Tips Agar Barang Jualan Laris di Tokopedia Dan Banyak Menarik Minat Pembeli Dengan Mudah

Tips Agar Barang Jualan Laris di Tokopedia Dan Banyak Menarik Minat Pembeli Dengan Mudah

Tips Agar Barang Jualan Laris di Tokopedia Dan Banyak Menarik Minat Pembeli Dengan Mudah

Di era bisnis online saat ini, Tokopedia menjadi salah satu platform pasar pilihan bagi para pengusaha tanah air yang ingin berbisnis online.

Di platform Tokopedia sendiri, sudah ada 9,9 juta pengusaha (kebanyakan UMKM) yang mengembangkan bisnisnya di platform tersebut.

Bagaimana Cara Toko Online Menarik dan Banyak Pembeli

Dengan persaingan bisnis yang begitu ketat, jika Anda seorang pengusaha Tokopedia, Anda pasti berpikir: “Bagaimana caranya agar bisnis/toko online Anda menarik lebih banyak pembeli?”

Untuk menjawabnya, berdasarkan informasi yang dihimpun dari situs resmi Tokopedia, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan pada bisnis/toko online Anda di platform berlogo burung hantu.

1. Membuat Merek Toko atau Branding Toko

Tips Agar Barang Jualan Laris di Tokopedia Dan Banyak Menarik Minat Pembeli Dengan Mudah

Sebuah merek atau merek adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan perusahaan, produk atau jasa, dan semua atribut, berwujud dan tidak berwujud.

Untuk mempertahankannya diperlukan brand identity yang merupakan komponen visual yang membentuk brand tersebut.

Identitas merek ini meliputi logo, tipografi, warna dan juga kemasan. Hal ini sangat diperlukan dalam bisnis online agar toko online Anda selalu terhubung di benak calon pembeli.

2. Perhatikan penulisan nama produk

Penting untuk dicatat bahwa Anda harus menulis nama pada setiap produk yang Anda jual. Dengan mengetikkan nama produk yang bagus, kemungkinan produk ini akan ditemukan di halaman pencarian oleh pembeli lebih besar.

Saat menulis nama produk, ada dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama, beri nama produk menggunakan kata kunci yang sering diketik calon pembeli di kolom pencarian.

Kedua, berikan nama produk dengan rumus: jenis/kategori + merek + deskripsi + kata promosi. Berikut contoh ejaan yang benar: Jaket denim Levi’s asli dengan bahan berkualitas tinggi.

3. Gunakan foto produk yang menarik

Tips Agar Barang Jualan Laris di Tokopedia Dan Banyak Menarik Minat Pembeli Dengan Mudah

Gambar produk menjadi senjata utama dalam toko online karena calon pembeli biasanya memutuskan untuk membeli suatu produk setelah melihat gambar visual atau citra produk.

Lebih dari 70% calon konsumen yang tertarik dengan gambar produk, akan segera mengeluarkan produk lain dari otak mereka.

Foto produk terbaik akan memberikan kesan pertama yang baik. Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa 80% calon pembeli berhasil melakukan transaksi pada pandangan pertama.

4. Tulis deskripsi yang jelas dan tetapkan harga yang kompetitif

Saat ingin mengunggah produk baru yang ingin dijual, selalu berikan deskripsi yang singkat, padat, dan jelas agar mudah dibaca dengan cepat dan akurat.

Jelaskan juga keunggulan produk (bukan fitur) yang dijual. Pertimbangkan untuk menghindari kata-kata atau istilah pribadi.

Contoh penulisan deskripsi yang benar:

Jaket Levi’s tersedia dalam 4 ukuran S, M, L dan XL dalam 3 warna berbeda yaitu merah marun, biru dan hitam. Jaket ini memiliki 4 kantong untuk menyimpan ponsel, tablet, dompet, dan power bank Anda. Dilengkapi dengan hoodie, sarung tangan serta tempat untuk menyimpan earphone yang membuat anda nyaman.

Kemudian tetapkan harga yang kompetitif. Dengan memberikan harga produk yang tepat, Anda dapat meningkatkan tingkat penjualan produk, dan dengan demikian meningkatkan kemungkinan produk iklan Anda akan muncul di halaman pertama.

Hal ini akan lebih baik lagi jika produk yang Anda jual dilengkapi dengan deskripsi produk yang lengkap dan jelas.

Jelas bahwa lebih dari 50% calon pembeli melakukan transaksi berdasarkan harga dan deskripsi produk.

5. Jangan lupa untuk promosi

Tips Agar Barang Jualan Laris di Tokopedia Dan Banyak Menarik Minat Pembeli Dengan Mudah

Promosi bisa menjadi cara ampuh untuk meningkatkan transaksi pembeli di toko online Anda.

Dalam hal ini, Anda bisa mempromosikannya terlebih dahulu kepada orang-orang terdekat Anda. Anda bisa memanfaatkan orang-orang terdekat Anda, seperti orang tua, teman atau rekan kerja untuk mempromosikan produk atau toko online Anda secara lebih luas.

Dengan cara ini, jangkauan kunjungan toko Anda akan mulai meningkat.

Promosi selanjutnya, posting produk di akun media sosial. Anda dapat mulai menggunakan forum, grup Facebook, atau komunitas online untuk memperkenalkan produk dan toko online Anda.

Jangan lupa, selalu lampirkan link toko Anda setiap kali membuat postingan di media sosial.

6. Atur etalase dengan rapi

Sama seperti di toko offline, di toko online, Anda juga harus cermat menata etalase Anda.

Apalagi jika Anda menjual banyak merchandise, menata etalase akan memudahkan calon pembeli menemukan merchandise tersebut.

Misalnya, jika Anda menjual pakaian, pisahkan bagian depan toko antara T-shirt, T-shirt, dan celana.

Sehingga calon pembeli bisa langsung mengklik etalase ‘baju’ tersebut jika sedang mencari baju untuk dibeli.

7. Maksimalkan fitur yang tersedia

Anda bisa memanfaatkan fitur penjualan di Tokopedia, seperti TopAds, untuk menjangkau lebih banyak pembeli.

Selain itu, Anda dapat menggunakan fitur kupon toko untuk memberikan keuntungan kepada pembeli berupa cash back atau gratis ongkos kirim.

Oh ya, Anda juga bisa membuat toko dan produk yang Anda jual lebih dikenal banyak pembeli dengan memanfaatkan fitur Feed.

8. Gunakan Aplikasi Tokopedia Seller (khusus Android)
Tips Agar Barang Jualan Laris di Tokopedia Dan Banyak Menarik Minat Pembeli Dengan Mudah

Dengan aplikasi Penjualan khusus dari Tokopedia, Anda dapat mengelola toko online Anda dengan lebih mudah.

Beberapa hal yang dapat dilakukan melalui aplikasi ini antara lain:

  • Tetapkan prioritas aktivitas penjualan harian menggunakan fitur “Pentingnya hari ini”;
  • Akses ke fitur penjualan penting dalam aplikasi;
  • menanggapi pesan pelanggan lebih cepat melalui fitur “obrolan”;
  • Atur toko online Anda di satu halaman.

Begitulah cara untuk membuat penjualan anda pada marketplace tokopedia semakin meningkat. Hal ini juga bisa anda terapkan kedalam marketplace yang lainnya. Mudah-mudahan dengan menjalani tips berikut toko online yang sedang anda buat banyak menarik minat pembeli.