<

Cara Mengatur Saluran WiFi di Komputer Windows Hanya 5GHz atau Lainnya

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Mengatur Saluran WiFi di Komputer Windows Hanya 5GHz atau Lainnya, Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Kita bisa mengatur setting WiFi di komputer berbasis sistem operasi Microsoft Windows menjadi hanya 5GHz jika ingin mendapatkan pengalaman yang lebih baik saat berselancar di internet.

Jaringan WiFi 5GHz ini karena menawarkan dukungan koneksi dengan kecepatan transfer yang lebih baik. Interferensi interferensi dari band lain juga jauh lebih rendah karena tidak banyak perangkat yang beroperasi pada frekuensi tersebut.

Meskipun sebaliknya, jaringan WiFi 5Ghz memang sedikit lebih lemah dari 2,4GHz yang masih sangat umum digunakan dalam hal kemampuan penetrasi penghalang. Sehingga secara teknis memiliki cakupan area transmisi yang cukup terbatas.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan jaringan WiFi 5GHz, untungnya kita dapat dengan mudah mengubah mode koneksi ke frekuensi yang ingin kita gunakan jika kita menggunakan komputer berbasis Windows.

Selama perangkat mendukung jaringan WiFi 5 atau frekuensi yang diinginkan, kita dapat melakukannya langsung melalui Device Manager. Bagi Anda yang belum mengetahuinya bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Mengatur Saluran WiFi di Windows Hanya 5GHz atau Lainnya

  1. Ketuk tombol Mulai Windows
  2. Jenis pengaturan perangkat
  3. Buka aplikasi Pengaturan perangkat
  4. Mengetuk Melihat dari menu lalu pilih Tampilkan perangkat tersembunyi
  5. Klik dua kali pada Adaptor jaringan
  6. Klik kanan pada Adaptor Wi-Fi
  7. Memilih Properti
  8. Dari jendela Properties, pergi ke tab Canggih
  9. Di menu Propertimemilih pita atau Band pilihan
  10. Ubah bagian Nilai ke saluran yang diinginkan (misalnya 5GHz atau lainnya)
  11. Akhiri dengan mengetuk tombol Oke

Nama adaptor WiFi serta beberapa menu di atas mungkin berbeda untuk setiap komputer. Biasanya akan tergantung pada model dan merek perangkat jaringan yang digunakan dalam perangkat tersebut.

Opsi Pita atau Pita pilihan mungkin tidak muncul di beberapa komputer. Jika ini terjadi maka kita perlu memaksa koneksi secara manual. Khusus untuk mengubah ke 5GHz misalnya, ketuk VHT 2.4G dalam Properti lalu ubah Nilai ke Cacat.

Jika opsi Band, Preferred band, atau VHT 2.4G tidak muncul di bagian Properties, kemungkinan besar komputer hanya mendukung satu channel. Kami secara khusus dapat mematikannya menggunakan langkah-langkah berikut.

Periksa Dukungan WiFi Komputer Windows

  1. Tekan Mulai Windows
  2. Jenis prompt perintah
  3. Klik kanan di aplikasi
  4. Memilih Jalankan sebagai administrator
  5. Ketik perintah driver acara netsh wlan di jendela Prompt Perintah
  6. tekan tombolnya Memasuki
  7. Bagian pencarian Jenis radio yang didukung

Di bagian Jenis radio yang didukung, kita dapat memeriksa perangkat jaringan standar yang digunakan. Kita juga bisa menggunakannya untuk melihat apakah komputer mendukung saluran WiFi 5GHz atau tidak.

Jika memuat standar 802.11a atau 802.11ac maka komputer dipastikan mendukung WiFi 5GHz. Sementara itu, jika ditampilkan 802.11n, 802.11gatau 802.11bhanya bisa beroperasi dengan channel 2.4GHz saja.

 

sumber artikel: gadgetren.com

Dapatkan update berita seputar teknologi, hiburan, bisnis, saham setiap hari dari pikiranwarga.com.