10 Aplikasi Pembayaran Digital yang Paling Populer Saat Ini

10 Aplikasi Pembayaran Digital yang Paling Populer Saat Ini

Anda sedang membaca artikel tentang 10 Aplikasi Pembayaran Digital yang Paling Populer Saat Ini
Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Kemajuan teknologi yang sedang terjadi saat ini telah mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia. Salah satu yang ikut bertransformasi ada pada bidang transaksi keuangan.

Jika sebelumnya masyarakat harus menggunakan media uang cash / tunai untuk membeli dan membayar sesuatu, kini hal itu sedang menuju perubahan besar.

Banyak orang di zaman sekarang yang sudah meninggalkan transaksi tunai dan beralih ke transaksi non-tunai atau cashless.

Dengan ada tren seperti ini, mereka tidak harus membawa uang banyak-banyak dalam dompet atau tas jika ingin membeli atau membayar sesuatu. Bentuk transaksi seperti ini lebih dikenal dengan Digital Payment atau Pembayaran Digital.

Apa Itu Digital Payment?

Payment
*

Digital Payment adalah sebuah cara pembayaran yang menggunakan media berteknologi seperti SMS, Mobile Banking, Internet Banking, Digital Wallet, dan sebagainya. Seluruh kegiatan ini dapat dilakukan hanya dengan menggunakan perangkat elektronik yang bernama ponsel pintar.

Dari hari ke hari orang-orang mulai menggunakan cara pembayaran seperti ini karena dinilai lebih aman, efektif, dan efisien. Mereka tidak perlu lagi pergi ke luar rumah hanya untuk mengambil uang di ATM dan membayar segala jenis tagihan.

Kini, dengan Digital Payment, kegiatan seperti membayar biaya listrik, air, mengisi pulsa, dan lainnya dapat dilakukan di rumah melalui sebuah gadget.

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Digital Payment?

uang elektronik

Digital Payment sangat diminati banyak orang karena memberikan banyak keuntungan bagi kehidupan mereka. Lalu apa saja keuntungan yang didapatkan dari penggunaan Digital Payment ini? Berikut adalah beberapa jawabannya.

1. Kapan dan Di mana Saja

Saat orang-orang ingin membayar sesuatu di sebuah tempat, maka pastinya mereka memiliki waktu yang terbatas. Hal itu sangat berbeda dengan Digital Payment yang dapat dilakukan kapan dan di mana saja. Selama gadget terhubung dengan jaringan internet, maka Digital Payment akan tetap bisa dijalankan.

Jika kamu selalu sibuk dengan pekerjaan dan tidak sempat pergi ke tempat pembayaran listrik misalnya, maka cukup buka ponsel pintarmu dan lakukanlah pembayaran secara digital di sana. Benar-benar sangat praktis, bukan?

2. Lebih Aman Dibanding Cash

Saat ini sering terdengar di berita-berita tentang maraknya uang palsu yang beredar di masyarakat. Jika seseorang kurang teliti dalam bertransaksi secara tunai, maka bukan tidak mungkin ia menjadi korban dari uang palsu tersebut dan pastinya akan sangat merugikan.

Namun, hal itu sepertinya dapat dihindari dengan Digital Payment. Orang-orang tidak perlu lagi mengira-ngira apakah uang yang sedang mereka pegang itu asli atau palsu. Dengan tingkat keamanan yang tinggi yang disediakan oleh penyedia layanan Digital Payment, maka transaksi yang dilakukan pun bisa berjalan aman dan nyaman.

3. Hemat Waktu dan Tenaga

Dalam beberapa tahun ke belakang, kamu mungkin pernah merasakan antrian yang panjang saat hendak membeli pulsa atau membayar sebuah tagihan. Hal ini sepertinya dapat terobati dengan adanya Digital Payment. Hanya dalam waktu yang cukup singkat, pembayaranmu dapat terselesaikan saat itu juga.

Selain dapat menghemat waktu, kamu juga tidak perlu lagi cape-cape mengantri dan menghabiskan banyak tenaga hanya untuk hal kecil. Jadi, cukup lakukan dengan gadget-mu di rumah, dan pergunakan waktumu untuk hal yang lebih bermanfaat lagi. Sangat menguntungkan, bukan?

4. Produk yang Beragam

Kamu bisa melakukan banyak pembayaran dengan Digital Payment ini. Dalam satu wadah, segala jenis tagihan yang harus dibayar dapat dengan mudah diselesaikan hanya dalam waktu beberapa menit. Selain itu, berbelanja online juga sangat mudah dilakukan karena hadirnya Digital Payment ini.

Tipe-tipe Pembayaran Digital Populer

Nah, untuk melakukan pembayaran secara digital, Anda juga perlu tahu tipe-tipe pembayaran yang populer. Berikut kami rekomendasikan beberapa tipe pembayaran digital yang populer di Indonesia.

1. Mobile Banking

BRI Mobile

Bank-bank besar yang ada di Indonesia (terutama bank pemerintah) umumnya memiliki fasilitas Mobile Banking yang dapat diunduh melalui ponsel pintar. Aplikasi Mobile Banking ini berguna untuk melakukan kegiatan-kegiatan finansial yang salah satunya adalah pembayaran secara digital.

Cukup unduh dan download aplikasi Mobile Banking dari bank tempat kamu menabung, lalu ikuti prosesnya sesuai dengan aturan bank masing-masing. Biasanya kamu harus melakukan aktivasi Mobile Banking dengan datang langsung ke cabang bank terdekat.

Setelah itu, semua fitur dalam Mobile Banking dapat diakses dengan mudah. Aplikasi Mobile Banking berbagai bank dapat kamu unduh di Play Store atau App Store.

2. SMS Banking

BNI SMS

SMS Banking juga adalah layanan transaksi finansial lain yang ditawarkan oleh pihak bank. Nomor ponsel kamu mempunyai peran yang sangat penting di sini. Hal itu karena transaksi perbankan yang dilakukan dengan SMS Banking akan dilakukan melalui fitur SMS.Dengan SMS Banking, kamu juga bisa melakukan Digital Payment.

Agar nomor ponselmu bisa dijadikan alat transaksi, maka kamu harus mendaftarkannya terlebih dahulu di bank tempat kamu menabung. Jika sudah, maka kamu dapat melakukan banyak pembayaran melalui SMS Banking dengan gadgetmu menggunakan UMB (USSD Menu Browser) *141#.

3. Internet Banking

Mandiri Internet

Ini juga adalah layanan transaksi finansial lainnya dari bank. Jika ingin mengaktifkan layanan ini kamu harus pergi ke bank dengan membawa kartu identitas yang masih berlaku, buku tabungan , kartu ATM, serta memiliki alamat email aktif. Jika semua prosesnya selesai, kamu bisa melakukan Digital Payment dengan Internet Banking. Internet Banking menggunakan sebuah token untuk melakukan transaksi finansial.

4. Uang Elektronik (e-Money)

e-money

Uang elektronik (e-money) adalah layanan finansial yang memungkinkan semua transaksi dilakukan secara digital. Layanan ini adalah layanan paling populer di era sekarang.

Salah satu ciri layanan keuangan disebut uang elektronik adalah layanan tersebut menggunakan jaringan internet. Ciri yang lainnya, uang elektronik berfungsi sebagai alat pembayaran dan deposit dengan cara transfer.

Uang elektronik hadir untuk menjawab kebutuhan layanan pembayaran tanpa tunai. Malah, banyak yang menyebut layanan adalah layanan masa depan yang bakal menggantikan teknologi layanan pembayaran non-tunai lainnya.

Di Indonesia, sudah banyak perusahaan yang menghadirkan uang elektronik. Hanya saja, perusahaan yang menghadirkan uang elektronik resmi haruslah terdaftar di Bank Indonesia. Dengan kata lain, layanan uang elektronik harus memiliki izin penyelenggaraan uang elektronik dari Bank Indonesia.

Kini, ada banyak layanan uang elektronik atau e-Money yang sudah mulai dikenal di masyarakat. Nah, daftar layanan e-money populer ini akan dipaparkan berikut ini.

Daftar Layanan Pembayaran Digital e-Money Populer

Setelah mengetahui tipe-tipe pembayaran digital, kini beralih dengan daftar layanannya. Ada banyak daftar layanan pembayaran digital berupa e-money, dan berikut akan kami rekomendasikan dari yang terpopuler.

1. Go-Pay

Go Pay

Go-Pay merupakan sebuah layanan berbentuk financial technology atau fintech yang dimiliki oleh Go-Jek. Kamu semua pasti tahu apa itu Go-Jek yang sekarang sudah melang-lang buana ke beberapa negara. Jika kamu salah satu pengguna setiap Go-Jek, maka kamu tidak asing lagi dengan Go-Pay.

Go-Pay ini mirip seperti T-Cash. Saldo yang ada dalam Go-Pay dapat kamu gunakan untuk belanja online, membayar beberapa jenis tagihan, isi ulang pulsa, dan lain-lain.

Untuk mengisi saldo Go-Pay juga cukup mudah dilakukan. Kamu bisa melakukannya melalui ATM, minimarket, atau melalui pengemudi Go-Jek.

Sekadar info, Go-Jek juga menyediakan fitur baru Go-Pay, yakni Go-Pay Coins. Go-Pay Coins akan kamu dapatkan jika kamu sering bertransaksi menggunakan Go-Pay. Go-Pay Coins ini dapat digunakan untuk membayar layanan Go-Jek, seperti Go-Ride atau Go-Car. Download aplikasi Go-Jek di sini.

2. ShopeePay

ShopeePay

Selain Go-Pay, nama ShopeePay juga semakin populer. Terlebih, ada banyak sekali pengguna Shopee yang sering berbelanja menggunakan e-money satu ini.

Serupa dengan Go-Pay, ShopeePay dapat digunakan untuk membayar ragam jenis transaksi, khususnya yang dilakukan di aplikasi Shopee itu sendiri. Misalnya, berbelanja, membeli makanan atau minuman di ShopeFood, membeli token listrik, dan masih banyak lagi.

ShopeePay juga bisa dipakai untuk berbelanja di minimarket, serta membayar tagihan hidangan di beberapa restoran, lho.

Kamu dapat mengisi saldo ShopeePay dengan mudah melalui transfer ATM, internet banking, atau virtual account. Sesama pengguna Shopee pun bisa saling mentransfer saldo tanpa ada biaya tambahan. Unduh aplikasi Shopee di sini untuk mulai memakai ShopeePay.

3. OVO

OVO

Selanjutnya ada OVO yang merupakan salah satu mobile payment yang cukup banyak digunakan. Melalui OVO, kamu juga bisa melakukan berbagai jenis pembayaran seperti langganan internet, listrik, isi pulsa, dan lain-lain. Bahkan, kamu bisa berinvestasi reksadana dengan menggunakan OVO juga.

Top up saldo OVO dapat dilakukan melalui ATM, m-Banking, Internet Banking, Debit Card atau melalui merchant-merchant tertentu. Download aplikasi OVO di sini.

4. LinkAja

LinkAja

Jika kamu nomor ponsel yang kamu gunakan menggunakan operator Telkomsel, maka kamu dapat menggunakan layanan uang non-tunai dari operator telekomunikasi milik pemerintah ini. LinkAja ini sudah mendapatkan izin Bank Indonesia untuk beroperasi dan aman digunakan.

Melalui LinkAja kamu bisa melakukan banyak transaksi finansial termasuk digital payment. Kamu juga bisa berdonasi infaq, wakaf, zakat sampai dengan donasi qurban dengan LinkAja Syariah. Untuk bisa melakukan transaksi, kamu harus memiliki saldo di akun LinkAja-mu.

Bagaimana cara mengisi saldo tersebut? Kamu bisa melakukannya di GraPari Telkomsel, minimarket, atau melalui transfer bank.

LinkAja ini tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa kamu download di sini. Jika ingin tahu lebih lanjut cara daftar dan memakai LinkAja, kamu bisa membaca artikel “Langkah-Langkah Menggunakan T-Cash dengan Mudah” yang dulu masih menggunakan nama T-Cash.

5. DANA – Indonesia’s Digital Wallet

dana

Aplikasi DANA memudahkanmu untuk bertransaksi tanpa uang cash dan tanpa kartu! Kamu bisa melakukan beragam jenis pembayaran dengan aplikasi DANA kapan dan di mana saja seperti isi pulsa, bayar tagihan listrik dan air, bayar cicilan, asuransi, serta BPJS.

Dana telah menyiapkan fitur QR Code yang dapat memangkas antrian saat akan melakukan pembayaran di banyak merchant DANA.

Kamu juga dapat dengan mudah melakukan kirim-kirim uang dengan aplikasi ini. Cukup dengan memasukan nomor ponsel penerima, kamu bisa mengirim uang lebih cepat.

Kamu juga bisa meminta uang kepada teman-teman Danamu dengan membagikan kode QR kamu agar mereka bisa langsung mengirimkannya ke akun Danamu. Kamu dapat mengunduh aplikasi Dana di sini.

6. i.Saku

iSaku

Kamu bisa menikmati layanan pembayaran digital yang aman dan nyaman dengan i.Saku. Hal itu karena aplikasi ini sudah mendapatkan izin BI (Bank Indonesia) untuk beroperasi. Selain itu, kamu juga dapat melakukan setor tunai maupun tarik tunai saldo dengan menggunakan fasilitas token.

Kamu bisa mengumpulkan poin dari setiap transaksi yang dilakukan dengan i.Saku. Setelah banyak poin terkumpul, kamu bisa menukarkannya dengan berbagai hadiah menarik dari My Poin. Dengan iSaku juga, kamu bisa mendapatkan berbagai macam promo yang ada di lebih dari 14.000 gerai Indomaret. Download iSaku di sini.

7. Sakuku

sakuku

Sakuku adalah layanan pembayaran dengan uang elektronik yang dikeluarkan oleh bank BCA. Aplikasi ini menggunakan nomor ponselmu untuk dijadikan akun nomormu tanpa dibebani oleh biaya bulanan.

Ada banyak transaksi perbankan yang bisa kamu lakukan dengan Sakuku, seperti top up / cash n di ATM BCA, KlikBCA Individual, dan BCA mobile, mengirim uang ke rekening BCA, penarikan uang tunai di ATM BCA, dan lain-lain.

Sakuku memiliki layanan yang lebih lengkap di Sakuku Plus. Beberapa transaksi perbankan di atas hanya bisa dilakukan di Sakuku Plus. Kamu bisa mengaktifkan fitur ini jika kamu seorang pengguna BCA Mobile yang telah melakukan transaksi dalam jangka waktu satu bulan terkahir. Download aplikasi Sakuku di sini.

8. Doku

Doku

Kamu bisa melakukan pembayaran online atau offline dengan Doku kapan pun dan di mana pun. Tentu saja hal itu dilakukan dengan aman karena dilengkapi dengan Password dan PIN.

Melalui aplikasi ini, kamu dapat melakukan pembayaran berbagai macam tagihan bulanan, membeli pulsa, serta melakukan transfer saldo ke sesama pengguna Doku.

Bagi kamu yang suka berbelanja di e-commerce luar negeri seperti AliExpress, kamu bisa menggunakan Doku sebagai media pembayaran. Selain itu, Doku dapat kamu gunakan di AlfaOnline, Citilink, KAI, untuk beli paket data, bayar langganan First Media, membayar cicilan motor, tarik tunai dan masih banyak lagi. Download Doku di sini.

9. PayTren

paytren

Kamu juga dapat melakukan berbagai macam transaksi atau pembayaran dengan PayTren eMoney seperti halnya ATM, Internet / SMS / Mobile Banking, dan PPOB (Payment Point Online Bank). Jamaah Ust. Yusuf Mansur mungkin tidak asing dengan PayTren eMoney karena ini adalah produk dari perusahaan yang beliau pimpin.

Fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi ini adalah: isi pulsa, beli voucher game, token TV prabayar, token PLN, leasing, tagihan listrik, PDAM, tiket pesawat, tiket kereta api, sedekah, dan lain-lain. Kamu bisa mengunduh aplikasi PayTren eMoney di sini.

10. True Money

True Money

Di daftar terakhir ada True Money yang juga bisa kamu andalkan untuk melakukan berbagai macam transaksi dengan mudah kapan dan di mana saja.

Beberapa fitur yang ada di dalam True Money antara lain kirim uang ke sesama member TrueMoney atau ke rekening bank, tarik tunai melalui Agen TrueMoney, Alfamart dan Alfamidi, beli pulsa, paket data, token listrik, dan voucher game.

Selain itu, kamu juga bisa membayar tagihan PLN, PDAM, Telepon/HP, Internet, BPJS, TV Berbayar, Multifinance serta token untuk belanja dan tarik saldo di Alfamart & Alfamidi. Download aplikasi True Money di sini.

Itulah beberapa layanan pembayaran digital e-money yang populer. Mungkin masih ada beberapa aplikasi sejenis lain di luar sana yang belum disebutkan di sini. Sebagian aplikasi di atas pasti sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Namun, untuk sisanya bisa jadi terdengar baru untuk yang lainnya.

sumber artikel: carisinyal.com

Dapatkan update berita seputar teknologi, hiburan, bisnis, saham setiap hari dari pikiranwarga.com.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *