Langkah Perbaiki Layar Sentuh HP Android Tak Berfungsi Sebagian

Langkah Perbaiki Layar Sentuh HP Android Tak Berfungsi Sebagian

kalian lagi membaca tulisan mengenai Langkah Perbaiki Layar Sentuh HP Android Tak Berfungsi Sebagian, Pikiranwarga telah menunjuk sumber tulisan yang juga dapat dipercaya, Simak kabar secara detail.

Langkah Perbaiki Layar Sentuh HP Android Tak Memiliki fungsi Sebagian – Touchscreen sebagai suatu fitur-fitur yang wajib ada di smartphone & memiliki fungsi untuk memudahkan pada mengerjakan navigasi di suatu hape cukup dengan sentuhan jari saja. Dengan adanya fitur-fitur Touchscreen ini begitu menolong & memudahkan Anda untuk mengakses menu / fitur-fitur / pilihan yang ada pada suatu smartphone.

Namun kadang ada masanya fitur-fitur monitor sentuh ini alami error atau kerusakan seperti monitor ponsel jadi berwarna kuning atau memudar atau terlihat garis-garis, & yang kerap dialami oleh para pemakai smartphone Android ialah touchscreen handphone tak memiliki fungsi sebagian saat disentuh. Monitor disentuh disebelah kanan baik-baik saja namun dibagian kiri bermasalah sebab tak respon.

Kemacetan Layar sentuh handphone saat disentuh ini kadang membuat Anda merasa kesal sebab mau membuka suatu ini itu namun tak bisa dapat berjalan & memiliki fungsi sebagaimana mestinya akibatnya kesibukan Anda dengan media hape jadi terganggu. Tentunya Anda mau punya solusi touchscreen error di ponsel Android supaya memiliki fungsi normal lagi seperti sediakala.

Ada banyak penyebab touchscreen Android kalian bermasalah sehingga tak juga dapat disentuh sebagian & penyebab yang seringkali dialami ialah sebab pernah terjatuh atau pemakaian monitor handphone secara berlebihan sehingga sensitivitas monitor jadi menurun. Ini kerap kali dialami para gamers yang secara tak sadar selalu menekan-nekan monitor hape terus-menerus berjam-jam akhirnya terjadilah error semacam ini.

Oleh jadi di peluang yang baik ini kami juga menjelaskan mengenai panduan bagaimana langkah-langkah untuk menangani touchscreen HP rrror, macet & tak merespon sebagian di handphone Samsung, Realme, Sony, Xiaomi, OPPO, Vivo, ASUS, Lenovo dibawah ini.

Penyebab Layar Sentuh HP Tak Memiliki fungsi Sebagian

Pemakaian Charger Beda Merk

Saat ngecas hape lihat dahulu spek chargernya apakah sudah cocok dengan tegangan & arusnya. Kalau kalian suka ngecas ponsel namun dengan charger KW atau beda merk atau beda spek maka itu menjadi penyebab touchscreen handphone Android tak memiliki fungsi sebagian.

Daya simpan RAM Yang Full

Pemakaian memory RAM yang berlebihan akibat menjalankan banyak aplikasi terbilang yang berjalan dibackground juga dapat menyebabkan touchscreen ponsel kalian macet. Lebih bagus uninstall aplikasi yang tak digunakan atau jarang digunakan supaya RAM bisa dapat bernafas lega sehingga perform handphone bertambah tajam.

Terdapatnya Bugs di Piranti Lunak di Smartphone Android

Bug di aplikasi yang terpasang di handphone kalian bisa dapat menyebabkan error salah satunya monitor handphone jadi error. Oleh karenanya kerjakan update kalau ada version terbaru untuk memperbaiki bugs yang ada di aplikasi itu.

Ponsel Android kalian Terjatuh Di Tempat Yang Keras

Apabila hape terjatuh ditempat empuk seperti sofa atau tempat tidur sih tak juga terjadi permasalahan yang bisa jadi namun beda cerita kalau terjatuh dipermukaan yang keras seperti lantai keramik, aspal, batu, dll ini terang bisa dapat menyebabkan monitor sentuk retak apalagi kalau tak menggunakan pelindung maka akibatnya touchscreen smartphone tak respon dengan sentuhan.

Smartphone Kemasukan Air

Hape yang kemasukan air apalagi keadaan hidup maka mempunyai potensi terjadinya korsleting. Apabila terkena komponen lLayar ponsel maka bisa dapat menyebabkan monitor sentuh error. Bila terkena komponen lain maka komponen itu juga juga alami kerusaskan maka air ialah rival inti barang elektronik sebab jika bersetuhan dengan air & keadaan nyala maka juga dapat berakibat begitu fatal.

Monitor Sentuh Ponsel Keretakan

Keretakan monitor handphone bisa dapat diakibatkan sebab terjatuh atau bisa dapat juga tertekan sesuatu yang berat sehingga monitor tak mampu untuk meredam beban itu & akibatnya monitor bisa dapat bergerak sendiri, aplikasi tak respons saat disentuh dan lain-lain.

Langkah Memperbaiki Touchscreen Android Rusak Sebagian ( Dead Spot )

1. Ganti Resolusi Layar HP

Langkah perbaiki Layar sentuh handphone android tak memiliki fungsi sebagian ialah dengan menukar resolusi monitor ponsel kalian. Dengan mengubah monitor yang digunakan ke resolusi yang lebih kecil diinginkan bisa dapat menangani permasalahan yang kalian hadapi ini.

Dibawah ini langkah-langkahnya:

  • Trik pertama ambil handphone Android kalian & bergabung ke menu Settings atau Menu setting.
  • Cari & click menu Mengenai Ponsel.
  • Tap Nomor Bentukan sejumlah kali.
  • Click tombol back lalu click Pilihan Pengembang.
  • Temukanlah pilihan Smallest Width (Lebar Terkecil).
  • Nach saatnya kalian menukar kedalam size resolusi Layar yang lebih kecil.
  • Hingga selesai.

2. Bersihkan Pemakaian RAM Smartphone

Pemakaian RAM yang berlebihan bisa dapat berdampak buruk di ponsel salah satunya touchscreen jadi error. Oleh jadi kalian harus segera membersihkan RAM sebagai salah satunya cara menangani Layar sentuh ponsel android macet sebab perform handphone jadi bertambah lagi.

Dibawah ini langkah-langkahnya:

  • Trik pertama ambil ponsel Android kalian lalu bergabung ke menu Settings atau Menu setting.
  • Cari & click menu Mengenai Memory.
  • Silakan cek pemakaian RAM-nya.
  • Kalau rupanya ada permasalahan perihal pemakaian RAM silakan bersihkan saja.
  • Atau untuk mudahnya kalian bisa dapat manfaatkan aplikasi pihak ke-3 seperti cleaner (cleaner RAM), dll.
  • Hingga selesai.

3. Bersihkan Touchscreen Handphone

Layar HP yang kotor yang diakibatkan bermacam kotoran yang menempel seperti debu, minyak, makanan yang lengket, dll begitu berdampak di sensivitas monitor sentuh handphone Android kalian. Hal ini bisa dapat dijelaskan secara ilmiah yaitu kotoran itu juga menghambat atau menjadi penghalang antara monitor sentuh dengan permukaan kulit sehingga tak memiliki fungsi sebagian atau alami error.

Langkah atasi touchscreen handphone android tak bisa dapat disentuh sebagian dengan membersihkan Layar handphone:

  • Ambil tisu atau kain lap yang lembut & tak kasar.
  • Teteskan cairan cleaner atau bisa dapat juga dengan minyak kayu putih atau kalau tak ada bisa dapat dengan air biasa.
  • Gosok perlahan di permukaan monitor sentuh saja secara lembut & menyeluruh.
  • Kerjakan terus sampai bersih lalu lap lagi dengan kain kering sampai betul-betul kering.
  • Silakan kerjakan test monitor sentuhnya.
  • Hingga selesai.

4. Bergabung ke Safe Mode

Safe Mode bisa dapat dijadikan sebagai media pengujian apakah touchscreen yang error itu disebabkan sebab piranti lunak atau akibat dari kerusakan hardware atau piranti keras ponsel. Saat bergabung ke safe mode & Layar sentuh memiliki fungsi normal maka bisa dapat ditegaskan ada aplikasi yang bermasalah namun jika ditest touchscreen rupanya bermasalah maka permasalahan ada di piranti kerasnya, inilah cara perbaiki Layar sentuh handphone tak memiliki fungsi sebagian dengan mudah.

Dibawah ini langkah-langkahnya:

  • Aktivasi pilihan pengembang / developer options.
  • Pencet tombol Power selanjutnya pilihlah pilihan Reboot.
  • Nach Hape kalian juga bergabung ke menu safe mode.
  • Kerjakan pengujian dengan menyentuh touchscreen apakah juga dapat berjalan normal atau tak.
  • Finish.

5. Restart Handphone Android kalian

Dengan mengerjakan restart handphone maka kalian juga merefresh handphone kalian kedalam keadaan normal kembali hal ini baik dijalankan saat ponsel kalian alami crash, ngehang, macet, dll sebab kemungkinan ada metode yang bentrok atau error & inilah sebagai cara menangani touchscreen handphone tak merespon sebagian yang cukup efektif dan efisien dijalankan.

Buat menyalakan ulang handphone lumayan mudah langkahnya yaitu kalian pencet & tahan tombol power hape selanjutnya juga terlihat pilihan Energi Mati, Muat Ulang, & Mode Darurat. Nach tugas kalian menunjuk pilihan Muat Ulang, biarkan handphone mengerjakan proses restart sampai 100%. Kerjakan test touchscreen Layar hape kalian.

6. Lepas SIM Card & SD Card kalian

Solusi Layar sentuh android tak bisa dapat disentuh sebagian yang yang lain ialah dengan mencopot memory eksternal seperti SD Card & SIM Card dari hape lalu mencolokan kembali ketempat semula.

Kerusakan SIM Card atau memory eksternal bisa dapat jadi penyebab Layar ponsel tak memiliki fungsi dengan normal maka kalian butuh mengerjakan langkah dibawah ini:

  • Matikan handphone kalian terlebih dahulu.
  • Lalu lepas kartu SIM kalian & juga lepaskan SD Card dari tempatnya.
  • Selanjutnya kalian hidupkan kembali smartphone Android milik kalian dengan penempatan ke-2 kartu itu yang tak terpasang.
  • Hingga selesai.

7. Kalibrasi Touchscreen Android

Error yang terjadi di touchscreen seperti meleset ataupun tak respon sentuhan bisa dapat ditangani dengan mengerjakan tindakan kalibrasi. Kalibrasi yang juga Anda kerjakan ini memiliki fungsi untuk menemukan letak error & juga juga dapat memperbaiki monitor sentuh handphone yang tak memiliki fungsi sebagian di handphone Android.

kalian juga merasa beruntung kalau hape kalian telah memberi fitur-fitur kalibrasi ini namun jika tak ada fitur-fitur itu jangan bersedih & galau sebab kalian juga dapat manfaatkan aplikasi tambahan yang bisa dapat diinstall di hape kalian.

Begini langkah-langkahnya:

  • Ambil smartphone Android kalian.
  • Pilihlah salah satunya aplikasi diatas.
  • Unduh & install aplikasi pilihan kalian.
  • Jalankan aplikasi pilihan kalian itu.
  • Terapkan instruksinya secara baik sampai hingga selesai.
  • Finish.

8. Keringkan Piranti Smartphone kalian

Keadaan piranti handphone yang lembab atau basah bisa dapat menyebabkan Layar tak responsif atau berhenti bekerja alias macet & ini tentunya membuat Anda jengkel sebab keadaan ini begitu menganggu sebab Anda tak juga dapat mengerjakan kegiatan apa-apa lewat ponsel Anda. Sebagai solusi supaya Layar handphone kembali normal kalian bisa dapat mengeringkan fisik ponsel kalian dengan cara mengangin-anginkan handphone ditempat terbuka & kering atau gunakan kipas angin & biarkan sepanjang sejumlah jam sampai betul-betul kering. Usahakan jangan sampai menyentuh handphone sampai betul-betul kering.

9. Menekan Sudut Ponsel kalian

Saat habis terjatuh biasanya secara fisik handphone alami gegar komponen yaitu terjadinya pelonggaran material. Nach cara memperbaiki Layar sentuh handphone tak memiliki fungsi ialah dengan menekan tiap sudut ponsel kalian namun jangan keras-keras yang berfaedah untuk merapatkan antar material atau spare part ponsel.

10. Uninstall Aplikasi Yang Tak Digunakan

Mengerjakan uninstall aplikasi yang tak digunakan atau jarang digunakan ialah cara menangani Layar sentuh handphone tak bisa dapat disentuh sebagian yang bisa dapat kalian kerjakan. Kenapa? Sebab aplikasi yang bejibun apalagi yang berjalan dibackground juga memakan sumber energi hape terbilang RAM sehingga menjadi penuh.

Perihal inilah yang menjadi penyebab monitor sentuh error. Makanya kalian harus segera mengerjakan penghapusan sejumlah aplikasi yang tak berguna atau terpakai pada keseharian kalian supaya memberi ruangan bagi memory sehingga kinerjanya bertambah lagi sehingga monitor sentuh jadi responsif.

11. Gunakan Charger ORI

Langkah menangani touchscreen handphone error yang terakhir ialah pastikan kalian memakai piranti charger yang orisinil bukan KW atau charger merk handphone lain. Dengan menggunakan charger asli maka ditegaskan voltase pengisi energi serta rating ampere juga sama sehingga tak berdampak buruk, nach kalau berbeda maka juga berdampak buruk pada jangka panjangnya & itu menjadi penyebab gangguan di Layar sentuh.

Demikianlah tulisan saya mengenai Langkah Perbaiki Layar Sentuh HP Android Tak Berfungsi Sebagian terbaru 2022, mudah-mudahan dengan mempraktekan metode yang saya paparkan touchscreen ponsel kalian kembali normal & memiliki fungsi seperti sediakala sehingga kalian bisa dapat ceria lagi.

 

sumber tulisan: www.pas.id

Dapatkan update berita tentang teknologi modern, Aplikasi, Tutorial sehari-hari dari pikiranwarga.com.


Posted

in

, ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *