Mengalami Kesalahan WhatsApp?  Begini Cara Mengatasinya dengan Benar

Mengalami Kesalahan WhatsApp? Begini Cara Mengatasinya dengan Benar

Anda sedang membaca artikel tentang Mengalami Kesalahan WhatsApp? Begini Cara Mengatasinya dengan Benar

Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Sering mengalami WhatsApp Error? Jangan panik dulu! karena kami akan mengulas berbagai cara mengatasi aplikasi WA error.

Siapa yang tidak kenal WhatsApp, kini menjadi aplikasi chatting yang populer dan hampir semua orang memilikinya.

Tapi ya namanya aplikasi, kadang ada error, termasuk WhatsApp yang crash sehingga muncul pesan error, seperti tidak bisa konek ke layanan WhatsApp dan juga tidak bisa kirim pesan.

Dan error WhatsApp yang sering terjadi adalah aplikasi WA tidak bisa dibuka, dan ini sangat mengganggu karena WA sudah menjadi alat komunikasi yang penting saat ini.

Nah untuk itu kami akan membagikan tips cara mengatasi WhatsApp Errors yang kami dapatkan dari sumber Android Authority.

Tutup Aplikasi dan Buka Kembali

Langkah pertama untuk mengatasi masalah kesalahan WhatsApp adalah dengan menutup aplikasi terlebih dahulu, kemudian Anda dapat membukanya kembali.

Secara umum semua aplikasi termasuk WA dapat berjalan dengan baik saat ditutup terlebih dahulu, karena aplikasi akan reload sehingga error dapat teratasi.

Perbarui / Perbarui Aplikasi WhatsApp

Langkah selanjutnya jika menutup aplikasi tidak menyelesaikan masalah, cek dulu apakah WhatsApp mendapat update terbaru.

Jika ternyata ada update silahkan sobat untuk mengupdatenya, karena langkah ini biasanya akan sangat efektif dalam mengatasi error WhatsApp.

Pada dasarnya saat aplikasi update, love update mendapatkan perbaikan bug yang ada, yang bisa menjadi salah satu penyebab error.

Mulai ulang HP

Langkah selanjutnya, kamu juga bisa melakukan reload atau restart ponsel yang kamu gunakan. Dengan me-restart aplikasi, itu juga akan menyegarkan sehingga dapat menyelesaikan masalah kesalahan.

Periksa Jaringan Internet

Jika Anda mengalami error WhatsApp yang tidak bisa terhubung, sebaiknya cek dulu internet yang ada, karena ini salah satu penyebabnya. Jika Anda menggunakan data internet dari penyedia, Anda dapat mencoba menggunakan jaringan WiFi.

Jika ternyata menggunakan WhatsApp WiFi bisa digunakan, masalahnya ada pada jaringan provider internet yang sedang mengalami gangguan.

Hapus Data Cache WhatsApp

Salah satu penyebab error WhatsApp juga bisa karena data cache WhatsApp sudah penuh, sehingga harus dihapus untuk bisa menghilangkan pesan error di aplikasi.

Untuk bisa menghapus data cache WhatsApp, Anda bisa melakukannya dengan dua cara berbeda. Jadi Anda bisa memilih salah satunya dari cara berikut ini.

Hapus Cache Melalui Aplikasi WhatsApp

  1. Pertama buka aplikasi WhatsApp.
  2. Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas.
  3. Pilih ‘Setelah’.
  4. Pilih Menu ‘Penyimpanan dan Data’.
  5. Pilih ‘Kelola penyimpanan’.
  6. Dan klik tanda ‘>’ di bagian bawah untuk menghapusnya sekaligus, dan klik tanda tong sampah di pojok kanan atas.

Cara ini akan menghapus data di WhatsApp yang Anda miliki, tetapi juga pastikan Anda telah membuat cadangan agar tidak kehilangan data penting.

Hapus Cache Melalui Pengaturan HP

Nah jika tidak bisa masuk ke aplikasi WhatsApp, Anda juga bisa mengosongkan cache WhatsApp melalui pengaturan ponsel Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke pengaturan Hp.
  2. Pilih ‘Aplikasi’.
  3. Buka menu ‘Kelola Aplikasi’.
  4. Cari aplikasi WhatsApp,
  5. Klik ‘Penyimpanan’.
  6. Ketuk ‘Hapus Data’.
  7. Pilih ‘Hapus Cache’.

Dan sekarang bisa coba buka lagi aplikasi whatsappnya, nanti kalau berhasil buka WA diharuskan login lagi.

Copot dan Instal Ulang WhatsApp

Padahal dari cara diatas ternyata aplikasi whatsapp masih error, anda bisa uninstall aplikasi whatsapp terlebih dahulu dan coba install kembali.

Periksa apakah HP masih kompatibel

Seperti yang kita ketahui, beberapa waktu lalu pihak WhatsApp mengumumkan bahwa beberapa HP lawas sudah tidak bisa lagi menggunakan aplikasi WhatsApp untuk digunakan, jadi jika cara-cara di atas belum bisa menghilangkan error pada WA, ada baiknya untuk mengecek kembali apakah sobat ponsel masih kompatibel dengan menggunakan WhatsApp.

Karena jika sudah tidak kompatible berarti kamu harus mengganti HP kamu dengan yang lebih baru.

Akhir kata

Jadi bagaimana, apakah Anda sudah mendapatkan cara terbaik untuk mengatasi WhatsApp Error? Jika Anda memiliki cara paling ampuh yang belum kami jelaskan di sini, Anda dapat membagikannya di kolom komentar di bawah.

Beberapa waktu lalu kami membahas aplikasi WA mod yaitu WhatsApp Plus, siapa tahu bisa mendapatkan informasi baru disana.

 

sumber artikel: www.androidponsel.com

Dapatkan update berita seputar teknologi, hiburan, bisnis, saham setiap hari dari pikiranwarga.com.


Posted

in

, , ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *