<

Cara Menemukan Pengguna WiFi IndiHome

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Menemukan Pengguna WiFi IndiHome, Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Anda pasti sedang mencari cara untuk menemukan pengguna WiFi Indihome Anda? Tentunya ini akan menjadi cara untuk memonitor siapa saja pengguna WiFi agar pengguna tidak terlalu banyak agar FUP IndiHome tidak cepat habis.

Selain itu, mengetahui siapa saja yang menggunakan jaringan internet WiFi di rumah akan membantu koneksi internet menjadi lebih stabil karena mudah diblokir, sehingga tidak membebani kuota internet. Untuk itu kami akan membahasnya untuk Anda.

Cara mengetahui siapa yang menggunakan WiFi IndiHome

Bagi sesama pengguna IndiHome, berikut beberapa cara mengetahui siapa saja pengguna WiFi. Untuk itu, Anda harus melihat metode mana yang cocok untuk Anda coba, karena berikut ini ada 5 cara yang bisa membantu mengetahui pengguna WiFi IndiHome;

  1. Mengenal Pengguna WiFi Indihome melalui CMD
  2. Cara Mengetahui Pengguna WiFi IndiHome Jika Menggunakan Modem Huawei HG8245G5
  3. Mengetahui Pengguna WiFi Jika Menggunakan Modem ZTE
  4. Menggunakan Aplikasi Android Fing Android
  5. Mengetahui Pengguna WiFi Saat Menggunakan router TP-Link

Jika Anda sudah mengetahui metode mana yang cocok, Anda bisa langsung melihat ke bagian tersebut;

Mengenal Pengguna WiFi IndiHome Melalui CMD

Langkah pertama anda harus mengetahui cara membuka CMD di OS Windows. Berikut langkah-langkahnya;

  1. Buka CMD via Run, kalian bisa menggunakan keyboard dengan menekan Key Win + R di Laptop atau PC kalian, lalu ketik CMD seperti gambar di bawah ini

  2. Tampilan Bersih

    Setelah membuka CMD, Anda akan melihat kotak hitam, itulah yang disebut CMD atau singkatannya Prompt Perintah. Kemudian ketik Net View di CMD (Lihat di gambar)cara melihat siapa yang menggunakan WiFi
    Fungsi Net View adalah untuk dapat menampilkan pengguna di jaringan internet yang sedang terkoneksi dengan laptop.

  3. arp -a

    Langkah selanjutnya bisa mengetik arp -a di cmd, sama seperti mengetik Net View. Perintah ini akan memerintahkan sistem untuk menampilkan semua pengguna internet di jaringan internet IndiHome yang terhubung.

  4. Periksa Setiap IP

    Selanjutnya sobat bisa mengecek setiap IP yang terhubung, dan memblokir jika ada IP yang mencurigakan, caranya cukup ikuti perintah dari CMD

Mengenal Pengguna WiFi IndiHome Dengan Modem Huawei

Mengenal Pengguna WiFi IndiHome Dengan Modem Huawei
Halaman Login Modem Huawei HG8245A

Cara selanjutnya jika anda menggunakan Modem Huawei, untuk jenisnya bisa anda sesuaikan dengan langkah-langkah yang ada. Langkah ini mengharuskan Anda mengetahui IP IndiHome Anda. Sebagai asumsi kami menggunakan ip 192.168.1.1.

1. Pertama buka IP di browser, anda bisa menggunakan HP atau laptop, untuk membuka IP IndiHome formatnya http://192.168.0.1/ Sistem akan mengarahkan anda ke halaman login

2. Setelah itu login menggunakan akun dan password, biasanya akun default menggunakan Admin dan lulus Admin

3. Agar lebih aman sebaiknya ganti pass, jangan gunakan akun default. Metode;

  • Buka halaman IP login
  • Cari menu bernama Ubah Kata Sandi Masuk
  • Kemudian masukkan kata sandi lama di kontak password lama
  • Mengisi kata sandi baru dan ulangi di Konfirmasi Kata Sandi
  • Klik Terapkan
  • Pastikan Anda telah menyimpan kata sandi agar tidak lupa

4. Melanjutkan tujuannya untuk mengetahui siapa saja yang menggunakan wifi IndiHome, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini
Klik Status >> klik Informasi Perangkat Pengguna >> lihat informasi di Informasi Perangkat Pengguna.

5. Pada bagian ini anda akan dihadapkan pada data IP yang menggunakan jaringan WiFi yang anda miliki, data yang terlihat antara lain;

  • Host Name : ini adalah nama host dari perangkat yang terhubung
  • Jenis Perangkat: Sekarang ini memberikan informasi Jenis Perangkat dari perangkat yang menggunakan WiFi
  • Alamat Mac: ini adalah ID pengguna yang terhubung
  • Aplikasi: Menu yang dapat Anda pilih untuk mengelola WiFi pengguna termasuk memblokir dan menghapus pengguna yang tidak dikenal.

Mengenal Pengguna WiFi IndiHome Dengan Modem ZTE

Mengenal Pengguna WiFi IndiHome Dengan Modem ZTE

Karena sebagian besar pengguna IndiHome menggunakan modem ZTE dan Huawei, tentu kami hadirkan langkah-langkah untuk mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi IndiHome dari kedua modem tersebut. Kali ini untuk pengguna modem ZTE bisa mengikuti setiap langkahnya.

Caranya masih sama seperti untuk pengguna modem Huawei, hanya saja ada sedikit perbedaan.

1. Pertama masuk ke halaman login dengan IP yang diberikan petugas Telkom pada saat instalasi, biasanya IP tersebut adalah 192.168.1.1 / 192.168.100.1

2. Selanjutnya Login, sekarang modem ZTE juga memiliki akun dan password default yang sama
Pengguna: Admin dengan Kata Sandi: Admin

Tentu saja kami menyarankan Anda mengubah kata sandi default untuk mencegah lelucon orang lain. Untuk caranya jika sudah login silahkan gunakan menu yang bernama Administrasi lalu masuk password lama dan Isi kata sandi baru dan Kata Sandi yang Dikonfirmasi setelah semuanya selesai klik Submit. Jangan lupa untuk menuliskan kata sandi baru Anda.

3. Langkah selanjutnya untuk mengetahui siapa yang menggunakan WiFi Indihome, kamu masuk ke menu Jaringan kemudian WLAN dan Perangkat Terkait

4. Anda akan dibawa ke halaman di mana Anda dapat mengetahui perangkat mana yang terhubung ke jaringan Anda, klik Refresh untuk mengetahui perangkat mana yang baru saja terhubung.

5. Amati jika ada perangkat yang mencurigakan menggunakan WiFi, yang terbaik adalah memblokirnya.

Untuk cara memblokir IP pengguna agar tidak bisa mengakses jaringan WiFi di modem ZTE, bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini;

  • Untuk memblokir pengguna, Anda harus menuliskan / menyalin Alamat MAC dari pengguna WiFi yang ingin Anda blokir, Anda dapat melihatnya di sini Perangkat Terkait pada langkah sebelumnya
  • Setelah itu klik jaringan >> WLAN >> Daftar Kontrol Akses >> Kemudian Pilih Mode >> Memblokir
  • Isi kode MAC Address dari perangkat yang ingin Anda blokir dan MENAMBAHKAN

Mengetahui Pengguna WiFi IndiHome Menggunakan Aplikasi

Cara Menemukan Pengguna WiFi IndiHome
Tangkapan layar Aplikasi Fing dari Play Store

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Android. Tentunya cara ini akan lebih mudah karena kita bisa mengaksesnya melalui ponsel. Aplikasi yang akan digunakan bernama Fing yang dapat Anda unduh secara gratis di Google Play Store.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda akan dengan mudah mendeteksi siapa yang menggunakan jaringan WiFi dan bahkan mengetahui perangkat apa saja yang terhubung ke jaringan WiFi. Tentu hal ini akan sangat penting untuk mengetahui pencuri WiFi tersebut.

Cara menggunakan aplikasi Fing cukup mudah, pastikan Anda terhubung ke WiFi dan lakukan pemindaian menggunakan aplikasi, ikuti langkah-langkah di dalamnya dan aplikasi akan menunjukkannya.

Mengetahui Siapa Pengguna WiFi untuk Pengguna TP-Link Rooter

Selain untuk pengguna IndiHome, cara ini juga bisa digunakan untuk pengguna Firstmedia Internet. Yang di perlukan adalah anda harus menggunakan router dari TP-link karena disini anda diharuskan menggunakan aplikasi resmi dari Tp-Link, nama aplikasinya adalah Menambatkan. Untuk caranya silahkan download aplikasinya terlebih dahulu, aplikasi ini 100% gratis tanpa iklan.

  • Teman Pertama Instal Aplikasi TP-Link Tether
  • Setelah terinstal, buka aplikasinya, pastikan Anda terhubung ke WiFi, lalu pilih Perangkat Saya, di bagian ini akan ada opsi router yang terdeteksi. Klik pada router dan Anda akan dihadapkan dengan layar login Tp-Link.
  • Login menggunakan kata sandi router Anda, biasanya nama pengguna default adalah: admin dan kata sandi admin
  • Jika sudah berhasil login maka akan ada tampilan status Wireless, untuk melihat perangkat mana saja yang terkoneksi WiFi, pilih menu pada tab klienDi menu ini akan dihadirkan berbagai perangkat yang sudah terkoneksi WiFi
  • Di bagian ini, Anda dapat langsung memblokir perangkat yang tidak diinginkan dengan mudah.

Apakah Aman?

Jika berbicara aman atau tidak, maka kita dapat memastikan Tentu saja aman! beberapa cara tersebut (melalui fitur dashboard admin) memang menjadi fitur tersendiri dari developer Indihome. Nah untuk cara penggunaan aplikasinya tinggal tambahan saja (PIHAK KETIGA).

Namun sejauh ini menggunakan aplikasi juga cukup aman dan tidak ada kendala negatif dari review pengguna. paling banyak keluhannya hanya beberapa fitur yang tidak berfungsi dengan baik, selebihnya cukup oke.

Catatan: Beberapa versi modem Indihome tidak memiliki fitur ini (untuk melihat pengguna mana yang mengakses wifi). Jadi sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan yang sudah kami rekomendasikan. Sejujurnya, menggunakan aplikasi tambahan lebih mudah dan cepat daripada harus login terlebih dahulu di dashboard admin.

Jika Anda ingin mengetahui cara mengganti password WiFi IndiHome, sudah kami jelaskan di artikel sebelumnya, jika ada masalah terkait layanan Anda, Anda bisa melaporkan gangguan IndiHome ke Call Center.

Akhir kata

Begitulah cara mencari pengguna WiFi IndiHome, cara ini juga bisa digunakan untuk pengguna internet provider lain seperti Firstmedia atau MNC Play. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda dan dapat mengetahui pencurian internet di jaringan yang Anda miliki.

 

sumber artikel: www.androidponsel.com

Dapatkan update berita seputar teknologi, hiburan, bisnis, saham setiap hari dari pikiranwarga.com.