Cara Menggunakan Paypal Dari Meminta Pembayaran Hingga Penarikan

Cara Menggunakan Paypal Dari Meminta Pembayaran Hingga Penarikan

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Menggunakan Paypal Dari Meminta Pembayaran Hingga Penarikan, Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Bingung cara menggunakan paypal termasuk meminta pembayaran dan penarikan? Atau Anda penasaran bagaimana cara membayar Paypal dengan metode apa saja? Jangan khawatir, pada artikel ini kami akan menjelaskannya secara lengkap. Pastikan Anda mendengarkan sampai akhir, oke?

Siapa yang tidak tahu Paypal? Mungkin sebagian besar masyarakat di dunia sudah tidak asing lagi dengan salah satu platform transaksi online terbesar di dunia ini.

Paypal sendiri memberikan kemudahan bagi orang yang ingin bertransaksi. Dengan kata lain, pengguna tidak hanya dapat bertransaksi dengan orang lain di dalam negeri, tetapi pengguna juga dapat bertransaksi antar negara.

Tentunya hal ini sangat mudah, bukan jika pengguna ingin membeli barang yang hanya bisa dibeli di luar negeri, atau menerima pembayaran dari luar negeri menggunakan Paypal.

Bagaimana Cara Meminta Pembayaran melalui Paypal?

Cara meminta Pembayaran di Paypal

Berikut akan kami jelaskan langkah-langkahnya, pastikan sebelumnya sobat sudah memiliki akun Paypal dan sudah terdaftar dengan data pribadi sobat ya!

  1. Buka Paypal

    Pertama silahkan sobat login dengan akun Paypal sobat.

  2. Klik “Kirim & Permintaan”

    Setelah itu, Anda bisa mengklik opsi menu “Request” di bagian bawah.

  3. Masukkan alamat email

    Langsung saja sobat, untuk sobat masukkan alamat email yang ingin dituju, kemudian klik tombol next.

  4. Masukkan nominal mata uang

    Nanti akan muncul form untuk memasukkan nominal mata uang. Jadi silahkan diisi sesuai kebutuhan. Di sini Anda juga dapat menambahkan catatan atau catatan, jika diperlukan

  5. Klik “Kirim Permintaan”

    Terakhir, Anda tinggal mengklik tombol “Kirim Permintaan” untuk mengirim permintaan pembayaran ke tujuan.Kirim permintaan pembayaran paypal

Catatan: Nanti notifikasi akan masuk ke alamat email yang akan Anda tuju untuk meminta pembayaran, disertai dengan nama Anda. Jika tujuan telah mengirimkan sejumlah uang yang diminta, maka Anda akan mendapatkan info dari Paypal dan saldo Anda akan otomatis bertambah.

Seberapa mudah tidak meminta pembayaran di Paypal?.

Bagaimana Cara Memeriksa Status Pembayaran?

Cara Meminta Pembayaran di Paypal

Nah jika anda bingung untuk mengecek apakah status pembayaran sudah di Paypal atau tidak, anda bisa mengecek status pembayaran dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Pertama sobat bisa scroll ke bawah, lalu pilih “Aktivitas Anda” di bagian bawah layar. Nanti sobat akan melihat transaksi terbaru disini.
  • Jika Anda ingin melihat transaksi lainnya, Anda dapat mengklik ikon panah di sebelah “Aktivitas Anda“.
  • Kemudian jika Anda ingin memfilter transaksi, misalnya berdasarkan waktu, silakan klik ikon di sudut kanan atas.
  • Selesai!

Kemudian akan muncul informasi tentang status pembayaran. Bagaimana cara mudah tidak request pembayaran di Paypal dan bagaimana cara cek status pembayaran?.

Bagaimana Cara Meminta Pengembalian Dana Paypal?

Cara Meminta Pembayaran di Paypal

Sebagai informasi, selain menjelaskan cara request pembayaran di Paypal, Paypal juga menyediakan fitur pengembalian dana atau pengembalian dana. Nah, bagi teman-teman yang membeli suatu barang tapi ada kendala dan ingin meminta pengembalian dana dari penjual, bisa dilakukan dengan mengirimkan email request ke penjual.

Kemudian Anda bisa meminta seller/penjual untuk membuka halaman “Detail Transaksi” untuk transaksi Anda. Di sini penjual dapat mengklik Lakukan pengembalian dana. Sekarang sobat bisa meminta refund atau pengembalian dana dengan maksimal 180 hari dari pembayaran yang Anda lakukan.

Jika Anda masih bingung, berikut adalah langkah-langkah mendetail untuk menemukan informasi kontak untuk meminta pengembalian dana:

  1. Pertama, Buka Paypal.
  2. Kemudian lihat pada halaman Ringkasan, silahkan pilih transaksi yang ingin Anda batalkan.
  3. Selanjutnya, silakan gunakan informasi kontak untuk mengirim email ke penjual.
  4. Tunggu sampai penjual atau penjual menyetujuinya.

Kemudian jika penjual atau penjual tidak setuju dengan refund yang Anda minta, Anda dapat mengajukan keluhan langsung ke Paypal di Pusatnya Anda tidak menerima barang, atau barang yang Anda terima tidak sesuai dan berbeda dengan yang dipesan dan dibayar.

Kebijakan berikut dirangkum sesuai dengan kebijakan langsung Paypal mengenai pengembalian uang. :

  • Jika Anda mengirim pembayaran menggunakan kartu debit atau kartu kredit, dana akan dikembalikan ke kartu yang digunakan. Mungkin diperlukan waktu hingga 30 hari agar dana dapat dikreditkan ke kartu.
  • Jika Anda mengirim pembayaran menggunakan rekening bank dan pembayaran dibatalkan, pembayaran akan dikembalikan ke saldo PayPal Anda dalam waktu 3-5 hari kerja. (Catatan: di beberapa negara, dana akan dikembalikan ke rekening bank Anda.)

Itulah cara request pembayaran di Paypal dan cara request refund yang bisa anda ikuti.

Cara Membayar Menggunakan PayPal

cara meminta pembayaran di paypal & cara membayar paypal

Tentu saja, bagaimana cara membayar Paypal atau isi ulang mudah untuk dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan, salah satunya melalui kartu debit BCA.

Cara Top Up PayPal dengan Kartu Debit BCA

Sobat bisa menggunakan cara top up PayPal ini yaitu dengan kartu debit. Caranya adalah dengan menggunakan kartu debit berlogo Visa dan Mastercard misalnya ATM BCA. Berikut langkah-langkah mudah yang bisa Anda ikuti:

1. Buat Akun PayPal
Pertama silahkan sobat kunjungi situs PayPal Indonesia dan lakukan registrasi.

2. Hubungkan Kartu Debit
Jika sudah, Anda dapat memilih opsi Hubungkan Kartu dan masukkan 16 nomor kartu, masa berlaku, dan CVC/CVV yang sesuai. Pastikan untuk memeriksa kembali, jangan lewatkan apa pun.

3. Simpan Data Kartu Debit
Selanjutnya, Anda dapat mengklik Menyimpan, dan kartu debit sudah tersimpan di akun PayPal.

4. Konfirmasi Koneksi Kartu
Terakhir, Anda hanya perlu mengklik kartu dan kemudian mengkonfirmasi kartu debit. Kemudian kartu telah terhubung ke akun PayPal Anda.

Cara Mengatur Pembayaran Otomatis di Paypal

Cara Meminta Pembayaran di Paypal & Cara Membayar Paypal

Selain cara bayar Paypal, kamu juga bisa mengatur pembayaran otomatis di Paypal lho. Untuk memulai, silakan kunjungi situs merchant dan pilih PayPal sebagai metode pembayaran setelah masuk ke akun Anda. Setelah itu, ikuti langkah-langkah ini untuk mengelola pelanggan Anda dengan PayPal, sebagai berikut:

  1. Pertama, Anda bisa Gabung ke akun Paypal Anda, lalu lanjutkan dengan mengklik Pengaturan di pojok kanan atas.
  2. Setelah itu pilih Pembayarandan pilih Kelola pembayaran yang telah disetujui sebelumnya untuk melihat daftar pelanggan.
  3. Terakhir, cukup pilih salah satu langganan Anda untuk melihat detail selengkapnya dan ubah jika perlu.

Cara Penarikan Paypal Ke Rekening Bank

Nah jika anda sudah mengetahui cara meminta pembayaran melalui Paypal, anda juga harus mengetahui cara penarikan dana atau disebut withdraw, karena langkah ini sangat penting dan harus anda ketahui.

Withdraw Paypal adalah cara bagaimana kita bisa mendapatkan uang dalam bentuk mata uang asing yang kemudian masuk ke rekening bank dalam bentuk Rupiah agar kita bisa menggunakan uang tersebut atau mencairkannya di bank yang anda gunakan.

Tarik Paypal dengan Aplikasi

Sobat bisa menggunakan aplikasi Paypal untuk menarik uang dari rekening bank, caranya seperti di bawah ini:

  1. Pertama instal aplikasi Paypal dan login.
  2. Masuk ke akun PayPal
  3. Buka ‘Saldo PayPal’ atau ‘Saldo Paypal’.
  4. Pilih menu ‘Tarik Uang’
  5. Pilih rekening bank atau kartu debit (Jika belum, silakan daftarkan rekening Anda terlebih dahulu di menu Dompet dan klik tanda plus Bank dan Kartu Anda dapat menambahkan rekening bank atau kartu debit)
  6. Masukkan jumlah nominal yang akan ditransfer. Kemudian, klik ‘Transfer’.

Selain itu sobat juga bisa Withdraw menggunakan website Paypal.com yang bisa di akses melalui Laptop/PC, caranya :

  1. Buka situs web PayPal https://www.paypal.com/id/home.
  2. Masukkan akun
  3. Klik menu ‘PayPal Saya’
  4. Pilih menu ‘Transfer Dana’ di ‘Saldo PayPal’ di sisi kiri halaman
  5. Pilih rekening bank atau kartu debit (Jika belum menambahkannya terlebih dahulu, caranya kurang lebih sama dengan menggunakan aplikasi)
  6. Masukkan jumlah nominal yang akan ditarik
  7. Pilih ‘Transfer’.

Perhatikan ini sebelum Menarik uang dari Paypal

Sebelum melakukan penarikan uang dari Paypal, Anda harus mengetahui biaya admin yang akan dikenakan oleh setiap bank penerima, karena setiap bank memiliki biaya yang berbeda-beda. Untuk nominalnya bisa langsung ditanyakan ke call center bank yang digunakan.

Jika mengalami kendala misalnya pihak bank tidak bisa memproses penarikan dana, ada kemungkinan karena informasi yang tidak lengkap, atau ada kesalahan informasi pada permintaan penarikan.

Jangan panik, karena uang Anda akan kembali ke akun Paypal Anda, dan Anda dapat memperbaiki informasi tersebut dan mencoba menarik uang ke akun Anda lagi.

Biasanya proses penarikan Paypal memakan waktu 3 hari kerja, dan waktu terbaik untuk melakukan penarikan adalah di pagi hari, namun hal ini hanya sebatas pengalaman kami saat melakukan penarikan dana dari Paypal ke rekening bank.

Dan satu hal lagi, jika sobat telah memutuskan untuk menarik dana PayPal, penarikan tersebut tidak dapat dibatalkan.

Daftar Bank Yang Dapat Melakukan Penarikan PayPal

Cara Meminta Pembayaran di Paypal & Cara Membayar Paypal

Dilansir dari laman coil.com, ternyata sejumlah bank besar di Indonesia sudah bermitra dengan PayPal lho. Ada beberapa bank yang bisa Anda gunakan untuk PayPal antara lain penarikan dana, antara lain:

BCA

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan bank swasta yang telah bekerjasama dengan PayPal. Kode bank untuk pembayaran melalui PayPal ini adalah 0140012.

BNI

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk alias BNI merupakan salah satu bank milik negara, tepatnya di bawah naungan sebuah BUMN yang telah bekerjasama dengan PayPal. Kode bank yang memiliki unit bisnis asuransi jiwa ini untuk pembayaran melalui PayPal adalah 0090010.

Bank Mandiri

Bahkan, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk juga telah menjalin kerjasama dengan PayPal. Jika Anda memiliki rekening Mandiri, kode bank untuk pembayaran PayPal adalah 0080606.

BRI

Terakhir, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau biasa disebut BRI juga telah menjalin kerjasama dengan PayPal. Bagi Anda yang memiliki rekening BRI, Anda dapat melakukan transaksi menggunakan PayPal dengan kode bank 0020307.

Akhir kata

Di atas adalah cara menggunakan Paypal termasuk meminta pembayaran dan melakukan penarikan yang telah kami rangkum untuk Anda. Bagaimana? sangat mudah bukan? tolong ikuti ya!

sumber artikel: www.androidponsel.com

Dapatkan update berita seputar teknologi, Aplikasi, Tutorial setiap hari dari pikiranwarga.com.


Posted

in

, , , ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *