<

Trik Mengembalikan File yang Terhapus Secara Permanen di Laptop

kalian tengah membaca tulisan mengenai Trik Mengembalikan File yang Terhapus Secara Permanen di Laptop.

Pikiranwarga telah memutuskan sumber tulisan yang juga bisa dipercaya, Simak kabar secara lengkap.

File yang terhapus di laptop juga bergabung ke direktori recycle bin, namun jika kalian tak sengaja menghapusnya secara permanen maka file itu tak juga ada. Buat memulihkan file yang terhapus secara permanen, kalian tak juga bisa memulihkan dari recycle bin seperti biasanya.

Recycle bin yaitu direktori sementara yang menyimpan file yang telah dihapus di metode operasi Windows, baik kalian mau memakai version Windows 10, Windows 8, atau Windows 7 direktori ini juga masih tetap ada. Buat mengaksesnya, kalian bisa dapat membuka suatu file explorer > ketik recycle bin di address bar > tekan enter.

Sesudah terbuka, kalian juga lihat file yang telah dihapus memakai menu hapus biasa. Buat mengembalikan file, click kanan di file & pilihlah restore. File juga kembali ke folder atau direktori asli.

Berbeda lagi jika kalian menghapus file atau folder dengan menekan tombol shift+delete maka file itu juga terhapus secara permanen. Begitu juga dengan file-file yang sudah terhapus dari recycle bin, file-file itu sudah tak bisa dapat lagi dikembalikan dengan cara biasa.

Bila ini masalahnya, apakah ada cara untuk mendapatkannya kembali? Tentunya ada. Di peluang kali ini, Winpreso juga memberi sejumlah solusi yang bisa dapat kalian coba untuk mengembalikan file yang terhapus secara permanen di laptop Windows.

Trik mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop

1. Instal aplikasi pemulihan file

Buat mengembalikan file yang sudah terhapus permanen kalian membutuhkan bantuan aplikasi recovery. Ada banyak aplikasi pemulihan yang baik untuk dipilih, tetapi di dalam tutorial ini saya sarankan memakai Recuva.

Silakan unduh & instal aplikasi dari tautan di bawah ini:

Unduh Recuva

Aplikasi ini juga bisa digunakan dengan cara gratis, kalian cuma perlu menginstalnya & mengunduh version gratisnya.

2. Open aplikasi untuk mengembalikan data yang terhapus yang sudah terpasang

Sesudah mengunduh & install, langsung saja open programnya.

Halaman inti aplikasi juga terlihat seperti di gambar di bawah ini.

3. Pilihlah area file yang dihapus yang mau kalian pulihkan

Perhatikan di tab atas, terdapat tombol untuk memutuskan drive di pc tempat file yang dihapus secara permanen berada. Pilihlah area yang sesuai dimana data anda lenyap, jika di drive C maka pilihlah Local Disk (C :).

4. Putuskan nama file yang lenyap jika memungkinkan

Di tab Filename or path kalian juga bisa dapat mengetikkan nama file yang dihapus jika masih ingat. Ini juga mempermudah proses recovery nantinya, namun jika tak ingat bisa dapat dikosongkan.

5. Click tombol Pindai

Selanjutnya click tombol Scan untuk mengawali proses pencarian data yang terhapus di area yang telah ditentukan. Prosesnya juga memakan waktu tergantung di daya simpan drive & jumlah file yang dipindai. Tunggu sampai proses hingga selesai.

6. Pilihlah file yang mau kalian pulihkan

Sesudah proses scan hingga selesai, kalian juga lihat file-file yang telah dihapus, selanjutnya kalian juga menemukan file mana yang mau kalian kembalikan. kalian juga bisa memutuskan sejumlah file sekaligus dengan mencentang file mana pun yang kalian inginkan.

7. Click tombol Pulihkan atau recover

Sesudah memutuskan seluruh file yang mau kalian pulihkan, click tombol Pulihkan di kanan bawah.

8. Pilihlah area untuk menyimpan file

Selanjutnya pilihlah area di mana kalian mau menyimpan file yang dipulihkan. Sesudah itu click OK.

9. Cek apakah file yang dihapus yang telah dipulihkan di dalam keadaan baik

File yang dihapus juga dikembalikan & disimpan di area yang kalian pilihlah. Cek file untuk memastikannya masih di dalam keadaan baik.

Trik di atas bisa dapat digunakan untuk mengembalikan beragam jenis file yang terhapus permanen di laptop, seperti photo (jpg, jpeg, png, gif), video (mp4, avi, mkv), document seperti word (docx) excel (xls). ) power point (pptx). ) text (txt), aplikasi atau aplikasi (exe) & beragam jenis file yang lain.

Panduan supaya file yang terhapus tak rusak saat dikembalikan

File yang sudah terhapus belum lama ini biasanya bisa dapat dikembalikan dengan sempurna tanpa merasakan kerusakan, namun semakin lama waktu yang diperlukan semakin kecil kemungkinan file itu juga kembali sempurna. Bila file telah dihapus terlalu lama, biasanya juga rusak & tak juga bisa dibuka.

Bagaimana cara mengatasinya?

Satu-satunya cara paling simpel yaitu selekasnya melaksanakan recovery saat file penting terhapus, jangan sampai terlalu lama. File yang sudah lama terhapus juga sulit dipulihkan tanpa rusak, meskipun memakai aplikasi berbayar.

Berapa lama file yang terhapus masih bisa dapat dikembalikan utuh tanpa rusak?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, file yang sudah lama terhapus biasanya sulit untuk dikembalikan dengan sempurna. Meskipun file itu juga bisa dijumpai oleh aplikasi recovery, biasanya saat dibuka file itu juga corrupt.

Pertanyaannya, berapa lama batasan waktu supaya file yang terhapus permanen masih bisa dapat dikembalikan dengan sempurna?

Sebenarnya patokannya bukan berapa lama, tetapi seberapa aktif drive storage di laptop digunakan. Semakin tinggi kegiatan “write” atau pengisian data baru di disk, semakin kecil kemungkinan suatu file juga bisa dipulihkan dengan sempurna.

Misalkan, kalian baru saja menghapus photo atau video secara permanen, lalu laptop mati, katakanlah 1 tahun tanpa pernah digunakan. Saat kalian menyalakan laptop & memulihkan file yang dihapus, file itu juga dipulihkan secara seluruh tanpa rusak.

Berbeda halnya jika laptop tengah aktif digunakan, file yang sudah lama terhapus juga sulit untuk dikembalikan dengan sempurna.

Dapatkah metode ini digunakan untuk menimpa atau mengubah file?

Disamping dihapus, file di pc kerap kali ditimpa oleh file lain bernama yang serupa. Kadang-kadang hal ini terjadi di file yang cukup penting bagi kalian, seperti file tugas atau file kerja.

Apakah mungkin memakai metode ini untuk memulihkannya?

Bisa dapat. kalian bisa dapat mengikuti langkah-langkah di atas untuk mengembalikan file yang tertimpa di laptop kalian.

Itu dia tutorial cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop yang bisa dapat anda coba.

sumber tulisan: winpreso.com

Dapatkan update berita tentang teknologi modern, hiburan, bisnis, saham sehari-hari dari pikiranwarga.com.