Cara mengunci Catatan di Mac Anda

Cara mengunci Catatan di Mac Anda

Anda sedang membaca artikel tentang Cara mengunci Catatan di Mac Anda, Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Aplikasi pencatat bawaan Apple adalah cara praktis untuk mencatat ide, tugas, dan informasi lain yang ingin Anda simpan. Jika Anda seperti saya, Anda juga menggunakannya untuk menyimpan data pribadi, seperti kredensial login, kode, kliping web penting, dan akun pribadi.

Karena itu, Anda perlu menambahkan lapisan perlindungan ke Catatan Anda. Meskipun Anda tidak dapat mengunci app di Mac tanpa bantuan alat pihak ketiga, Anda dapat membuat kata sandi atau menggunakan Touch ID untuk mengunci catatan Anda guna memastikan bahwa tidak ada orang lain yang dapat mengaksesnya.

Penting: Anda dapat mengunci catatan Anda di Mac baik Anda menyimpannya di iCloud atau tidak. Tapi ada syaratnya:

  • Jika Anda menyimpan catatan di iCloud dan sinkronisasi diaktifkan, pastikan catatan iCloud diperbarui. Saat pembaruan diperlukan, Anda biasanya akan melihat tombol Tingkatkan di samping iCloud di bilah sisi Catatan.
  • Jika Anda menyimpan catatan di Macyaitu, semua catatan disimpan hanya di Mac, dan sinkronisasi iCloud dimatikan.

Namun, fitur ini tidak akan tersedia jika Anda menyinkronkan akun Notes Anda ke layanan email pihak ketiga seperti Gmail atau Yahoo.

Cara mengatur kata sandi untuk mengunci Catatan Anda

Di Mac, Anda dapat mengatur kata sandi yang dapat digunakan untuk mengunci dan membuka kunci catatan apa pun. Selain menggunakan kata sandi, Anda juga dapat memilih untuk membuka kunci catatan Anda menggunakan:

  • Touch ID di Mac atau Magic Keyboard Anda
  • Apple Watch Anda

Untuk menyetel kata sandi di aplikasi Notes Anda:

  1. Buka Catatan aplikasi → menuju ke bilah menu → klik CatatanPreferensi.
  2. Pilih akun di samping Catatan terkunci jika Anda memiliki banyak akun.
  3. Masukkan kata sandi di bidang kata sandi. Masukkan lagi di Memeriksa bidang. Anda mungkin ingin menambahkan petunjuk untuk membantu Anda mengingat kata sandi Anda. Petunjuk akan muncul setelah Anda menggunakan kata sandi yang salah dua kali.
  4. Klik Setel Kata Sandi.

Anda juga dapat mencentang Gunakan ID Sentuh untuk menggunakan sidik jari Anda untuk membuka kunci catatan Anda. Jika Anda memilih ini, sebuah prompt akan muncul, menanyakan kata sandi catatan Anda.

Setelah diaktifkan, Anda akan diminta untuk menggunakan Touch ID untuk membuka kunci catatan Anda di masa mendatang. Anda selalu dapat mengklik Gunakan Kata Sandi dan ketik kata sandi Anda alih-alih menggunakan sidik jari Anda.

Cara mengunci catatan di Mac

Sekarang setelah Anda mengatur kata sandi untuk catatan Anda, Anda dapat mulai menguncinya.

  1. Membuka Catatan → pilih catatan yang ingin Anda kunci.
  2. Klik Tombol kunci → pilih Kunci Catatan. Masukkan kata sandi Anda, gunakan Touch ID Anda, atau gunakan Apple Watch untuk mengunci catatan Anda.

Atau, Anda dapat mengontrol-klik catatan → pilih Kunci Catatan dari menu kontekstual.

Catatan terkunci akan memiliki ikon terkunci di sebelah catatan. Sementara itu, catatan kunci yang tidak terkunci akan memiliki ikon kunci yang tidak terkunci dan kata yang tidak terkunci di sebelahnya.

Mengklik catatan terkunci akan memberi Anda Catatan ini terkunci pesan diikuti oleh prompt yang meminta Anda untuk memasukkan kata sandi Anda. Untuk membuka catatan yang terkunci, cukup masukkan kata sandi Anda, berikan Touch ID Anda, atau dekatkan Apple Watch Anda ke Mac.

Setelah Anda memasukkan kata sandi, semua catatan terkunci lainnya akan dibuka agar mudah dilihat dan diedit. Catatan tidak akan meminta Anda untuk memasukkan kembali kata sandi kecuali catatan terkunci karena tidak aktif.

Catatan: Anda tidak akan dapat melihat catatan jika lupa kata sandi dan gagal menggunakan Touch ID atau Apple Watch. Apple tidak akan dapat membantu Anda mendapatkan kembali akses ke catatan Anda yang terkunci.

Ubah kata sandi Catatan Anda di Mac

Anda dapat mengubah kata sandi Catatan Mac Anda kapan saja. Ini mungkin terjadi jika Anda membagikan kata sandi Notes lama Anda dengan seseorang dan tidak lagi ingin memberi mereka akses ke Notes Anda.

Untuk melakukannya:

  1. Membuka Catatan → Preferensi.
  2. Di bagian bawah jendela, klik Ganti kata sandi. Anda akan diminta untuk memasukkan sandi lama, sandi baru, dan verifikasi sandi baru.

Cara mengatur ulang kata sandi Catatan Anda

Apple hanya merekomendasikan mengatur ulang kata sandi Anda jika Anda lupa kata sandi Anda saat ini tetapi masih ingin melindungi catatan Anda di masa mendatang dengan kata sandi.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun Anda dapat mengatur ulang dan membuat kata sandi baru, ini hanya memungkinkan Anda melindungi catatan baru yang ingin Anda kunci dengan kata sandi dan tidak berlaku untuk catatan yang dikunci menggunakan kata sandi lama. Ini berarti bahwa catatan yang sudah dikunci akan tetap dilindungi dengan kata sandi lama Anda, dan Anda tetap tidak dapat mengaksesnya.

Saya sarankan Anda mengubah kata sandi Anda alih-alih mengatur ulang jika Anda tahu kata sandi Anda saat ini. Menyetel ulang kata sandi Anda hanya akan mengakibatkan Anda harus mengelola banyak kata sandi, yang dapat membingungkan dan membuat frustrasi.

Untuk mengatur ulang kata sandi Anda:

  1. Buka Catatan aplikasi → Preferensi.
  2. Klik Setel Ulang Kata Sandi. Anda akan diminta untuk memberikan kata sandi akun iCloud Anda untuk melanjutkan.
  3. Sebuah prompt akan muncul mengkonfirmasi keinginan Anda untuk mengatur ulang kata sandi Anda. Klik Oke.

Tutup catatan terkunci dengan cepat di Mac

Jika Anda ingin segera menyembunyikan konten catatan terkunci—termasuk pratinjau catatan terkunci lainnya di bar samping—Anda dapat menutup semua catatan terkunci.

Ini bisa bermanfaat ketika ada mata yang mengintip di dekatnya, dan Anda ingin mencegah mereka melihat catatan Anda.

Untuk melakukan ini, pilih catatan terkunci → klik Tombol kunci → pilih Tutup Semua Catatan Terkunci. Bahkan jika Anda tidak melakukan ini, catatan Anda akan ditutup secara otomatis setelah beberapa waktu karena tidak ada aktivitas. Catatan juga akan mengunci catatan Anda setelah Anda keluar dari aplikasi.

Peringatan: Catatan Anda yang terkunci akan tetap tidak terkunci jika Anda menutup aplikasi Notes, bukan menutupnya.

Cara melepas kunci

Anda dapat dengan mudah melepas kunci pada catatan Anda jika Anda memutuskan bahwa konten catatan Anda tidak lagi membutuhkan perlindungan. Untuk menghapus kunci, pilih catatan → klik ikon kunci → pilih Hapus kunci. Anda mungkin diminta untuk memasukkan kata sandi jika Anda mencoba membuka kunci catatan yang saat ini dikunci.

Mengapa saya tidak bisa mengunci catatan saya di Mac?

Notes adalah alat yang cukup luar biasa yang menawarkan berbagai macam fitur. Namun, menggunakan beberapa fitur ini pada catatan Anda dapat membatasi Anda untuk menguncinya. Catatan yang tidak dapat Anda kunci meliputi:

  • Catatan cepat
  • Catatan yang berisi video, file audio, PDF, atau dokumen terlampir
  • Catatan bersama
  • Catatan dengan tag
  • Catatan dari akun iCloud yang belum ditingkatkan

Berbicara tentang fitur, kami telah menguraikan beberapa tip untuk membantu Anda menggunakan Notes di Mac dengan lebih mahir.

FAQ

T. Dapatkah saya mengunci seluruh aplikasi Notes saya?

A. Apple tidak menawarkan fitur ini, tetapi Anda dapat mengatur kata sandi dan mengunci semua catatan Anda di dalam aplikasi. Khususnya, Anda tidak akan dapat mengunci semua catatan Anda sekaligus; itu harus dilakukan satu catatan pada satu waktu.

Meskipun Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mengunci dan membatasi akses ke aplikasi di iPhone Anda.

T. Bagaimana cara menyembunyikan Catatan di Apple?

Tidak ada opsi untuk menyembunyikan catatan di dalam aplikasi. Anda hanya dapat menguncinya untuk mencegah orang lain melihat isinya.

Apakah rahasia Anda aman?

Mencatat dan menyimpan ide dan informasi yang relevan dalam jangkauan jauh lebih mudah dengan Notes. Namun, Anda tidak ingin tambang emas ini berada di perangkat Anda tanpa perlindungan.

Baik itu berisi detail akun dan login atau jurnal pribadi Anda, menjaganya agar tetap terkunci dan aman dari pengintaian harus menjadi prioritas Anda. Apakah Anda menyimpan catatan Anda terkunci? Bagikan pemikiran Anda di bawah ini.

 

sumber artikel: www.igeeksblog.com

Dapatkan update berita seputar teknologi, Aplikasi, Tutorial setiap hari dari pikiranwarga.com.


Posted

in

, , ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *