Cara Melacak Hp Samsung Yang Hilang (melalui Cara Resmi)

Cara Melacak Hp Samsung Yang Hilang (melalui Cara Resmi)

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Melacak Hp Samsung Yang Hilang (melalui Cara Resmi) Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Cara Melacak Hp Samsung Yang Hilang – Setiap vendor HP pasti akan memberikan fitur tracking dengan metode yang berbeda-beda. Misalnya Samsung, vendor ini menyediakan fitur pelacakan melalui Akun Samsung (akun resmi untuk pengguna Samsung).

Bagi Anda yang kehilangan Hp Samsung jangan panik dan tetap tenang. Samsung telah memberikan cara yang cukup mudah untuk melacak HP yang hilang. Termasuk bagi anda yang belum paham tentang HP sekalipun.

Namun, Anda tetap harus memenuhi syarat khusus agar bisa melacak ponsel tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel ini dari awal sampai akhir, jangan loncat-loncat agar tidak bingung.

Persyaratan untuk Melacak Ponsel Samsung

Media yang akan digunakan dalam artikel ini adalah: Akun Samsung dan Akun Google. Jadi, syarat utamanya adalah Anda harus sudah login ke akun Google (gmail) atau akun Samsung.

Jika tidak login ke kedua media tersebut maka tidak bisa melacak hp samsung seperti yang saya berikan. Namun, jika Anda sudah login ke salah satu media tersebut, maka Anda bisa menggunakan cara ini.

Syarat lain yang tidak kalah penting adalah hp yang hilang harus aktif dan terkoneksi dengan internet. Jika tidak terkoneksi dengan internet, maka tracking tidak dapat dilakukan.

Karena tidak bisa mengecek hp samsung anda terkoneksi internet atau tidak, cara ini bisa dikatakan sangat lemah karena belum tentu berhasil menemukan hp anda. Tapi, apa salahnya mencoba, kan?

Cara melacak hp samsung

Anda dapat menjalankan metode ini menggunakan browser seperti Google Chrome, Mozilla, atau Mozilla. Bisa menggunakan HP atau PC, tapi saya sarankan lebih baik menggunakan PC saja.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melacak HP Samsung yang hilang:

Menggunakan Akun Samsung

Sebagai pengguna Samsung, Anda seharusnya sudah memiliki Samsung Account. Jika belum punya sebaiknya segera buat (silakan baca cara membuat akun Samsung) dan login ke ponsel Anda.

Namun jika hp anda sudah hilang dan anda belum sempat login ke Samsung Account anda, silahkan lewati ke cara yang kedua karena cara ini tidak memerlukan Samsung Account.

Jika Anda sudah masuk ke akun Samsung Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama silahkan buka websitenya findmymobile.samsung.com
  2. Setelah itu, klik Masuk dan masuk menggunakan akun Samsung di ponsel Anda.
  3. Setelah berhasil login, silahkan pilih HP yang Anda gunakan. Pastikan juga Status jaringan: Online sehingga pelacakan dapat dilakukan.
  4. Untuk mengetahui lokasi HP silahkan klik Lacak lokasi dan tunggu sebentar. Setelah proses selesai, Anda akan melihat lokasi ponsel.
  5. Jika Anda merasa lupa menaruhnya, silakan coba klik menu Cincin untuk telepon Anda berdering. Jika muncul jendela seperti gambar di bawah ini, klik saja Cincin.
  6. Setelah beberapa saat, ponsel Anda akan berdering dengan volume maksimum. Bahkan, ponsel akan tetap berdering meskipun disetel ke silent atau getar.
  7. Selesai.

Jadi, jika HP kamu hilang karena terjatuh atau ada yang mencurinya, silahkan gunakan menu Lacak lokasi untuk mengetahui lokasi HP saat itu. Jika Anda hanya lupa meletakkannya, silakan gunakan menu Cincin agar telepon berdering.

Lacak lokasi dan Dering hanyalah 2 dari beberapa fitur yang disediakan untuk melacak ponsel Samsung. Anda bisa mencoba menggunakan menu lain sesuai kebutuhan.

Jika ada yang bertanya “Bagaimana cara membuka lokasi ponsel melalui Google Maps?” Untuk saat ini, saya juga belum menemukan caranya. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan #2.2 Dengan Aplikasi Temukan Perangkat Saya (silakan gulir ke bawah).

Menggunakan Akun Google

Semua ponsel Android pasti membutuhkan Akun Google (Gmail) untuk dapat menggunakan layanan seperti Play Store atau lainnya. Jadi, saya rasa Anda semua sudah login ke Gmail di HP Samsung yang ingin Anda lacak.

Cara ini bisa dilakukan dengan aplikasi atau tanpa aplikasi. Silakan pilih yang menurut Anda lebih sederhana.

#2.1 Tidak Ada Aplikasi

  1. Pertama, silakan kunjungi situs webnya google.com/android/temukan
  2. Setelah itu silahkan login menggunakan akun Gmail yang digunakan pada Hp Samsung yang hilang.
  3. Setelah berhasil login maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.
  4. Pada halaman tersebut, Anda dapat melihat detail lokasi HP. Selain itu, Anda juga dapat melakukan tindakan seperti memutar suara, mengamankan perangkat, dan menghapus perangkat.

#2.2 Dengan Aplikasi

  1. Pertama silahkan install aplikasinya Temukan Perangkat Saya
  2. Setelah itu, login menggunakan Gmail yang digunakan pada ponsel yang hilang.
  3. Setelah berhasil masuk, Anda dapat melakukan tindakan seperti cara sebelumnya yaitu memutar suara, mengamankan perangkat, dan menghapus perangkat.
  4. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat membuka lokasi HP dengan Google Maps, sehingga Anda dapat langsung mengunjungi tempat tersebut. Silahkan klik icon Google Maps yang saya tandai, maka Anda akan dibawa ke lokasi tersebut di Google Maps.
  5. Selesai.

Syarat agar Google Maps bisa mendeteksi lokasi HP kamu adalah “fitur lokasi” harus aktif. Jika tidak, maka Google Maps tentu tidak bisa melacak keberadaan ponsel Anda.

Untuk menambah pengetahuan seputar Hp Samsung, baca juga artikel Cara Cek IMEI Samsung.

Kesimpulan

Cara tracking hp samsung ini sebenarnya bisa berhasil, namun syarat yang harus dipenuhi cukup banyak. Jadi, jika tidak berhasil, masalahnya terletak pada kondisi yang tidak terpenuhi.

Cara-cara di atas merupakan cara resmi dari Samsung dan Google, jadi bisa dipertanggungjawabkan.

Lalu, jika hp saya tidak aktif, tidak login ke gmail, tidak login ke akun samsung, tidak terkoneksi internet, apakah hp saya bisa ditemukan? Jujur, saya tidak berani mengatakan “tidak bisa”, karena pasti ada cara lain.

Mungkin cukup artikel pada kesempatan kali ini. Semoga cara ini bisa berhasil digunakan untuk melacak hp kamu yang hilang.

sumber artikel: www.charis.id

Dapatkan update berita seputar teknologi, hiburan, bisnis, saham setiap hari dari pikiranwarga.com.


Posted

in

,

by

Tags: