Cara Mematikan Talkback di Vivo dan Hp Lain

Cara Mematikan Talkback di Vivo dan Hp Lain

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Mematikan Talkback di Vivo dan Hp Lain, Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Terkadang pengguna Android secara tidak sengaja mengaktifkan fitur Talkback sehingga beberapa pengguna cukup terganggu oleh suara aktif dan pengaturan navigasi fitur komentar balik. Lalu, adakah cara mematikan talkback di HP Vivo atau HP tipe lain? lihat jawaban lengkapnya di sini.

Fitur Talkback

Cara Mematikan Talkback di Vivo dan Hp Lain
Cara Mematikan Talkback di Vivo dan Hp Lain

Pada beberapa smartphone, terutama rilis terbaru, perusahaan menyematkan fitur Talkback di perangkat seluler. Fitur talkback ini sengaja dirilis di Android untuk membantu pengguna yang memiliki masalah penglihatan.

Fitur komentar balik ini berfungsi sebagai Pembaca layar yang memberikan notifikasi dan masukan lisan kepada pengguna. Dengan kata lain, fitur ini memungkinkan pengguna mendengar informasi dari apa yang disentuh di layar sehingga tetap bisa mengoperasikan ponsel meski memiliki keterbatasan penglihatan.

Mungkin fitur ini akan sangat membantu bagi yang membutuhkan. Namun bagi pengguna biasa yang tidak mengalami gangguan penglihatan akan terganggu karena fitur ini akan memberikan beberapa tahapan bagi pengguna yang ingin mengklik menu, serta suara bising.

Nah, talkback akan menyulitkan pengguna biasa karena setiap sentuhan untuk masuk ke menu atau aplikasi, layar akan menyorotnya dengan bingkai hijau terlebih dahulu dengan keterangan suara, lalu pengguna akan bisa memilihnya dengan double tap .

Alih-alih dapat menggulir dengan cepat dengan satu jari, pengguna tidak dapat menggulir / menggulir layar ke atas atau ke bawah dengan cara biasa. Melakukan menggulirpengguna harus menggunakan dua jari untuk melakukannya.

Cara mematikan Talkback di ponsel Android

Fitur talkback memang merupakan fitur yang bermanfaat bagi sebagian pengguna. Tentunya fitur talkback yang disematkan pada beberapa versi Android dapat diakses dan dimatikan (dikontrol penuh) oleh setiap pengguna di setiap perangkat yang mendukungnya.

Biasanya untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur talkback, pengguna dapat menggunakan beberapa shortcut, seperti melalui shortcut tombol volume, atau melalui fitur Google. Asisten. Nah, dua cara menghilangkan talkback di hp vivo dan hp android lainnya bisa kamu ikuti disini :

Melalui Pintasan Volume

Nah cara mematikan vivo talkback atau hp lainnya bisa menggunakan shortcut ini saat pertama kali mengaktifkan dan menyiapkan perangkat atau setelah perangkat disiapkan.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, silakan lihat di bagian samping perangkat, dan cari dua tombol volume.
  • Setelah itu, Anda dapat menekan dan menahan tombol volume atas dan bawah selama 3 detik.
  • Nanti akan muncul notifikasi untuk mengonfirmasi penonaktifan fitur Talkback.
  • Nah, untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin menonaktifkan TalkBack, tekan kembali kedua tombol volume selama 3 detik.

Itulah cara mematikan talkback vivo atau hp lainnya dengan shortcut tombol volume. Namun, jika Anda sudah mencoba shortcut tombol volume tetapi talkback tidak dinonaktifkan, berarti Anda belum mengaturnya karena talkback tidak dapat dinonaktifkan melalui volume jika Anda belum mengaktifkan shortcut tersebut.

Melalui Google Asisten

Nah, jika Anda tidak dapat mematikan talkback melalui volume, Anda dapat mencoba menggunakan bantuan asisten Google. Menonaktifkan talkback bisa sangat sederhana, Anda tahu dengan Google Asisten ini.

Untuk cara menonaktifkan callback ponsel vivo dan tipe ponsel Android lainnya, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, Anda dapat mengatakan “Halo Google”.
  • Jika tidak muncul, Anda dapat menekan dan menahan tombol beranda selama beberapa detik.
  • Kemudian Google Asisten akan muncul.
  • Terakhir, cukup ucapkan “Matikan TalkBack” atau “Matikan komentar balik”.
  • Tunggu sampai Google Asisten mengkonfirmasi bahwa fitur talkback pada HP telah dimatikan.

Sangat mudah bukan? silahkan sobat ikuti.

Cara Menonaktifkan Talkback HP Vivo

Jika Anda pengguna Vivo, tetapi cara menonaktifkan talkback vivo y12 atau tipe lain yang dijelaskan di atas tidak berfungsi, Anda dapat menggunakan metode lain.

Cara lain untuk menonaktifkan talkback HP Vivo adalah melalui menu aksesibilitas. Menu ini harus ada di setiap perangkat Android termasuk vivo. Perlu diingat, untuk bernavigasi di layar, Anda harus menggunakan dua jari.

Berikut langkah-langkah cara menonaktifkan talkback yang bisa Anda ikuti:

Cara menonaktifkan talkback ponsel vivo

  1. Buka Menu Pengaturan

    Langkah pertama silahkan sobat masuk ke Pengaturan sampai bingkai hijau disorot. Saat Anda menemukannya, ketuk dua kali untuk membukanya. Jangan lupa gunakan dua jari untuk menavigasi ke Pengaturan.

  2. Pilih Pengaturan Lainnya

    Jika Anda telah masuk pengaturanAnda dapat memilih opsi Pengaturan Lainnya (gunakan metode yang sama untuk mencari dan memilih opsi Lebih banyak pengaturan).

  3. Memilih Aksesibilitas

    Selanjutnya, Anda bisa menggulir turun dengan dua jari dan pilih opsi Aksesibilitas dengan satu ketukan diikuti dengan ketuk dua kali.

  4. Buka Opsi Talkback

    Selanjutnya silahkan cari pilihan Talkback dengan navigasi dua jari, dan masukkan opsi tersebut dengan melakukan satu ketukan lalu ketuk dua kali.

  5. Geser Tombol Beralih

    Jika Anda sudah masuk, hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah mengetuk tombol sakelar atau penggeser di sebelah kanan TalkBack. Ketuk dua kali untuk menonaktifkannya hingga tombol menjadi tidak berwarna.

Itulah cara mematikan aksesibilitas vivo agar talkback mati. Sangat mudah bukan?

Dengan menonaktifkan talkback pada ponsel vivo Anda, ponsel vivo Anda akan kembali ke keadaan semula dan Anda tidak perlu lagi menggunakan navigasi dua jari atau memilih menu dengan sentuhan ganda.

Cara Mengaktifkan Kembali Fitur Talkback

Cara Mematikan Talkback di Vivo dan Hp Lain

Jika anda sudah paham cara menonaktifkan talkback vivo y20 atau vivo jenis lainnya, bagi anda yang ingin mengaktifkan fitur talkback kembali caranya sangat mudah.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pergi ke Pengaturan di HP.
  2. Kemudian gulir ke bawah dan pilih bagian Lebih banyak pengaturan.
  3. Setelah itu, cari dan pilih menu Aksesibilitas.
  4. lalu cari opsi Bicara Balik di menu Aksesibilitas.
  5. Akhirnya, Anda hanya perlu mengaktifkannya tombol sakelar terkandung di dalamnya sampai menjadi berwarna.

Jika fitur tersebut aktif, Anda dapat mengoperasikan ponsel dengan cara yang sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Ketuk sekali untuk mendapatkan informasi tentang apa yang disentuh, dan ketuk dua kali untuk memilihnya. Dan gunakan dua jari untuk menavigasi.

Mengaktifkan atau menonaktifkan fitur talkback tentu bisa menjadi pilihan bagi setiap pengguna.

Namun perlu diingat, selama talkback masih menyala, sobat tetap menggunakan 2 jari agar layar bisa dinavigasi.

Penutup

Demikian ulasan beberapa cara mematikan talkback dan menghidupkannya kembali yang dapat kami sampaikan. Jika Anda memiliki cara lain, tidak apa-apa Bagikan untuk kita semua di komentar di bawah! Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share!

sumber artikel: www.androidponsel.com

Dapatkan update berita seputar teknologi, hiburan, bisnis, saham setiap hari dari pikiranwarga.com.


Posted

in

, ,

by

Tags: