Cara membuat partisi volume macOS Ventura di Mac Anda

Cara membuat partisi volume macOS Ventura di Mac Anda

Anda sedang membaca artikel tentang Cara membuat partisi volume macOS Ventura di Mac Anda

Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Tutorial ini menunjukkan cara membuat volume terpisah (partisi) di drive internal Mac Anda untuk menginstal macOS Ventura di dalamnya.

Dengan menggunakan metode ini, Anda akan memiliki dua versi macOS di Mac yang sama. Volume pertama akan memiliki macOS yang sedang Anda jalankan (kemungkinan macOS Monterey), dan volume kedua akan memiliki macOS Ventura. Anda akan dapat memulai Mac Anda menjadi salah satunya.

Mengapa membuat volume terpisah untuk macOS Ventura

Mari saya mulai dengan situasi saya. Saat ini, saya memiliki MacBook Pro yang menjalankan macOS Monterey yang saya gunakan untuk menulis artikel iDB dan melakukan pekerjaan penting lainnya.

Karena macOS Ventura masih dalam mode beta pengembang, ia memiliki bug, dan aplikasi mungkin tidak bekerja dengan andal. Plus, untuk memverifikasi beberapa hal untuk posting terkait Mac, saya memerlukan macOS Monterey yang stabil, yang secara resmi tersedia untuk semua orang.

Jadi, alih-alih menginstal macOS Ventura di volume utama MacBook saya dan mengucapkan selamat tinggal pada macOS Monterey, saya telah membuat volume kedua: partisi drive internal Mac saya.

Pada volume utama, saya memiliki macOS Monterey dengan semua file lama saya dan semuanya. Dan pada volume kedua, saya memiliki instalasi baru dari macOS Ventura baru.

Mari saya tunjukkan bagaimana Anda dapat membuat partisi macOS Ventura di Mac Anda dan boot ke dalamnya.

Catatan: Kebanyakan orang akrab dengan dan menggunakan istilah partisi. Jadi, meskipun saya telah menggunakan kata “volume” dan “partisi” secara bergantian dalam artikel ini, pada kenyataannya, keduanya berbeda. kartu as apel, “mempartisi disk membaginya menjadi beberapa bagian yang dikenal sebagai wadah.” Namun, dengan APFS (format sistem file default untuk komputer Mac terbaru), Anda tidak boleh mempartisi disk Anda dalam banyak kasus. Sebagai gantinya, buat beberapa volume APFS dalam satu partisi (karena menawarkan manajemen ruang yang fleksibel).

Perincian langkah-langkah

  1. Buat volume kedua tempat Anda akan menginstal macOS Ventura
  2. Instal macOS Ventura pada volume kedua ini.

Kami juga akan melihat cara mem-boot ke macOS Ventura atau macOS Anda saat ini kapan pun Anda mau.

Cara membuat volume macOS Ventura di Mac

Ikuti langkah-langkah ini untuk menambahkan volume baru untuk menjalankan macOS Ventura di Mac Anda:

1) Membuka Utilitas Disk di Mac Anda yang menjalankan macOS High Sierra atau lebih baru.

2) Dari bilah sisi kiri Utilitas Disk, pilih volume APFS utama Anda; dengan kata lain, drive internal Anda. Seharusnya mengatakan Macintosh HD atau namamu.

3) Klik Sunting dan pilih Tambahkan Volume APFS.

4) Berikan nama apa pun yang Anda inginkan. saya menggunakan macOS Ventura beta.

5) Untuk Format, Anda dapat memilih APFS alih-alih opsi lain.

6) Tip: Volume APFS dapat mengatur ruang, tetapi bagus untuk diklik Pilihan Ukuranberikan minimal Ukuran Cadangan dan Ukuran Kuotadan klik Oke. Saya telah menggunakan ukuran cadangan 30 GB, yang memastikan bahwa 30 GB akan selalu tersedia untuk volume macOS Ventura ini. Dan untuk ukuran kuota, saya sudah masuk 50 GB.

7) Terakhir, klik Menambahkan.

Setelah volume dibuat, klik Selesai.

Selanjutnya, dapatkan macOS Ventura pada volume yang baru dibuat ini.

Cara menginstal macOS Ventura di volume kedua Mac Anda

Pertama, pastikan Mac Anda memenuhi persyaratan untuk menjalankan macOS Ventura.

Pada saat penulisan, macOS Ventura masih dalam versi beta pengembang. Jika tidak dalam versi beta pengembang, Anda dapat mengunduhnya dari Mac App Store seperti yang dapat Anda unduh macOS Monterey, macOS Big Sur, macOS Catalina, macOS Mojaveatau macOS High Sierra (pada Mac yang kompatibel).

Namun saat ini, macOS Ventura hanya tersedia untuk pengembang, jadi masuklah ke developer.apple.com, masuk dengan akun pengembang Anda, dan unduh profil beta pengembang untuk macOS Ventura. Jika Anda tidak memiliki akun pengembang, Anda mungkin dapat menemukan profil beta di situs web pihak ketiga. Namun kami tidak memaafkan situs-situs tersebut.

Setelah profil beta diinstal, itu akan secara otomatis membuka layar Pembaruan Perangkat Lunak di dalam System Preferences. Klik Tingkatkan sekarang dan tunggu file macOS besar selesai diunduh.

Setelah selesai, itu akan secara otomatis membuka penginstal macOS.

Lanjutkan dengan penginstalan, dan pada layar yang mengatakan “macOS 13 beta akan diinstal pada disk,” pilih volume kedua (yang Anda buat sebelumnya). Jika Anda tidak melihatnya, klik Tampilkan Semua Disk.

Setelah memilih volume kedualanjutkan dengan instalasi.

Itu saja. Penginstal akan menginstal macOS Ventura di volume baru Mac Anda. Anda harus me-restart Mac Anda saat diminta.

Setelah itu, Anda akan melihat layar hitam dengan logo Apple dan bilah kemajuan beberapa kali.

Setelah selesai, Anda mendapatkan layar pengaturan macOS Ventura yang indah. Selesaikan ini dan nikmati macOS Ventura baru di Mac yang sama dalam volume berbeda.

Atau, Anda juga dapat mempelajari cara membuat penginstal USB macOS Ventura. Setelah itu, Anda dapat menginstalnya pada volume kedua yang Anda buat di atas.

Penyelesaian masalah

  • Jika penginstal macOS 13 beta tidak terbuka secara otomatis, pastikan Anda mengikuti langkah-langkah di atas (tidak termasuk membuat ulang volume) lagi.
  • Jika Anda tidak melihat volume kedua setelah mengeklik Tampilkan Semua Disk, buka Utilitas Disk, pilih volume kedua dari bilah sisi, dan klik Gunung. Setelah ini, buka penginstal macOS 13 dan mundur satu layar (ke layar Syarat & Ketentuan). Sekarang, maju dan klik Tampilkan Semua Disk untuk melihat volume.

Cara mem-boot Mac Anda di macOS Ventura atau macOS lama

Anda dapat memulai Mac ke salah satu versi macOS yang terinstal di dalamnya.

pertama, matikan Mac Anda dan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Jika Mac Anda memiliki silikon Apple, tekan tombol daya sekali, lalu segera tekan dan tahan hingga Anda melihat Memuat opsi startup di layar. Sekarang, pilih volume dengan macOS atau macOS Ventura lama Anda dan klik Melanjutkan.

Jika Mac Anda memiliki prosesor Intel, ikuti langkah-langkah berikut untuk memilih disk mulai untuk Mac Anda saat boot. Ini sederhana dan melibatkan menekan dan menahan tombol Pilihan tombol segera setelah menekan tombol daya. Setelah itu, pilih volume yang diinginkan dan klik panah atas atau tekan tombol masuk/kembali kunci.

sumber artikel: www.idownloadblog.com

Dapatkan update berita seputar teknologi, hiburan, bisnis, saham setiap hari dari pikiranwarga.com.


by

Tags: