapus Daftar Jaringan WiFi

Jika daftar jaringan WIFI yang tersimpan di ponsel anda sudah dimaksimalkan, jika ada jaringan WIFI baru lagi tidak akan muncul di ponsel anda, maka menghapus jaringan WiFi yang tersimpan sangat penting agar WIFI bisa terhubung kembali.

Cara mengatasi WiFi tidak terdeteksi di Android :

2. Mulai ulang Router WiFi

Solusi smartphone android tidak bisa mendeteksi wifi kedua yaitu restart router wifi. Proses restart akan menghapus gangguan sehingga perangkat akan berjalan normal kembali.

Untuk me-restart Router WIFI caranya cukup mudah yaitu dengan menekan tombol Power beberapa saat hingga perangkat OFF dan jika sudah mati coba hidupkan kembali perangkat dengan menekan kembali tombol Power. Lakukan reset router WiFi jika cara ini tidak berhasil.

3. Mulai ulang Ponsel Android

Cara ketiga untuk mengatasi jaringan WIFI tidak berfungsi adalah dengan merestart ponsel. Jika router WiFi tidak mengalami error, maka tersangka selanjutnya adalah ponsel yang Anda gunakan.

Bisa saja ponsel anda mengalami aplikasi hang atau crash atau caching load yang harus dibersihkan dengan cara restart maka memori ponsel yang sudah penuh akan segera di refresh kembali sehingga diharapkan fungsi ponsel berjalan normal seperti sedia kala lagi. Kalian sudah mengetahui cara merestart hp yaitu kalian tinggal tekan dan tahan tombol Power beberapa saat.

4. HIDUP MATI Mode Pesawat

Cara keempat untuk memperbaiki WIFI ponsel yang tidak bisa terhubung adalah dengan MENGAKTIFKAN dan MENONAKTIFKAN mode pesawat di ponsel Android Anda.

Dengan melakukan proses ON OFF mode pesawat, diharapkan ponsel akan segar kembali dan mencari sinyal WIFI terbaik. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat kemudian dilanjutkan dengan menonaktifkannya kembali.

5. Ubah pita WiFi menjadi 2,4 GHz

Agar ponsel dapat terhubung kembali ke jaringan WiFi, maka perlu dilakukan pengaturan waveform terlebih dahulu. Hal ini dilakukan karena kemungkinan ada perbedaan gelombang WiFi antara router dengan ponsel Android Anda.

Biasanya di hp android ada 2 jenis pita frekuensi yang disediakan, yang pertama adalah pita frekuensi 2,4 GHz dan yang kedua adalah pita frekuensi 5,8 GHz. Sekarang masalahnya adalah router WiFi sendiri umumnya tersedia di pita 2,4 GHz.

Jika ponsel Anda berada di pita 5,8 GHz, sedangkan router WiFi di pita 2,4 GHz tidak akan terhubung, maka dengan mensetting ponsel Anda di frekuensi 2,4 GHz, diharapkan semuanya berjalan dengan normal.

6. Lakukan Reset Pabrik Ponsel Android

Solusi terakhir dimana smartphone android anda tidak bisa mendeteksi WIFI adalah dengan melakukan factory reset. Namun perlu diingat bahwa ini adalah langkah terakhir jika tips di atas tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Backup data-data penting hp anda di media eksternal karena dengan melakukan Factory reset resikonya data di hp terhapus permanen. Berikut langkah-langkah agar jaringan Android WIFI muncul kembali:

Cara Mengatasi Wifi Tidak Terdeteksi di Hp Xiaomi

Berikut cara mengatasi wifi tidak terdeteksi di hp xiaomi :

Cara Mengatasi Wifi Tidak Muncul di Hp Samsung

Berikut cara mengatasi wifi tidak muncul di hp samsung :

Penyebab Jaringan WiFi Android Tidak Menyala

Berikut penyebab jaringan wifi android tidak menyala :

1. Router WiFi Tidak Mendukung Perangkat Seluler Android

Router WiFi yang tidak mendukung perangkat ponsel Android yang Anda gunakan tentunya akan menimbulkan masalah sehingga jaringan WIFI pada ponsel Anda tidak muncul. Seperti yang kita ketahui, teknologi jaringan WiFi selalu diperbarui dan yang terbaru adalah WiFi-6.

Jika anda membeli hp android terbaru tentunya akan ada spek hardware dan software versi baru di dalamnya juga sehingga jika ada router WIFI jadul tentunya sinyal yang dipancarkan tidak akan muncul di hp anda karena ada celah pada versi perangkat yang digunakan, apakah sobat sudah paham?

2. Daftar Jaringan WiFi Maksimal

Penyebab jaringan WIFI tidak bisa menyala di HP Android kamu yang lain adalah karena HP kamu sudah memaksimalkan jaringan WiFi. Jika hal ini terjadi maka smartphone anda tidak bisa masuk ke jaringan WIFI baru lagi sehingga tidak terlihat, solusinya coba kurangi jumlah jaringan WIFI di ponsel anda.

3. Router WiFi Telah Memblokir Alamat Mac Wifi Android

Router WiFi tertentu memang memiliki fitur autoblock Mac Address untuk ponsel Android yang baru terdeteksi sehingga jaringan WIFI yang dipancarkan tidak ON.

Solusi paling mudah adalah dengan meminta pemilik Router WIFI untuk UNBLOCK Mac Address HP Anda agar dapat menikmati akses internet dengan baik.

4. Kerusakan Perangkat Keras Telepon Nirkabel

Hardware wireless pada smartphone anda tentunya memiliki fungsi agar dapat menangkap sinyal yang dipancarkan oleh perangkat lain, namun karena sesuatu hal seperti kerusakan hardware, tentunya hal ini menyebabkan kinerjanya tidak berfungsi lagi.

Untuk dapat memperbaikinya agar jaringan WIFI dapat terhubung kembali tentunya anda dapat mempercayakannya kepada tukang reparasi handphone terdekat dengan lokasi anda.

5. Kerusakan software dan hardware handphone

Penyebab umum handphone tidak bisa terkoneksi ke jaringan WIFI umumnya disebabkan kalau bukan karena masalah hardware, tentunya karena masalah software. Untuk masalah software coba lakukan factory reset yaitu reset ke pengaturan pabrik.

Namun anda harus membackup data-data penting dari ponsel anda ke penyimpanan eksternal terlebih dahulu karena dapat menyebabkan hilangnya data secara permanen.

Jika masalah software tidak teratasi, coba cek juga hardware hp apakah rusak atau tidak, tentunya lebih baik serahkan pada ahlinya daripada anda. Ponsel Anda memiliki kerusakan yang lebih parah.

Demikian tulisan saya tentang tips cara mengatasi wifi tidak terdeteksi di android dengan mudah. Dengan mengakses WIFI tentunya kita mendapatkan banyak keuntungan seperti bisa menjelajah dunia maya secara gratis saat makan di resto dan tempat lainnya, semoga dengan artikel ini anda bisa menemukan solusi terbaiknya. Amin.

sumber artikel: www.tepat.id

Dapatkan update berita seputar teknologi, Aplikasi, Tutorial setiap hari dari pikiranwarga.com.


Posted

in

, ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *