<

Cara Cek IMEI Samsung

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Cek IMEI Samsung, Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Beberapa tahun terakhir, pemerintah memperketat jalur masuk barang impor.

Termasuk smartphonedimana setiap produk akan diberikan IMEI yang berfungsi sebagai identitas untuk menunjukkan bahwa produk tersebut legal.

Nomor IMEI juga bisa digunakan untuk mengecek apakah produk tersebut asli atau palsu. Seperti ponsel Samsung yang saat ini sudah banyak replikanya. Anda bisa membaca informasi cara cek hp samsung.

Jadi, penting bagi Anda untuk mengetahui cara memeriksa IMEI Samsung untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

fungsi IMEI

Selain dua poin yang disebutkan di atas, nomor IMEI juga berfungsi untuk mengecek informasi terkait HP Samsung yang Anda gunakan, mulai dari model, nomor seri, tahun pembuatan dan lain sebagainya.

Operator seluler juga menggunakan nomor IMEI untuk memblokir layanan yang diberikan.

Betul, wacananya, ponsel Samsung dengan IMEI ilegal akan diblokir di Indonesia.

Dengan demikian, pemilik HP tidak dapat mengakses internet, menggunakan layanan telepon dan SMS menggunakan perangkat ini.

Fungsi lain dari kode IMEI pada suatu produk adalah untuk melacak keberadaan perangkat tersebut.

Cara Cek IMEI Samsung

Ada beberapa cara cek IMEI Samsung yang bisa kamu coba. Tidak perlu khawatir, karena cara-cara berikut ini bisa dilakukan dengan mudah, bahkan untuk orang yanggaptek” meskipun.

Cek IMEI Samsung Menggunakan Kode

Cara paling mudah yang bisa kamu coba untuk mengetahui nomor IMEI HP Samsung adalah dengan menggunakan kode khusus.

Setelah mengakses kode, nomor IMEI ponsel akan ditampilkan nanti.

Untuk pengguna HP Samsung dual sim, informasi nomor IMEI yang ditampilkan juga akan berbeda. Berikut panduan cek IMEI HP Samsung menggunakan kode rahasia:

  • Buka menu Panggilan di perangkat Anda
  • Kode tekan *#06#
  • Kemudian tekan tombol panggilan
  • Dalam beberapa detik, informasi nomor IMEI ponsel Anda akan ditampilkan.

Selain bisa di coba di smart phone alias smartphone Samsung, cara di atas juga bisa kamu terapkan ke semua tipe hp yang diproduksi oleh brand asal Korea Selatan ini.

Cara kedua juga sangat mudah. Anda tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga atau jaringan internet untuk mencoba cara ini.

Ikuti panduan lengkapnya di bawah ini:

  • Pertama, buka menu Pengaturan di ponsel Android Samsung Anda
  • Menggulir turun sampai Anda menemukan menu Tentang telepon
  • Pencarian berikutnya Kode IMEI
  • Nomor IMEI ponsel Anda akan otomatis muncul di layar smartphone.

Untuk seri ponsel yang menyediakan dual sim, nomor IMEI yang ditampilkan juga akan berbeda.

Nah, jika kamu kesulitan menemukan menu About Phone dan IMEI Code, kamu bisa menggunakan kolom Cari pada menu Pengaturan. Selanjutnya ketik Tentang Telepon dan klik.

Periksa Samsung IMEI di belakang baterai

Jika dua metode sebelumnya tidak mengharuskan Anda untuk membongkar perangkat, kali ini Anda harus melepas baterai untuk sementara. Pasalnya, di bagian belakang baterai Samsung juga terdapat nomor IMEI.

Sayangnya, saat ini kebanyakan smartphone Samsung sudah menggunakan baterai built-in. Akibatnya, Anda tidak dapat melepas baterai.

Namun, kabar baiknya, kode IMEI biasanya akan tetap ditampilkan, sehingga dapat dilihat dengan jelas oleh pengguna.

Cara Cek IMEI Samsung via Dusbook

Memiliki smartphone baru dan masih ada boxnyamiliknya? Anda dapat memanfaatkan perangkat seluler baru ini untuk memeriksa kode IMEI ponsel.

Betul, di kotaknya biasanya tertera kode IMEI produk. Kode biasanya akan dicantumkan di bagian belakang atau bawah kotak lengkap dengan kode produksi dan negara pembuatnya.

Cek Keaslian IMEI Samsung Via imei.info

Setelah mendapatkan kode IMEI di ponsel Anda, lalu periksa kodenya melalui platform memeriksa IMEI, imei.info.

Situs ini akan menunjukkan kepada Anda apakah ponsel Anda adalah produk asli atau palsu. Selain itu, informasi ponsel juga akan ditampilkan secara lengkap di situs ini.

Di bawah ini adalah panduan untuk memeriksa IMEI Samsung melalui imei.info.

  • Buka aplikasi browser di smartphone Samsung Anda, lalu akses situs http://www.imei.info.
  • Jika Anda sudah berada di halaman utama, ketik nomor IMEI telepon Anda di kolom yang tersedia.
  • Pastikan nomor IMEI yang Anda masukkan sudah benar, lalu isikan captcha dan klik tombol Memeriksa.
  • Tunggu beberapa saat, maka informasi nomor IMEI yang menunjukkan model, tahun rilis, perusahaan manufaktur dan spesifikasi perangkat keras akan muncul di layar ponsel Anda.

Lalu bagaimana jika nomor IMEI ponsel Anda tidak tercantum atau menunjukkan perbedaan di situs info imei? Jika ini terjadi, Anda bisa yakin jika ponsel Anda adalah ponsel yang berasal dari pasar gelap alias ilegal.

Waspadai Ponsel Samsung dengan IMEI Palsu

Bila Anda hanya mengandalkan IMEI yang tertera pada dus, sebaiknya perhatikan dan periksa kembali keaslian produk yang Anda gunakan. Mengingat saat ini beredar jutaan produk replika Samsung dengan IMEI ilegal.

Dalam kasus lapangan, kode IMEI yang tercantum pada kotak seringkali berbeda dengan IMEI perangkat.

Perbedaan ini menunjukkan jika produk yang Anda miliki adalah palsu. Pasalnya, Hp Samsung asli pasti akan mencantumkan kode IMEI yang sama di box maupun di devicenya.

Yang pasti, sebaiknya gunakan layanan cek IMEI dari pemerintah Indonesia. Yaitu melalui situs https://imei.kemenperin.go.id/.

Situs ini akan memberikan informasi apakah nomor IMEI resmi terdaftar atau tidak.

Jika setelah dilakukan pengecekan nomor IMEI terdapat keterangan “IMEI terdaftar di database Kementerian Perindustrian”, maka IMEI tersebut memang asli dan legal.

Bagaimana, ada kesulitan untuk mengecek nomor IMEI HP Samsung? Anda bisa mencoba salah satu atau keempat cara di atas untuk mendapatkan informasi kode IMEI yang valid.

Selanjutnya jangan lupa cek via imei.info untuk memastikan IMEI ponsel kamu legal dan aman dari segala bentuk pemblokiran jaringan.

 

sumber artikel: windroid.id

Dapatkan update berita seputar teknologi, Aplikasi, Tutorial setiap hari dari pikiranwarga.com.