Cara menghidupkan atau mematikan 5G di iPhone Anda

Anda sedang membaca artikel tentang Cara menghidupkan atau mematikan 5G di iPhone Anda, Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

5G menawarkan kecepatan lebih tinggi dengan latensi lebih rendah, memiliki lebih sedikit gangguan, dapat melayani lebih banyak perangkat, dan menawarkan efisiensi keseluruhan yang lebih baik jika dibandingkan dengan pendahulunya. Pada artikel ini, saya akan membantu Anda memahami cara mengaktifkan dan menggunakan 5G di iPhone Anda.

iPhone mana yang mendukung 5G?

Silakan lihat daftar di bawah ini untuk memeriksa apakah iPhone Anda mendukung 5G:

  • seri iPhone12
  • seri iPhone 13
  • seri iPhone14
  • iPhone SE (2022)

Pengaturan default untuk 5G di iPhone

Tidak diragukan lagi bahwa 5G memberikan kecepatan data yang sangat baik. Juga, idealnya, 5G harus memberikan masa pakai baterai yang lebih baik daripada 4G. Hanya karena lebih cepat dari 4G dan mengkonsumsi lebih sedikit daya untuk mentransfer jumlah data yang sama.

Namun, dalam penggunaan di kehidupan nyata, 5G mengkonsumsi lebih banyak daya daripada 4G karena satu alasan – jangkauan jaringan yang buruk. Meskipun jaringan 5G berkembang pesat secara global, tidak dapat disangkal memiliki jangkauan jaringan yang buruk. Ini menyebabkan baterai iPhone Anda terkuras lebih cepat karena mencoba mempertahankan sinyal atau terus-menerus mencari sinyal alternatif.

Apple, secara default, mengaktifkan mode 5G Otomatis untuk mencegah hal ini terjadi. Ini membantu mengoptimalkan masa pakai baterai dan penggunaan data berdasarkan paket data Anda. Dan setiap kali Anda menghadapi koneksi jaringan yang buruk, atau kecepatan 5G setara dengan kecepatan 4G, iPhone Anda secara otomatis beralih ke jaringan 4G.

Cara mengaktifkan 5G di iPhone Anda

Beberapa pengguna mungkin mendapat manfaat dari kecepatan lebih tinggi yang disediakan oleh 5G; pada saat yang sama, itu mungkin tidak membuat perbedaan bagi sebagian orang. Jika Anda termasuk dalam kategori sebelumnya, Anda dapat memilih untuk menggunakan 5G setiap saat. Namun, jika Anda termasuk dalam kategori terakhir, Anda dapat memilih untuk menonaktifkan 5G sama sekali.

Dengan itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengaktifkan atau menonaktifkan 5G di iPhone Anda:

  1. Membuka Pengaturan di iPhone Anda.
  2. Pilih Data seluler/Data Seluler.
  3. mengetuk Opsi Data Seluler/Opsi Data Seluler.
    (Jika Anda menggunakan SIM ganda, pergilah ke Pengaturan Seluler/Data SelulerPilih nomornya yang pengaturannya ingin Anda ubah → Suara & Data)
  4. mengetuk Suara dan Data. Di sini, Anda dapat memilih dari tiga opsi:
    1. 5G Otomatis: Ini dipilih secara default dan mengaktifkan mode Smart Data. Ini membantu menghemat masa pakai baterai dan membatasi penggunaan data saat beralih ke LTE setiap kali 5G tidak mengurangi pengalaman.
    2. 5G Aktif: Memilih jaringan ini akan memaksa iPhone untuk beralih ke jaringan 5G kapan pun tersedia, tidak peduli seberapa buruk jaringannya. Ini secara langsung memengaruhi penggunaan baterai dan mengurangi masa pakai baterai iPhone Anda.
    3. LTE: Jika Anda ingin mematikan 5G, pilih opsi ini. Itu hanya akan menggunakan jaringan LTE bahkan ketika jaringan 5G tersedia. Ini membantu menghemat masa pakai baterai dan memberikan koneksi yang lebih kuat dan andal.

Cara mengaktifkan atau menonaktifkan Roaming data di 5G

Beberapa operator di seluruh dunia mendukung roaming 5G. Meskipun operator Anda tidak mendukung roaming 5G, saat pengaturan ini diaktifkan, perangkat Anda mungkin beralih ke 4G atau LTE berdasarkan apa yang tersedia. Inilah cara Anda dapat Mengaktifkan atau Menonaktifkan Roaming Data di iPhone Anda.

  1. Membuka Pengaturan di iPhone Anda.
  2. Pilih Seluler/Data Seluler.
  3. mengetuk Opsi Data Seluler/Opsi Data Seluler.
  4. Aktifkan atau Nonaktifkan Roaming Data seperti yang Anda anggap cocok.

Opsi Mode Data Seluler 5G mana yang harus Anda pilih?

Ada tiga opsi Mode Data Seluler 5G untuk dipilih:

  • Izinkan Lebih Banyak Data di 5G: Jika dipilih, opsi ini memungkinkan penggunaan data yang lebih tinggi untuk aplikasi dan memberikan FaceTime berkualitas lebih tinggi, konten HD di Apple TV, pencadangan iCloud otomatis, dll. Pengaturan ini akan diaktifkan secara default, tergantung pada operator Anda dan jika Anda memiliki paket data tak terbatas.
  • Standar: Ini umumnya diaktifkan secara default di sebagian besar jaringan seluler. Pembaruan otomatis, tugas latar belakang, dan pengaturan kualitas standar untuk video dan FaceTime diaktifkan saat dipilih.
  • Mode Data Rendah: Tugas latar belakang dan pembaruan otomatis dijeda saat Mode Data Rendah diaktifkan, baik di Data Seluler maupun Wi-Fi.

Setelah Anda memutuskan opsi Mode Data Seluler 5G mana yang ingin Anda pilih, maka:

  1. Meluncurkan Pengaturan di iPhone Anda.
  2. mengetuk Seluler/Data Seluler.
  3. Pilih Opsi Data Seluler/Opsi Data Seluler.
  4. mengetuk Data Modus.
  5. Sekarang Anda dapat memilih dari tiga opsi yang tersedia,
    • Izinkan Lebih Banyak Data di 5G
    • standar
    • Mode Data Rendah

Catatan: Opsi Izinkan Lebih Banyak Data pada 5G akan menguras baterai Anda secara signifikan lebih cepat daripada dua opsi lainnya. Berikut adalah panduan untuk membantu Anda memperbaiki masalah pengurasan baterai di iPhone Anda.

Apa yang diwakili oleh ikon 5G yang berbeda?

Beberapa operator di seluruh dunia menawarkan koneksi jaringan 5G. Karena ada teknologi 5G yang berbeda seperti sub-6Ghz, spektrum menengah hingga tinggi, atau mmWave, jelas bahwa operator mungkin menggunakan teknologi yang berbeda berdasarkan pita frekuensi yang mereka peroleh dan kecepatan data yang mereka tawarkan.

IPhone Anda akan menampilkan ikon berbeda berdasarkan jenis dan kecepatan koneksi. Saat ini, ada empat ikon yang ditampilkan di bilah status iPhone Anda, dan inilah artinya:

  • 5G: Ikon 5G menunjukkan iPhone Anda terhubung ke frekuensi dasar atau lebih rendah dari jaringan 5G yang disediakan oleh operator Anda.
  • 5G+, 5G UW, 5G UC: Ikon-ikon ini menunjukkan bahwa iPhone Anda terhubung ke versi frekuensi yang lebih tinggi dari jaringan 5G. Ikon 5G+ ditampilkan saat iPhone Anda terhubung ke versi frekuensi lebih tinggi yang ditawarkan oleh operator Anda. 5G UW mewakili jaringan 5G frekuensi mmWave. Terakhir, 5G UC adalah singkatan dari Ultra Capacity, jaringan 5G berdasarkan spektrum mid-band.

Apa yang harus dilakukan jika Anda tidak melihat 5G di bilah status?

Pertama, agar iPhone Anda menampilkan 5G di bilah status, Anda perlu memastikan bahwa area Anda memiliki jangkauan 5G. Juga, paket Data Seluler 5G aktif diperlukan untuk terhubung ke jaringan 5G. Jika Anda memenuhi kedua persyaratan ini tetapi masih tidak dapat melihat 5G di bilah status iPhone Anda, ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini, aktifkan Mode pesawat dan matikan setelah 30 detik atau mulai ulang iPhone Anda.

Jika mengikuti langkah-langkah ini tidak mendapatkan hasil pertama kali, ulangi langkah-langkah tersebut beberapa kali. Namun, jika Anda tidak melihat hasil bahkan setelah itu, saatnya menghubungi operator Anda untuk bantuan lebih lanjut.

Lebih cepat tidak selalu lebih baik

Ya, saya tahu itu adalah versi modifikasi dari pepatah, “Lebih besar tidak selalu lebih baik,” tapi itu benar. Misalnya, mobil sport yang super cepat juga mengonsumsi bahan bakar dalam jumlah besar. Hal yang sama berlaku untuk 5G karena menawarkan kecepatan yang lebih cepat tetapi menghabiskan banyak baterai karena jangkauan yang rendah.

Kami berharap ini akan meningkat karena jaringan 5G terus berkembang, dan saat cakupannya setara dengan jaringan 4G, 5G akan hadir dengan kompromi yang lebih sedikit. Sampai saat itu, saya tetap menggunakan 4G/LTE. Di komentar di bawah, beri tahu saya jika Anda berada di tim 4G atau 5G.

 

sumber artikel: www.igeeksblog.com

Dapatkan update berita seputar teknologi, Aplikasi, Tutorial setiap hari dari pikiranwarga.com.