Yuk, Download 15 Aplikasi Edukatif untuk Anak Ini!

Yuk, Download 15 Aplikasi Edukatif untuk Anak Ini!

Anda sedang membaca artikel tentang Yuk, Download 15 Aplikasi Edukatif untuk Anak Ini!
Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Belajar adalah kewajiban bagi setiap orang. Belajar harus kita lakukan sedini mungkin agar kelak kita dapat terbiasa. Termasuk dalam mendidik anak. Kita perlu membiasakan anak-anak untuk belajar sejak dini. Jangan sampai masa kanak-kanak hanya dihabiskan dengan hal-hal yang kurang bermanfaat seperti bermain game online saja.

Untuk itu, sebagai orang tua kita perlu menerapkan kebiasaan belajar yang seru kepada sang buah hati. Hal ini dilakukan agar sang anak dapat tertarik untuk belajar tanpa ada paksaan yang akan membuatnya merasa bosan.

Kemajuan teknologi juga mendorong orangtua untuk dapat lebih pintar memberikan kesempatan belajar yang menyenangkan namun tetap edukatif untuk anak-anak. Saat ini, banyak sekali aplikasi pembelajaran yang menyenangkan dan anti membosankan.

Jadi, bukan hanya main game online saja, sang anak juga bisa belajar sembari bermain, karena aplikasi edukatif tersebut dibuat menyenangkan dan dikhususkan untuk anak-anak. Dijamin, anak-anak akan senang dan ketagihan belajar! Kira-kira aplikasi edukatif untuk anak apa saja yang bisa kita unduh? Yuk, simak pemaparannya!

1. ABC Kids – Tracing & Phonics

ABC Kids - Tracing & Phonics_

Aplikasi edukatif untuk anak ini dirilis oleh RVApps. ABC Kids – Tracing & Phonics akan membantu anak untuk mempelajari huruf dan angka dengan melakukan tracing pada setiap huruf memakai tangan. Anak-anak juga dapat mempelajari huruf besar maupun kecil.

Selain itu, mereka juga bisa belajar untuk membaca dengan mudah dan menyenangkan. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui link berikut.

2. Kota Bayi Panda: Duniaku

Kota Bayi Panda- Duniaku _

Selanjutnya, ada Kota Bayi Panda: Duniaku. Aplikasi edukatif ini menyuguhkan permainan di mana anak-anak dapat belajar untuk menjelajahi Kota Bayi Panda dan membuat kisahnya sendiri.

Anak-anak juga bisa belajar cara berinteraksi dengan mencari teman di open world selama jalannya permainan. Mereka juga bisa mempelajari berbagai profesi, seperti dokter, perawat, pemilik toko roti, dan lain sebagainya. Coba Kota Bayi Panda: Duniaku di sini.

3. Crayola Scribble Scrubbie Pets

Crayola Scribble Scrubbie Pets _

Crayola Scribble Scrubbie Pets akan membawa anak-anak untuk mengerti cara merawat hewan peliharaan.

Ya, di dalam aplikasi ini, anak dapat memelihara hewan-hewan lucu, berinteraksi bersama mereka, serta memberinya makan. Anak-anak pun dapat belajar untuk mewarnai bulu hewan-hewan kesayangannya, lho. Coba aplikasinya dengan mengunduhnya di sini.

4. Lingokids

lingokids_

Aplikasi edukatif satu ini menawarkan aktivitas belajar sambil bermain yang menyenangkan. Anak-anak dapat belajar untuk mengenal bahasa Inggris, mengetahui sejarah, belajar berhitung, dan masih banyak lagi.

Hebatnya lagi, aplikasi satu ini dikurasi oleh dewan pendidik dan juga Oxford University Press. Anak-anak dijamin akan betah untuk belajar banyak hal di aplikasi ini. Ditambah lagi, tampilan grafisnya hadir dengan warna yang beragam dan eye-catchy. Unduh Lingokids melalui tautan ini.

5. Kids Nursery Rhymes Videos

Kids Nursery Rhymes Videos _

Kids Nursery Rhymes Videos adalah aplikasi edukatif untuk anak yang ditawarkan Kidzooly. Di dalam aplikasinya, ada banyak sekali lagu anak-anak yang dapat dipelajari oleh si kecil. Tentu, dengan pendampingan Anda sebagai orang tuanya.

Serunya lagi, aplikasi ini menawarkan animasi lucu di setiap videonya. Anda dapat mengaksesnya tanpa koneksi internet juga. Terdapat pula fitur children dan parental mode yang bisa Anda pilih. Aplikasinya bisa digunakan dan diunduh secara gratis lewat link ini.

6. Piano Kids

Piano Kids _

Aplikasi Piano Kids terbilang populer di kalangan orang tua yang menggunakan perangkat Android. Hingga kini, aplikasinya telah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna.

Dengan Piano Kids, anak-anak dapat belajar tentang memainkan instrumen musik, menyanyikan lagu anak, serta menghafal suara dari objek-objek tertentu. Mereka pun dapat bermain dengan memecahkan teka-teki, belajar berhitung dan alfabet, menggambar, dan masih banyak lagi.

7. LEGO® DUPLO® WORLD

LEGO® DUPLO® WORLD _

Selanjutnya, ada LEGO® DUPLO® WORLD. Ini adalah aplikasi permainan yang bisa dikhususkan untuk anak usia dini, namun juga bisa dimainkan oleh anak-anak dengan usia di atas 5 tahun.

Di dalam permainannya, anak akan mempelajari ragam jenis skill, termasuk dalam ranah sosial. Mereka akan menyelami profesi-profesi tertentu, mengasah kreativitas dengan berperan dalam adegan-adegan permainan dan belajar memecahkan masalah.

Aplikasi satu ini meraih beberapa penghargaan. Salah satunya adalah KAPI Award 2020 untuk kategori Aplikasi Terbaik. Unduh aplikasinya di sini.

8. Aplikasi Belajar TK dan PAUD Lengkap

Aplikasi Belajar TK dan PAUD Lengkap _

Aplikasi edukatif untuk anak-anak ini tidak kalah keren, lho. Di dalamnya terdapat fitur belajar dan bermain yang bisa dicoba oleh buah hati Anda.

Dalam mode belajar, mereka dapat mengetahui cara membaca, berhitung, beribadah, mengenal nama hewan, dan masih banyak lagi. Sementara itu, di dalam mode bermain, si kecil bisa mencoba mencocokkan objek, bermain tebak huruf dan angka, latihan konsentrasi, hingga menebak alat transportasi.

Yuk, ajak si kecil bermain sambil belajar dengan lebih menyenangkan. Unduh aplikasinya melalui link ini.

9. Math for Kids

Math for Kids_

Aplikasi satu ini akan mengajak anak Anda untuk mempelajari matematika dengan mudah dan seru. Mereka bisa belajar tentang penambahan, pengurangan, dan mengikuti kuis.

Ada pula beberapa mini-game yang bisa dimainkan oleh si kecil. Aplikasi ini hadir dengan tampilan grafis dan juga kontrol yang ramah anak. Math for Kids telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna di Android. Unduh aplikasinya di sini.

10. Soal Ujian SD

Soal Ujian SD

Soal Ujian SD adalah aplikasi edukatif yang diluncurkan oleh Solite Kids. Dengan aplikasi ini, anak-anak yang masih duduk di kelas 1 hingga 6 SD bisa belajar untuk mempersiapkan ujian.

Ada banyak materi pelajaran dan ujian yang disediakan, mulai dari matematika, bahasa Inggris, IPA, IPS, sampai dengan Penjaskes. Untuk melepas lelah, anak pun bisa mencoba permainan seru yang ada di dalam aplikasi. Aplikasi Soal Ujian SD bisa diunduh secara gratis di sini.

11. Kids Coloring Fun

kids coloring fun aplikasi edukatif untuk anak_

Mewarnai adalah salah satu hobi yang paling banyak digemari anak-anak. Selain menyenangkan, mewarnai juga dapat melatih anak dalam mengingat warna-warna yang ada. Bukan hanya itu, si kecil juga dapat melatih kreativitasnya melalui kegiatan mewarna yang seru ini.

Tak hanya melalui media buku gambar lagi, saat ini si kecil juga dapat belajar mewarnai melalui smartphone, lho! Anda bisa memanfaatkan aplikasi Kids Coloring Fun untuk melatih kreativitas sang buah hati melalui kegiatan mewarnai yang seru.

Di sana, anak-anak dapat dengan bebas mewarnai beragam objek yang lucu. Kids Coloring Fun terdiri dari 220 halaman mewarnai dengan 11 tema pilihan yang dapat dipilih sesuai selera.

Banyaknya pilihan tema ini tak akan membuat anak-anak bosan dan jenuh. Pilihan warna yang disediakan sangatlah lengkap, sehingga si kecil dapat belajar mengenal banyak warna yang ada. Silakan unduh aplikasinya di sini.

12. Marbel Belajar Budaya Nusantara

marbel budaya nusantara aplikasi edukatif untuk anak_

Cinta Tanah Air harus kita tanamkan sedini mungkin pada si buah hati. Banyak cara yang dapat kita lakukan sebagai bentuk cinta Tanah Air. Salah satunya dengan belajar budaya Nusantara. Mempelajari budaya khas Indonesia ini dapat kita lakukan di mana pun dan kapan pun dengan mudah.

Melalui aplikasi Belajar Budaya Nusantara, Anda bisa mendapatkan banyak pengetahuan seputar budaya Nusantara dengan mudah. Aplikasi edukatif untuk anak ini dapat menarik perhatian anak-anak untuk belajar lebih tentang budaya Indonesia.

Tentu saja hal ini sangat penting untuk anak dalam menerapkan rasa cinta Tanah Air sedini mungkin. Aplikasi Belajar Budaya Nusantara memiliki banyak fitur menarik dan penting untuk diketahui.

Beragam jenis budaya Nusantara banyak dikenalkan di sana. Mulai dari tarian daerah, senjata daerah, pakaian adat, rumah adat hingga alat musik daerah. Tentu saja, aplikasi ini akan memperkaya pengetahuan buah hati Anda seputar budaya Indonesia. Silakan download aplikasi edukatif untuk anak ini di sini.

13. Lagu Wajib Nasional

lagu wajib nasional aplikasi edukatif untuk anak_

Selain belajar budaya Nusantara sebagai bentuk cinta Tanah Air, Anda juga harus bisa menghafal lagu wajib nasional. Lagu wajib nasional adalah sekumpulan lagu yang wajib diketahui, serta dihafal oleh Warga Negara Indonesia.

Bahkan, sederet lagu wajib nasional sering kali dipelajari di bangku sekolah formal agar para siswa dapat menghafalnya.

Bukan hanya di sekolah, Anda juga dapat memperkenalkan lagu wajib nasional kepada si kecil sedini mungkin. Tujuannya tentu saja agar sang anak tahu dan hafal lagu-lagu wajib nasional yang memiliki makna mendalam tentang Indonesia. Anda bisa memanfaatkan aplikasi Lagu Wajib Nasional yang bisa Anda unduh di smartphone.

Daftar lagu wajib nasional yang dimiliki aplikasi Lagu Wajib Nasional sangatlah lengkap. Di sana terdapat 70 lagu wajib nasional yang bisa dipelajari anak-anak.

Tentu saja, dengan menghafal lagu wajib nasional ini dapat menambah kecintaan sang buah hati terhadap Tanah Air Indonesia. Download aplikasi edukatif untuk anak ini di sini.

14. Belajar Bahasa Inggris + Suara

belajar bahasa inggris plus suara aplikasi edukatif untuk anak_

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang wajib untuk dipelajari. Hal ini karena bahasa Inggris menjadi bahasa yang penting untuk dikuasai agar kita dapat berkomunikasi dengan Warga Negara Asing secara mudah.

Belajar bahasa Inggris juga dapat dilakukan sejak kecil agar dapat terbiasa ketika seseorang mulai beranjak dewasa. Tak perlu khawatir dan kesulitan untuk mengajari si buah hati, karena saat ini ada aplikasi belajar bahasa Inggris yang cocok untuk anak-anak.

Bernama Belajar Bahasa Inggris + Suara, aplikasi yang satu ini berisi pelajaran bahasa Inggris yang mudah untuk dipelajari.

Si kecil akan diberikan pengetahuan seputar bahasa Inggris. Seperti misalnya mengenal nama benda dengan bahasa Inggris.

Tak hanya itu saja, aplikasi yang satu ini dilengkapi dengan rekaman khusus yang menerangkan pelafalan kata dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar. Jadi, selain bisa mengenal istilah asing, anak-anak juga dapat belajar mengucapkannya. Unduh aplikasinya di link ini.

15. Marbel Belajar Shalat

marbel belajar shalat aplikasi edukatif untuk anak_

Bukan hanya belajar pengetahuan umum saja, orangtua juga perlu memberikan pelajaran-pelajaran agama sedini mungkin pada sang buah hati. Salah satu hal yang harus kita ajarkan pada si kecil adalah belajar shalat.

Shalat merupakan kewajiban bagi umat Islam. Maka dari itu, belajar shalat harus dimulai sejak kecil agar kelak ketika dewasa, mereka telah terbiasa.

Belajar shalat tak akan membosankan jika kita sebagai orangtua memilih metode belajar yang menyenangkan agar disukai anak-anak. Anda bisa mendapatkan hal tersebut pada aplikasi Marbel Belajar Shalat yang cocok untuk anak-anak.

Di dalamnya terdapat panduan shalat mulai dari gerakan hingga nama pada setiap gerakannya. Bukan hanya itu, si kecil juga dapat memanfaatkan permainan edukatif yang ada. Seperti misalnya membersihkan masjid. Pasti si kecil akan menyukai aplikasi belajar shalat yang satu ini! Silakan unduh aplikasinya di sini.

Itulah 15 aplikasi edukatif untuk anak yang wajib Anda punya untuk melatih kecerdasan dan tumbuh kembang sang buah hati. Dengan aplikasi tersebut, Anda tak perlu lagi khawatir si kecil akan kecanduan terhadap game online yang marak saat ini.

Sebagai orangtua, Anda juga jangan pernah bosan untuk terus membimbing sang anak untuk belajar, ya! Dari sederet aplikasi edukatif di atas, kira-kira mana yang menjadi favorit si buah hati untuk belajar?

Jika terdapat rekomendasi aplikasi edukatif untuk anak lainnya, Anda juga bisa sharing pada kolom komentar di bawah ini ya, readers!

sumber artikel: carisinyal.com

Dapatkan update berita seputar teknologi, hiburan, bisnis, saham setiap hari dari pikiranwarga.com.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *