Kenali Google Meet dan aplikasinya

Kenali Google Meet dan aplikasinya

Anda sedang membaca artikel tentang Kenali Google Meet dan aplikasinya, Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Mungkin Anda masih belum tahu banyak tentang Google Meet. Merupakan salah satu layanan dukungan hebat dari Google yang memungkinkan pengguna smartphone dan komputer untuk bertemu tatap muka secara virtual.

Sangat menguntungkan untuk menyambut era digital, ada Google meet memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi dan memenuhi berbagai pekerjaan tanpa dibatasi oleh jarak.

Tentunya sangat mendukung dengan istilah working from home. Di masa pandemi, tentunya semua orang mengenal istilah “WFM (Work From Home)”. Tidak hanya dalam urusan bisnis, kini siapa saja bisa melakukan rapat, proses belajar mengajar dan aktivitas organisasi lainnya dengan Aplikasi Google Meet.

Keberadaan Google Meet adalah angin surgawi untuk memecah jarak dalam pertemuan tatap muka. Ya, meskipun ini secara virtual dapat mewakili semua percakapan yang akan disampaikan.

Google meet, menurut saya ini harus diketahui oleh semua orang dan semua instansi. Karena jika Video Call WhatsApp untuk lebih dari beberapa orang masih dibatasi jumlah, sehingga berbeda dengan Google Meet yang mampu menampung 100+ Peserta.

Kenali Google Meet

google bertemu

Google memenuhi kebutuhan untuk meruntuhkan kemungkinan hambatan komunikasi yang memerlukan kontak tatap muka. Kini dengan Google Meet, mendiskusikan berbagai hal menjadi lebih mudah dari sebelumnya.

Segala kemudahan juga bisa dilakukan oleh pengguna smartphone atau laptop. Ini memiliki berbagai fitur, yang dikembangkan oleh perusahaan dunia yang sangat terkenal sehingga tidak akan mengecewakan Anda.

Apa itu Google Meet?

Dari pembahasan di atas, tentunya kurang lebih Anda sudah paham. Singkatnya, Google Meet adalah platform yang dirilis oleh Google untuk memudahkan pengguna internet untuk melakukan tatap muka secara virtual menggunakan laptop atau smartphone mereka.

Kapasitas Google Meet untuk melakukan panggilan video cukup banyak, Anda bahkan dapat melakukan panggilan video langsung ke lebih dari 100 orang. Aplikasi google meet juga tersedia untuk laptop dan smartphone jadi kapan mau mencobanya.

Aplikasi Google Meet

Apa itu Aplikasi Google Meet?

Disederhanakan bahwa Google Meet adalah layanan aplikasi konferensi video premium yang telah dibuat oleh Google yang dapat diakses menggunakan ponsel dan laptop. Kapasitas pengguna dalam konferensi tersebut mampu menampung hingga 250 Peserta secara bersamaan dalam satu layar grid.

Google Meet memudahkan seseorang membuat tautan untuk dibagikan dengan orang lain guna bergabung ke rapat virtual. Yang terpenting adalah mereka berada dalam jaringan koneksi internet yang stabil.

Awalnya bernama Google hang out, sekarang berubah menjadi Google Meet.

Siapapun Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi Google Meet melalui PC, laptop atau mengaksesnya dengan smartphone Anda dengan dua jenis layanan, gratis dan premium.

Untuk berlangganan layanan Google Meet, Anda dapat menggunakan jenis paket yang ditawarkan oleh Google yaitu paket 100 peserta dengan biaya $6 per bulan, sedangkan paket 120 peserta hanya $12 per bulan, dan paket 250 peserta kemasan. $25 per bulan.

Cara Menggunakan Google Meet.

Seperti yang saya katakan di atas, Anda dapat menggunakan Google Meet melalui laptop atau smartphone. Ya prinsipnya sama, bedanya di komputer tidak perlu install aplikasi Google Meet, sedangkan jika menggunakan perangkat mobile bisa download aplikasi Google Meet terlebih dahulu.

Persiapan lainnya adalah cukup dengan akun email, jadi jika anda belum memilikinya maka anda bisa membuat gmail baru di hp anda atau menggunakan pc.

Sedangkan untuk memulai atau menjadwalkan video meeting online menggunakan Google Meet, Anda juga bisa langsung mengakses situs Google Meet, Kalender Google, Google Duo atau sistem penjadwalan lainnya

Cara menggunakan Google Meet di ponsel Android

  1. Unduh aplikasi Meet melalui Play Store.
  2. Unduh dan instal aplikasi Google Meet seperti biasa
  3. Selanjutnya di perangkat, Buka dengan mengetuk aplikasi Google Meet Meet yang sudah terpasang.
  4. Sinkronkan panggilan agar Anda dapat memulai panggilan video dengan perangkat lain.
  5. Kemudian pertemuan dimulai.

Mulai Rapat:

Pilih Aplikasi Google Meet lalu Ketuk rapat baru.

Lanjutkan dengan Pilih salah satu opsi yang tersedia di atas.

# Dapatkan tautan rapat untuk dibagikan.

Yaitu untuk membuat link Google Meet yang bisa dibagikan kepada pengguna lain untuk bergabung. Anda juga dapat menentukan bagikan sekarang atau nanti.

Proses mengundang orang lain untuk bergabung dengan google Meet, ketuk bagikan undangan. Sedangkan untuk bergabung, cukup salin kodenya dan masuk ke kolom “join using code”.

# Mulai Opsi RapatInstan adalah opsi untuk membuat rapat online yang dapat Anda ikuti sekarang

#Jadwal Kalender di Google Kalender adalah opsi penjadwalan rapat untuk dialihkan ke kalender Google. Anda dapat menambahkan acara di kalender lalu > Tambah Acara > Selesai dan Simpan.

Cara menggunakan rapat video dari Meet Google di Komputer

Seperti yang saya katakan di atas, bahwa penggunaannya sama mudahnya. Anda hanya membutuhkan browser tanpa harus menginstal aplikasi Meet Google.

1. Buka Pertama Buka halaman Google Meet.

2. Selanjutnya Klik opsi Rapat Baru.

3. Kemudian tentukan opsi rapat yang akan Anda lakukan.

  • Buat meeting untuk nanti maksudnya agar bisa membuat setting detail meeting, buat link meet google yang akan di share ke peserta. Saat Anda akan segera memulai rapat, tempel tautan tautan google meet ke browser Anda dan masukkan atau masukkan kode tautan undangan lalu klik bergabung.
  • Sama seperti menggunakan ponsel, Anda juga dapat membuat opsi “Mulai rapat instan” yang dapat langsung diikuti oleh peserta.
  • Buat rapat terjadwal, sama seperti penjelasan di atas menggunakan ponsel.

Buat rapat video Google Meet dari Gmail

Pastikan sebelum memulai rapat video dari Gmail, Anda harus mengaktifkan Meet di Gmail. Selain itu Anda juga harus memberikan izin untuk mengakses mikrofon dan Kamera.

  • Silahkan Buka Gmail seperti biasa.
  • Kemudian Pada bagian Meet silahkan tap pada opsi New meeting.
  • Klik Kirim undangan jika Anda ingin membuat tautan Google Meet dan mengirimkannya melalui email.
  • Saat hendak Menyalin Detail Undangan, Ketuk opsi “Salin Undangan Rapat”.
  • Dan Ketika Akan Mengirim email undangan, ketuk opsi “Bagikan Via Email”
  • Saat Anda siap untuk bergabung ke rapat, Klik Gabung Sekarang.

Kesimpulan

Google Meet dirancang untuk konferensi video dan dapat digunakan melalui ponsel Android dan komputer, yang dapat digunakan dalam satu pertemuan hingga 250 peserta. Anda bisa menggunakannya secara gratis atau berlangganan dengan harga yang relatif murah setiap bulannya.

sumber artikel: www.imeandroid.com

Dapatkan update berita seputar teknologi, Aplikasi, Tutorial setiap hari dari pikiranwarga.com.


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *