Cara Transfer Foto dari HP ke Laptop

Cara Transfer Foto dari HP ke Laptop

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Transfer Foto dari HP ke Laptop, Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Cara Transfer Foto dari HP ke Laptop – Memori internal ponsel Anda penuh? Apakah Anda mencari cara untuk mentransfer foto dari ponsel ke laptop? Simak artikel berikut jika ingin mengetahui jawabannya.

Memori internal yang penuh dapat menyebabkan ponsel menjadi lambat dan lag. Untuk itu, Anda perlu memindahkan file dari memori internal ke kartu SD. Karena penyebab utama memori internal penuh biasanya karena banyaknya jumlah foto, video, atau file lainnya.

Memori penuh juga akan menyebabkan unduhan tertunda di play store. Anda tentu tidak ingin mengalaminya bukan. File foto juga menjadi penyebab memori internal penuh karena menggunakan ruang yang besar, apalagi jika jumlahnya ratusan akan memakan ruang hingga ratusan MB bahkan GB.

Namun jangan khawatir, Anda bisa memindahkannya ke kartu SD yang memiliki kapasitas lebih besar. Namun ada baiknya jika foto-foto yang tidak begitu penting dihapus, karena selain memakan memori juga membuat smartphone menjadi lambat sehingga akan merugikan Anda. Dan tidak jarang malah menyebabkan HP Bootloop, dikarenakan file system tidak memiliki space yang cukup untuk menyimpan file system.

Menghapus file lain yang tidak penting juga akan lebih menghemat ruang sehingga kinerja smartphone Anda akan lebih optimal.

Cara transfer foto dari hp ke laptop bisa dilakukan secara otomatis dan manual. Cara ini tidak hanya digunakan untuk memindahkan ponsel tetapi juga file lain yang ada di memori internal ponsel Anda seperti video, dokumen, aplikasi, musik, dan lain sebagainya.

Cara termudah dan paling menguntungkan adalah cara memindahkan foto ke kartu SD secara otomatis. Artinya, ketika Anda mengambil foto atau mengunduh file, maka secara otomatis akan disimpan di kartu SD. Sehingga nantinya jika memori internal sudah penuh, Anda tidak perlu repot memindahkan foto atau file lainnya secara manual.

Anda bisa mengikuti langkah-langkah untuk memindahkan file di bawah ini yaitu dengan membuka pengaturan ponsel, lalu memilih penyimpanan, mengklik penyimpanan yang disukai dan memilih kartu SD / Memori eksternal / Kartu SD. Selain itu, Anda juga dapat memindahkan foto ke kartu SD secara manual, tetapi pastikan Kartu SD yang Anda gunakan memiliki penyimpanan yang cukup.

Jika berhasil, foto atau file lain yang baru saja Anda unduh akan otomatis tersimpan di kartu SD. Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat artikel cara memindahkan foto dari hp ke laptop agar tidak memenuhi memori internal kamu di bawah ini.

Cara Transfer Foto dari HP ke Laptop

Cara Transfer Foto dari HP ke Laptop
Cara Transfer Foto dari HP ke Laptop

Untuk lebih jelas dan detail cara transfer foto dari hp ke laptop, kamu bisa simak berbagai cara berikut ini yang sengaja kami rangkum untuk kamu. Pilih saja salah satu cara yang menurut Anda paling mudah untuk dicoba.

Menggunakan Kabel Data

Cara pertama yang sangat umum digunakan orang untuk mentransfer file foto dari ponsel ke laptop adalah dengan menggunakan kabel data USB. Selain berfungsi untuk mengisi baterai, kabel data USB juga dapat digunakan untuk mentransfer foto dari ponsel ke laptop/PC. Caranya, seperti ini:

  • Siapkan kabel data USB, ponsel, dan laptop di sisi Anda.
  • Nyalakan laptop dan posisikan dalam keadaan standby sehingga siap digunakan. Tentunya hal ini dibarengi dengan menghidupkan HP/HP dalam keadaan standby juga.
  • Jika laptop sudah dihidupkan dan dalam posisi standby (mengungkapkan tampilan desktop), tinggal ambil kabel data USB.
  • Sambungkan salah satu ujung kabel data USB ke laptop, sedangkan di salah satu ujung sisi lain kabel data USB sambungkan ke ponsel/ponsel Anda. Pastikan untuk memasukkannya ke dalam lubang, dan jangan dibalik.
  • Di laptop, buka Windows Explore dengan mengklik Start Menu » File Explore. Atau, klik kanan menu Start dan pilih My Computer. Pada setiap windows, baik windows XP, 7, 8, 8.1, dan 10 memiliki tampilan yang berbeda untuk memunculkan windows explore. Sesuaikan saja dengan windows yang digunakan di laptop Anda.
  • Setelah masuk ke Windows Explore, Anda bisa langsung mengklik disk/folder dengan nama ponsel Anda. Jika tidak muncul, ubah pengaturan di ponsel Anda. Buka panel notifikasi ponsel Anda, pilih Tap for other USB options, lanjutkan dengan memilih Transfer files.
  • Setelah nama disk/folder hp kamu muncul di laptop, segera cari folder foto yang ingin kamu pindahkan dari hp ke laptop.
  • Pilih satu atau lebih foto di ponsel yang ingin Anda pindahkan. Tekan dan tahan satu atau beberapa foto untuk menandainya, lalu pilih Salinan atau Salinan.
  • Masuk ke folder laptop, tentukan lokasi folder foto tujuan yang diinginkan. Setelah itu bisa langsung klik kanan di tempat yang kosong, lalu pilih dan klik Tempel.
  • Selesai.

Menggunakan Kabel OTG + FlashDisk

OTG+Flashdisk merupakan pen drive baru yang memiliki 2 sisi yaitu untuk dihubungkan ke hp melalui konektor usb, dan juga untuk dihubungkan ke port USB laptop atau komputer.

Namun terkadang terdapat Flashdisk OTG+ dengan kualitas yang kurang baik, sehingga sering terjadi Unreadable Flashdisk saat disambungkan ke laptop/komputer.

Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan OTG+Flashdisk dengan kualitas yang baik. Adapun cara memindahkan foto dari HP ke Laptop melalui OTG+Flashdisk, berikut adalah :

  • Sambungkan kabel OTG ke handphone, sedangkan di ujung satunya sambungkan kabel OTG ke flashdisk.
  • Buka Manajer File HP Anda. Pilih folder foto di Flashdisk.
  • Temukan satu atau beberapa foto yang ingin Anda pindahkan. Tekan dan tahan pada foto yang ingin Anda pindahkan. Memilih Salinan atau Salinan.
  • Cabut Flashdisk dari OTG kemudian Hubungkan FlashDisk ke Laptop, masuk ke Windows Explore untuk mencari lokasi folder foto yang ingin dipindahkan.
  • Pilih dan masuk ke folder Flashdisk, tentukan folder mana yang ingin digunakan untuk file foto. Klik kanan di ruang kosong, klik Tempel.
  • Cabut flashdisk dari laptop.
  • Selesai.

Menggunakan CardReader

Pernahkah Anda melihat CardReader sebelumnya? Cara memindahkan foto dari hp ke laptop selanjutnya bisa menggunakan bantuan card reader. Perlu diketahui, bahwa cara ini cukup rumit karena Anda harus mengeluarkan/mengeluarkan kartu memori dari ponsel. Jika Anda ingin melakukannya, Anda dapat merujuk ke panduan berikut.

  • Lepaskan Kartu SD eksternal (memori eksternal) ponsel Anda.
  • Masukkan kartu memori ke dalam Pembaca Kartu. Perlu diketahui bahwa, di dalam Card Reader terdapat beberapa tempat untuk meletakkan kartu memori. Pilih saja yang sesuai dengan ukuran kartu memori Anda.
  • Colokkan Card Reader ke laptop.
  • Pilih satu atau beberapa foto yang ingin Anda pindahkan.
  • Salinan fotonya, lalu Tempel-kan ke folder di laptop.
  • Jika demikian, lepaskan Pembaca Kartu dari laptop. Jangan lupa untuk mengeluarkan kartu memori dari CardReader juga.
  • Masukkan kembali kartu memori ke telepon Anda.
  • Selesai.

Terkadang, beberapa file di SD Card / Android kita sering dianggap virus di laptop atau komputer. Oleh karena itu, Anda dapat menonaktifkan Windows Defender untuk sementara, lalu mengaktifkannya kembali setelah proses transfer foto selesai.

Hal ini agar proses transfer foto berjalan dengan lancar, dan tidak ada virus di Android yang terdeteksi atau file yang dianggap virus.

Menggunakan Kartu Digital Aman (SDCard)

Apa itu Kartu Digital Aman? Secure Digital Card (SDCard) adalah format kartu memori flash. Kartu Secure Digital digunakan dalam perangkat portabel, seperti PDA, kamera digital, dan ponsel. SD Card juga sangat berguna untuk bisa memindahkan foto dari hp ke laptop atau bahkan memindahkan foto dari laptop ke hp.

Cara menggunakannya hampir sama dengan Card Reader. Hanya saja perbedaannya terletak pada penempatan kartu memorinya. Jika Pembaca Kartu memiliki beberapa ruang untuk kartu memori, Kartu SD hanya memiliki satu ruang untuk kartu memori microSD.

Menggunakan Bluetooth

Metode:

  • Pasangkan bluetooth eksternal ke laptop untuk mulai menggunakan.
  • Nyalakan fitur bluetooth bawah di hp kamu, hubungkan ke laptop.
  • Pilih satu atau lebih foto untuk ditransfer dari laptop ke ponsel. Copy beberapa foto yang ada di folder HP/HP.
  • Masuk ke folder laptop, paste beberapa foto yang sudah di copy tadi.
  • Selesai.

Menggunakan ShareIt

ShareIt adalah aplikasi untuk mengirim file melalui Android ke laptop, atau sebaliknya. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis melalui Android Play Store, atau App Store di iOS. Cara menggunakan ShareIt tidak terlalu sulit. Jadi bahkan Anda yang baru menggunakan ShareIt pun bisa menggunakannya.

Metode:

  • Download aplikasi ShareIt melalui link berikut:
    ShareIt untuk Laptop: Di Sini.
    Bagikan untuk HP: Di sana.
  • Unduh dan instal ShareIt di laptop dan ponsel.
  • Pilih satu atau lebih foto yang ada di laptop untuk ditransfer ke laptop.
  • Kirim foto dari ponsel ke laptop menggunakan aplikasi ShareIt.
  • Selesai.

Menggunakan Penyimpanan Cloud

Cara terakhir yang bisa digunakan untuk mentransfer foto dari laptop ke ponsel adalah dengan menggunakan penyimpanan online dengan istilah kerennya cloud storage.

Beberapa rekomendasi Cloud Storage kami yang dapat digunakan antara lain:

  • google Drive
  • kotak drop
  • Satu Drive
  • Mega

Cara menggunakannya pun sangat mudah, kamu hanya perlu menyimpan atau memindahkan foto yang ada di HP kamu ke salah satu penyimpanan online di atas. Kemudian, buka salah satu website cloud storage di atas melalui browser laptop, sehingga foto bisa otomatis dipindahkan ke folder sesuka hati.

Itulah ulasan lengkap cara transfer foto dari hp ke laptop dengan beberapa pilihan cara mudah yang bisa anda coba. Jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu ya, sob.

sumber artikel: pindahlubang.com

Dapatkan update berita seputar teknologi, hiburan, bisnis, saham setiap hari dari pikiranwarga.com.


Posted

in

,

by

Tags: