Cara Mengubah Opacity di Procreate

Cara Mengubah Opacity di Procreate

kalian tengah membaca tulisan mengenai Cara Mengubah Opacity di Procreate, Pikiranwarga telah telah memilih sumber tulisan yang dapat juga dipercaya, Simak berita secara detail.

Mengubah opacity yaitu fitur-fitur inti dari tiap piranti lunak pengedit gambar, termaksud Procreate. Terampil opacity memungkinkan kalian untuk membawa karya seni kalian ke tingkat berikutnya. Manfaat ini sedikit lebih kompleks di Procreate jika kalian tidak mengerti langkah tentu yang perlu diambil.

Sampai version 5, Procreate menghadirkan penggeser opacity, yang dapat juga dijangkau dengan gampang di menu Penyesuaian. Ini telah berganti dengan version terbaru, membuat prosesnya sedikit lebih gampang.

Di situlah tulisan ini bergabung. Di bagian di bawah ini, kami akan juga memperlihatkan cara mengubah opacity baik di Procreate di iPad, serta Procreate Pocket di iPhone. kalian akan juga belajar bagaimana menerapkan menu setting opacity yang berbeda untuk objek individu atau seluruh lapisan.

Cara Mengubah Opacity Object atau Layer di Procreate Pocket di iPhone

Procreate Pocket dirancang untuk monitor iPhone, yang tentunya lebih kecil dari iPad. Sebab ketidaksamaan design ini, banyak pilihan disederhanakan di Procreate Pocket, membuatnya lebih gampang diingat serta digunakan. Ini yaitu kasus dengan opacity layer juga.

  1. Ketuk tombol “Ubah” yang diwakili oleh tongkat ajaib.
  2. Pilihlah “Opacity” dari menu tarik-turun. Tindakan ini akan juga menghadirkan penggeser opacity.
  3. Geser ke kanan atau kiri untuk meningkatkan atau kurangi opacity layer.

Cara Mengubah Opacity Object atau Layer di Procreate di iPad

kalian dapat juga mengubah opasitas elemen yang berbeda, termaksud objek, lapisan, atau seluruh gambar. Teknik yang digunakan untuk masing-masing akan juga sedikit berbeda.

Ada dua metode untuk memanipulasi opacity layer di Procreate untuk iPad: lewat gerakan jari serta menu Menu setting.

Mengubah Opacity Layer Memakai Gerakan Jari

  1. Open panel “Layers” serta temukanlah layer yang mau kalian ubah.
  2. Memakai dua jari, ketuk dua kali layer untuk membuka suatu penggeser opacity.
  3. Geser jari ke kanan untuk meningkatkan opacity atau ke kiri untuk menguranginya.

Mengubah Opacity Layer Memakai Menu setting Layer

  1. Bergabung ke panel “Layers”, temukanlah layer yang diinginkan.
  2. Ketuk “N” di sebelah nama layer. Perhatikan bahwa “N” memperlihatkan mode campuran, yang akan juga menjadi “Normal” secara default. Bila kalian telah mengubah mode, kalian barangkali lihat huruf lain. Akan tetapi, itu akan juga berada pada tempat yang serupa.
  3. Mengetuk “N” akan juga memunculkan menu setting lapisan dengan penggeser opacity di bagian atas. Geser ke kanan untuk opacity yang lebih besar atau ke kiri untuk opacity yang lebih sedikit.

Cara Mengubah Opacity Sejumlah Lapisan di Procreate di iPad

Bila kalian mempunyai sejumlah lapisan yang harus diubah opacitynya, kalian harus segera memakai penyelesaian. Alasan untuk ini yaitu bahwa Procreate tak mengizinkan perubahan opacity untuk sejumlah lapisan sekaligus.

kalian dapat juga menelusuri tiap lapisan serta menyelaraskan opacity satu per satu, tetapi itu akan juga memakan waktu lama. Bila kalian bekerja dengan banyak lapisan, metode ini tampaknya besar akan juga menyebabkan kebimbangan.

Itu pemicunya metode alternative akan juga lebih disukai.

kalian dapat juga menangani keterbatasan dengan menggabungkan sejumlah lapisan menjadi satu. Setelah itu, mengubah opacity untuk seluruh elemen secara bersamaan akan juga sangat mudah. Berikut cara melakukannya.

  1. Open panel “Lapisan”. Temukanlah lapisan yang mau kalian gabungkan.
  2. Geser lapisan pertama ke kanan untuk memilihnya. Tindakan akan juga sukses jika lapisan berganti menjadi biru. Kerjakan hal yang serupa dengan seluruh lapisan yang mau kalian gabungkan.
  3. Di bagian atas panel, kalian akan juga lihat pilihan “Hapus” serta “Group”. Pilihlah “Group” untuk menyatukan seluruh lapisan yang dipilih. Mereka semua belum akan juga digabungkan pada kesempatan ini.
  4. Saat ini yaitu saat yang pas untuk membuat salinan group. Membuat duplikat akan juga bermanfaat jika kalian mau mengubah tiap lapisan di setelah itu hari. Perubahan semacam itu tak akan juga barangkali dikerjakan sesudah penyatuan hingga selesai. Bila kalian mau menduplikasi group, teruslah membaca, sebab metodenya akan juga dijelaskan di bagian selanjutnya.
  5. kalian akan juga lihat “Group Baru” muncul di panel. Ketuk untuk membuka suatu pengaturannya.
  6. Ketuk pilihan “Ratakan”. Trik ini akan juga menggabungkan seluruh lapisan di dalam group.

Sesudah layer digabungkan, kalian dapat juga mengubah opacity untuk semuanya secara bersamaan. Ini dapat juga dikerjakan dengan memakai metode yang dijelaskan di atas – dengan memakai gerakan jari atau lewat menu Menu setting. Ayo kamu membicarakan teknik-teknik itu secara singkat.

Ubah Opacity di Layer yang Digabung Memakai Gerakan Jari

  1. Ketuk dua kali lapisan yang digabungkan. Slider opacity akan juga muncul.
  2. Ubah menu setting opacity dengan menyeret penggeser ke kanan atau kiri.

Ubah Opacity di Lapisan yang Digabung Memakai Menu Menu setting

  1. Ketuk “N” di lapisan gabungan di panel “Lapisan” untuk membuka suatu menu “Menu setting”.
  2. Geser ke kanan atau kiri di penggeser opacity yang terletak di bagian atas menu untuk menyelaraskan opacity.

Cara Menduplikasi Group Layer

  1. Sesudah kalian mengelompokkan lapisan, temukanlah “Group baru” serta geser ke kiri.
  2. Dari pilihan, pilihlah “Duplikat.” Ini akan juga membuat salinan dari group yang dipilih sambil menjaga lapisan asli masih tetap terpisah.
  3. Ketuk kotak contreng di sebelah group yang digandakan. Dengan langkah ini, perubahan apa pun yang kalian buat ke depan tak akan juga tercermin di group itu serta tak akan juga terlihat.

Cara Mengubah Opacity untuk Elemen Individu atau Bagian Lapisan

Walaupun kalian akan juga lebih kerap kali mengubah opacity untuk seluruh layer, kalian barangkali mau mengubah hanya bagian tertentu saja. Ini biasanya akan juga terjadi jika kalian telah menggabungkan layer yang berisi elemen individual atau jika kalian menggambar objek yang berbeda memakai satu layer.

Menyelaraskan opacity untuk beragam bagian layer di Procreate idak begitu rumit, tergantung di seberapa rinci objek itu. Metode untuk mengerjakan itu akan juga membutuhkan alat Penyeleksian.

  1. Temukanlah layer yang mau kalian manipulasi serta pilihlah.
  2. Pilihlah ikon “S” bergaya yang terletak di kiri atas. Ini akan juga memunculkan menu “Penyeleksian” di bagian bawah monitor kalian.
  3. Pilihlah alat yang mau kalian pakai dari pilihan yang ada. kalian dapat juga memakai pilihan “Automatis” atau “Tangan Bebas”, tergantung di kerumitan lapisan.

Bila kalian mempunyai relatif sedikit elemen yang berbeda di dalam warna serta kontras, alat pemilihan automatis akan juga menjadi pilihan yang lebih bagus. Bila lapisannya lebih kompleks, alat ini barangkali tak dapat juga telah memilih elemen individual secara akurat. Dalam soal ini, kalian harus segera memilihnya secara manual memakai pilihan Freehand.

  1. Salin elemen yang dipilih serta tempel di layer baru. Ini akan juga terjadi secara automatis saat kalian mengetuk tombol “Salin serta tempel”.
  2. Sesudah kalian mempunyai elemen di layer baru, kalian dapat juga mengubah opacity memakai metode yang dijelaskan di bagian sebelumnya.

Bagaimana Mengubah Opacity untuk Seluruh Gambar

Bila kalian mau menyelaraskan opacity untuk seluruh gambar, kalian butuh memanipulasi layer lagi. Secara khusus, metode ini akan juga mencakup penyatuan lapisan. Satu-satunya ketidaksamaan antara proses penyatuan yang telah kami jelaskan sebelumnya serta yang ini yaitu kalian akan juga telah memilih tiap lapisan di dalam proyek.

Sesudah kalian telah memilih, mengelompokkan, serta meratakan seluruh lapisan, seluruh gambar akan juga menjadi satu lapisan. Setelah itu, kalian dapat juga menyelaraskan opacity memakai teknik yang serupa seperti yang dijelaskan untuk lapisan tunggal.

Hidupkan Karya Seni kalian Lewat Penyesuaian Opacity

Menyelaraskan opacity dapat juga membuat elemen atau lapisan tertentu lebih bijaksana sambil membiarkan yang lain muncul. Dengan cukup mengutak-atik menu setting opacity, kalian dapat juga membuat perubahan lembut di karya seni kalian yang akan juga susah dicapai kebalikannya.

Saat ini sesudah kalian tahu cara menyelaraskan opacity di Procreate serta Procreate Pocket, kalian akan juga mempunyai alat baru untuk mengekspresikan kreativitas kalian.

Sudahkah kalian menyelaraskan opacity di proyek Procreate kalian? Apakah itu untuk satu lapisan, satu elemen, atau seluruh gambar? Beri tahu kami di bagian tanggapanmu di bawah.

sumber tulisan: www.alphr.com

Dapatkan update berita tentang teknologi modern, Aplikasi, Tutorial sehari-hari dari pikiranwarga.com.


Posted

in

, , , , , ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *