6 Cara Samsung One UI Lebih Baik Daripada Stock Android

6 Cara Samsung One UI Lebih Baik Daripada Stock Android

Anda sedang membaca artikel tentang 6 Cara Samsung One UI Lebih Baik Daripada Stock Android, Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Sejak Samsung beralih ke One UI sebagai kulit Android kustom pada tahun 2018, raksasa teknologi telah menikmati lebih banyak pujian secara signifikan dari para penggemarnya dibandingkan dengan kulit TouchWiz yang lebih lama.

Pada saat yang sama, ada orang yang akan memilih stok Android daripada One UI dalam sekejap mata karena menjadi perangkat lunak terbersih yang bisa Anda dapatkan di Android. Dan meskipun itu benar, kami masih menganggap One UI lebih baik daripada stok Android dalam berbagai cara. Berikut enam alasannya.

1. One UI Memiliki Lebih Banyak Fitur

Meskipun stok Android memang bersih dan tidak mengganggu Anda dengan aplikasi bloatware yang tidak perlu, itu mudah dibayangi oleh sejumlah besar fitur berguna di One UI. Apa pun kebutuhan Anda, Anda hampir selalu dapat menemukan pengaturan di One UI yang memenuhinya.

Layar Anda terlalu terang untuk dilihat di malam hari? Gunakan Extra Dim untuk meredupkannya melampaui tingkat kecerahan minimum. Butuh cara yang lebih cepat untuk melakukan banyak tugas dan mengakses aplikasi dan kontak favorit Anda dengan cepat? Siapkan dan gunakan panel tepi.

Benci harus mengubah pengaturan yang sama setiap hari? Otomatiskan ponsel Anda dengan Bixby Routines. Tidak puas dengan kualitas suara ponsel Anda? Nyalakan Dolby Atmos atau atur profil suara khusus. Kita bisa melanjutkan, tetapi Anda mendapatkan idenya.

2. One UI Lebih Dapat Disesuaikan

Kategori lain di mana One UI mengalahkan stok Android adalah kustomisasi. Sekarang, Anda mungkin berpendapat bahwa pengguna Android biasa dapat mengunduh aplikasi penyesuaian dari Play Store jika mereka ingin melakukannya—dan Anda benar; itu argumen yang sangat masuk akal.

Namun, ada perbedaan antara memiliki kebebasan untuk melakukan sesuatu dan dukungan yang diperlukan untuk benar-benar melakukannya. Dengan One UI, Anda tidak perlu mencari aplikasi kustomisasi yang bagus; Anda dapat menyesuaikan ponsel Galaxy Anda langsung dari pengaturan. Dan jika Anda ingin melangkah lebih jauh, Anda selalu dapat menggunakan Samsung Kunci yang bagus aplikasi.

3. One UI Melakukan Lebih Banyak untuk Privasi dan Keamanan

Kecuali jika Anda membeli ponsel Galaxy yang lebih murah seperti seri M, setiap perangkat Samsung dilengkapi dengan keamanan Knox yang sudah diinstal sebelumnya. Knox adalah platform keamanan milik Samsung yang terdiri dari fitur keamanan perangkat keras dan perangkat lunak yang dibangun ke dalam One UI dan disertifikasi oleh beberapa lembaga pemerintah di seluruh dunia.

Knox bertanggung jawab untuk melindungi data pribadi Anda termasuk kata sandi, sidik jari, face unlock, dan banyak lagi. Data ini disimpan dan diproses di perangkat Anda dalam unit perangkat keras terpisah yang diisolasi dari bagian lain ponsel Anda, sehingga tidak dapat dikirim ke atau berkomunikasi dengan aplikasi atau layanan pihak ketiga yang berbahaya.

Sebagai perbandingan, stok Android jauh lebih rentan terhadap peretasan. Satu-satunya pengecualian untuk ini adalah ponsel Google Pixel yang dilengkapi dengan chip keamanan Titan M, tetapi Google belum memiliki sertifikasi yang kredibel untuk hal yang sama.

Perlu juga dicatat bahwa beberapa ponsel Samsung yang lebih baru seperti Galaxy S22, Galaxy A53, Galaxy Z Fold 3, dan sejenisnya diatur untuk mendapatkan total lima tahun pembaruan keamanan, yang berarti ponsel Anda akan terlindungi lebih lama. melalui patch keamanan reguler.

4. One UI Dapat Dibuat Cocok untuk Semua Orang

Ada satu hal luar biasa tentang One UI yang tidak cukup dibicarakan: kemampuan beradaptasinya. Apa yang telah kita bicarakan sampai sekarang mungkin membuat Anda percaya bahwa One UI hanya dibuat untuk pembeli biasa dan tidak ada tempat di dalamnya untuk orang-orang dengan kebutuhan berbeda. Itu sama sekali tidak terjadi.

Manfaat langsung menjadi kulit penuh fitur yang berat adalah bahwa One UI dapat melayani semua orang secara bersamaan. Untuk manula, ada Easy Mode. Untuk anak-anak, ada Samsung Kids. Untuk pengguna biasa, pengaturan default cukup tepat. Dan untuk penggemar dan pengguna yang kuat, ada banyak sekali fitur perangkat lunak untuk mengoptimalkan perangkat Galaxy Anda.

Stock Android hampir tidak mampu dalam hal ini.

5. One UI Lebih Eksklusif

Bukan hanya lebih banyak fitur, kustomisasi yang lebih baik, dan keamanan yang lebih kuat yang menjadikan One UI salah satu skin Android terbaik di luar sana, tetapi juga bahasa desainnya secara keseluruhan. Ini termasuk ikon, widget, panel Pengaturan Cepat, gaya navigasi sistem, dan banyak lagi.


Jika Anda menyerahkan ponsel Android stok Anda kepada orang asing, mereka mungkin tidak akan dapat mengetahui pada pandangan pertama apakah ponsel Anda berasal dari Motorola, Nokia, atau Google karena stok Android tidak eksklusif untuk merek tertentu. Itu berarti setiap OEM Android dapat dengan mudah menempatkan stok Android di ponselnya kapan pun diinginkan, membuat peluncur kurang istimewa.

Itu tidak terjadi dengan One UI karena itu adalah kulit perangkat lunak milik Samsung dan karenanya hanya ditemukan di ponsel dan tablet Galaxy. Eksklusivitas ini membuat One UI lebih unik dan mudah dikenali daripada Android biasa.

6. One UI Terintegrasi Dengan Ekosistem Galaxy

Selain aplikasi dan layanan hebat, satu hal yang menjadi semakin penting di dunia yang paham teknologi saat ini adalah memiliki ekosistem. Ekosistem Galaxy memang tidak sebagus standar emas yang ditetapkan oleh Apple, tapi ini sebagus yang bisa Anda dapatkan di Android.

One UI dirancang untuk terhubung secara mulus dengan produk Samsung seperti Galaxy Buds, Galaxy Watch, Galaxy Tab, dan Galaxy Book. Jadi, jika Anda mencari pengalaman yang saling berhubungan, One UI adalah pilihan terbaik Anda.

Memang, ia hadir dengan banyak aplikasi Samsung pra-instal, beberapa di antaranya tidak begitu berguna, tetapi beberapa di antaranya cukup diremehkan untuk meningkatkan fungsionalitas perangkat Anda. Sebagai perbandingan, stok Android tidak memiliki hal seperti itu. Namun, dengan portofolio produk Google yang terus berkembang, ekosistem Pixel dapat segera menjadi pesaing yang kuat.

One UI Lebih Cerdas, Lebih Aman, dan Lebih Ramah Pengguna

Memang benar bahwa stok Android menghabiskan lebih sedikit baterai, menggunakan lebih sedikit penyimpanan internal, dan tidak terlalu menguras daya pemrosesan Anda. Namun, terlepas dari kualitas ini, itu masih tidak tepat bagi kebanyakan orang karena keterbatasannya lebih besar daripada manfaatnya.

Itu sebabnya hampir setiap merek Android besar mengembangkan kulit Androidnya sendiri, beberapa lebih berat daripada yang lain. Kami mungkin merekomendasikan stok Android pada kesempatan tertentu tergantung pada permintaan siapa dan kebutuhan spesifik mereka, tetapi sebagian besar, Anda lebih baik menggunakan One UI.

sumber artikel: www.makeuseof.com

Dapatkan update berita seputar teknologi, hiburan, bisnis, saham setiap hari dari pikiranwarga.com.


Posted

in

,

by

Tags: