Cara Mengaktifkan Mode Gelap WhatsApp dan Fungsinya

Cara Mengaktifkan Mode Gelap WhatsApp dan Fungsinya

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Mengaktifkan Mode Gelap WhatsApp dan Fungsinya, Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Mode gelap WhatsApp resmi diluncurkan! Sobat sudah mencobanya? Kalau belum coba cek WhatsApp kamu ada menunya atau tidak, oh dark mode ini ada untuk smartphone android dan ios. Cara mengaktifkan WhatsApp Dark Mode bisa cek di Setting >> Chats-Theme >> Pilih Dark Theme.

Akhirnya setelah sekian lama menunggu, WhatsApp juga meluncurkan fitur dark mode di aplikasinya. Setelah Instagram yang pertama kali menghadirkan fitur ini, kini WA sudah memilikinya, jadi kini hanya media sosial Facebook yang belum meluncurkan fitur trending ini.

Apa fungsi dari Mode Gelap?

Sebelum mengetahui cara mengaktifkan Dark Mode WhatsApp, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa fungsi Dark mode atau mode gelap pada smartphone? Fitur ini bukan hanya untuk iseng saja, ada fungsi dan tujuan kenapa fitur ini dibuat. Berikut ringkasannya.

Hemat Baterai

Dilansir dari laman Forbes, berdasarkan penelitian menggunakan Dark Mode menunjukkan smartphone memiliki baterai yang lebih tahan lama. Dikatakan juga bahwa dengan menggunakan warna hitam, smartphone tidak bekerja terlalu keras untuk menyalakan LED atau OLED di layar. Nah ini membantu smartphone menghemat energi. Namun yang perlu diperhatikan, ini hanya berlaku untuk smartphone yang sudah menggunakan panel OLED sebagai pengganti LCD.

Jika Anda memiliki pandangan yang berbeda mengenai masalah hemat baterai, silakan tinggalkan komentar Anda.

Membantu Mengurangi Kelelahan Mata pada Pengguna

Pernahkah Anda merasakan mata lelah karena terlalu lama menatap layar smartphone? Nah itu benar, karena menatap layar smartphone yang terang memaksa mata kita bekerja lebih keras sehingga membuat mata tegang.

Dengan fitur dark mode ini, memfokuskan mata pada layar menjadi lebih mudah dan membuat mata bekerja lebih berat serta mata menjadi lebih nyaman untuk menatap layar. Pernahkah Anda merasakan manfaat mode gelap di WhatsApp?

Kemampuan Membaca Meningkat

Setelah mata tidak mudah lelah, tentunya dengan dark mode kemampuan membaca menjadi lebih baik. Ini tidak main-main lho, karena disampaikan langsung oleh Jurnal dari Dampak Kombinasi Warna Teks-Latar Belakang Halaman Web terhadap Retensi Keterbacaan, Estetika, dan Niat Perilaku, mengatakan bahwa kombinasi warna terang seperti putih dengan latar belakang gelap dapat membuat seseorang lebih fokus membaca. Nah bagi yang suka membaca, tentunya ini akan sangat efektif.

Jadikan Tampilan Menarik

Tentu kita sebagai pengguna WhatsApp merasa bosan dengan tampilan dan warna Wahstapp yang begitu saja. Nah dengan adanya fitur Wtasapp Dark Mode ini kita bisa membuat tampilan lebih menarik dari tampilan sebelumnya.

Cocok digunakan di ruangan yang banyak orang

Maksud cocok digunakan di ruangan yang banyak orang adalah biasanya beberapa pengguna atau teman merasa tidak nyaman dan khawatir jika pesan privasi orang lain akan terbaca jika membuka Whatsapp di tempat ramai, misalnya di kereta atau di sebuah busway. Nah dengan adanya fitur dark mode, kita bisa meminimalisir pesan yang terlihat oleh orang lain.

Cara Mengaktifkan Mode Gelap WhatsApp

Kini fitur dark mode WhatsApp sudah resmi dirilis, ada baiknya kamu update dulu ke WhatsApp versi terbaru. Berikut cara mengaktifkan mode gelap WhatsApp dengan sangat mudah.

1. Pertama kamu buka WhatsApp, lalu klik tiga titik yang tersusun vertikal di pojok kanan atas dan pilih After/Setting. (cara mengaktifkan dark mode whatsapp ini menggunakan bahasa indonesia)

2. Cara mengaktifkan dark mode WhatsApp lalu Pilih Chat >> Themes >> dan Pilih Dark Lalu OK

Lihat perubahannya, WhatsApp Anda akan memiliki latar belakang hitam atau sudah dalam mode gelap. Tentu ini akan sangat nyaman di mata ya dan akan menghemat baterai (tapi tergantung pemakaian ya).

Sebenarnya jika anda ingin mendapatkan berbagai fitur menarik dari WA, anda bisa menggunakan mod WA yang bernama WhatsApp Plus, namun hal ini sangat tidak disarankan karena resiko nomor WA anda bisa diblokir oleh WhatsApp.

Mode Gelap di Samsung Android 10

Sedangkan untuk ponsel Android yang sudah menggunakan OS Android 10, caranya pun lebih mudah. Karena OS versi 10 sudah memiliki fitur dark mode yang akan mengubah seluruh sistem menjadi dark mode termasuk WhatsApp dan aplikasi lain yang sudah mendukung fitur ini.

Jika Anda pengguna smartphone Samsung yang sudah menjalankan OS Android 10. Caranya cukup dengan melihat navbar atas dan cari dark mode atau mode gelap, lalu klik untuk mengaktifkannya. Secara otomatis semua sistem seluler akan beralih ke mode gelap termasuk WhatsApp, Instagram, dan aplikasi lainnya.

Cara Mengaktifkan Mode Gelap WhatsApp
Menu Mode Gelap pada Samsung Galaxy A71 yang menjalankan Android 10

Bagaimana cara mengaktifkan mode gelap WhatsApp? Jika tidak ada menu dark mode, sebaiknya coba cek dulu apakah WhatsApp yang Anda gunakan versi terbaru atau belum, dan pastikan smartphone yang Anda gunakan sudah mendukungnya.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Apakah Mode Gelap Mendukung Whatsapp Web atau PC?

Bagi pengguna Whatsapp PC atau Whatsapp Web, fitur dark mode didukung untuk digunakan. Caranya sama seperti setting via hp, dengan masuk ke setting > chat > ​​theme > Dark Mode.

Apa itu Mode Gelap WhatsApp iOS?

Untuk berapa banyak masalah iOS yang dapat mendukung fitur mode gelap, sekarang Fitur mode gelap pada pengguna iPhone hanya dapat dinikmati untuk sistem operasi iOS 13 ke atas.

Bisakah Anda Mengubah Tema Kustom Anda Sendiri?

Sejauh ini, Wahstapp belum menyediakan fitur custom theme sendiri. Namun jika masih ingin bisa custom theme bisa menggunakan Whatsapp Mod APK yang tersedia di internet. Namun sebelum menggunakan Whatsapp Mod, kenali dulu risikonya di kemudian hari. Anda bisa melihat artikelnya di postingan kami beberapa waktu lalu.

Akhir kata

Itulah penjelasan tentang mode gelap WhatsApp dan cara mengaktifkannya. Bagaimana? sangat mudah bukan? Semoga cara mengaktifkan dark mode WhatsApp ini dapat memudahkan Anda dalam menggunakan fitur ini.

Jika Anda mengalami masalah dengan WhatsApp Error saat membuka aplikasi, kami telah mengulasnya dalam artikel khusus yang semoga dapat membantu Anda saat mengalami masalah tersebut.

 

sumber artikel: www.androidponsel.com

Dapatkan update berita seputar teknologi, hiburan, bisnis, saham setiap hari dari pikiranwarga.com.


Posted

in

, ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *